Beranda Gaya Hidup Solusi Mengatasi Galau Karena Pertambahan Usia

Solusi Mengatasi Galau Karena Pertambahan Usia

2 10

Pertambahan usia merupakan hal yang wajar dalam kehidupan ini.  Namun tidak jarang orang merasa galau karena pertambahan usia ini tanpa dibarengi dengan perubahan dalam kehidupannya.  Semakin kita menyadari usia kita bertambah setiap hari maka akan membuat  rasa galau menjadi semakin tak karuan.

Menjadi tua rental dan tak berdaya mungkin adalah hal yang mengerikan bagi orang-orang muda sekarang ini.  Terutamanya untuk para wanita karena saat usia mereka bertambah di atas umur 30an  mereka akan merasa mulai kehilangan kecantikannya. Secara umum banyak yang menyebutkan usia 37 hingga 38 tahun merupakan titik usia yang disebut tua.

Sementara untuk usia senja dimulai pada usia pertengahan 60 tahun seperti yang dikatakan  dalam survei lembaga Pew Research Center. Banyak orang yang sulit menerima kenyataan ini namun mau tidak mau hal ini pasti terjadi pada setiap orang.  Walaupun  sejatinya mencapai usia tersebut merupakan sebuah prestasi dalam bertahan hidup.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa galau tersebut.

1. Mensyukuri Hidup

Solusi yang paling pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mensyukuri hidup.  Tidak usah merasa kecewa dengan apa yang telah terjadi namun sebaliknya hal ini bisa digunakan sebagai pengalaman untuk menjadi yang lebih baik.

Walaupun Mungkin telat untuk menerapkannya pada diri sendiri namun pengalaman ini masih bisa dibagikan kepada generasi penerus kita melalui tulisan maupun karya-karya yang bermakna.

2. Memperbanyak Teman

Cara kedua adalah dengan menambah teman yang bisa diajak berbagi mengenai masalah-masalah yang terjadi dalam hidup.  Dengan berbagai maka masalah akan terasa lebih ringan.

Selain itu menambah teman juga bisa membantu kita mengatasi rasa kesepian dan ketakutan akan pertambahan usia ini.  Karena yang mengalami pada manusia bukan hanya kita sendiri namun juga semua orang bahkan semua makhluk hidup di dunia.
 

3. Menikmati Aktivitas

Dengan menikmati aktifitas kita sehari-hari mungkin bisa mengurangi atau tidaknya sejenak melupakan pertambahan usia ini.  Karena dengan menikmati aktivitas kita bisa mendapatkan kepuasan untuk menikmati hidup.

Banyak pensiunan yang menjadi stres karena tidak memiliki aktivitas layaknya di usia produktif.  Sehingga solusi yang terbaik adalah tetap bekerja dan menikmati rutinitas sehari-hari sambil melihat perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitar kita.
 

4. Merawat Diri

Pertambahan usia juga akan berpengaruh pada penampilan fisik seseorang sehingga semakin tua usia semakin banyak perawatan yang diperlukan untuk membuat badan tetap tampil maksimal.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga istirahat yang cukup menjaga pola makan dan mengurangi aktivitas yang dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Demikian  tentang kegalauan akibat pertambahan usia semoga dengan ini kita bisa lebih mensyukuri hidup.

Referensi :
Nytimes.com
Kompas.com

Tuliskan Komentar

2 komentar

Rhodoy R Ediyansyah 16 September 2017 - 02:44

Mantab, saya sepakat sengan solusi-solusi tersebut

Balas
Aska 16 September 2017 - 03:21

memang saya telah kumpulkan yang terbaik 😀

Balas