Beranda Sains Pengertian Lingkungan, Jenis serta Pelestariannya

Pengertian Lingkungan, Jenis serta Pelestariannya

0 15

Seringkali kita mendengar istilah lingkungan ataupun lingkungan hidup.  Kata ini mungkin merupakan kata yang sederhana namun ternyata lingkungan memiliki definisi, pengertian unsur asas dan manfaat pelestarian lingkungan.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Berikut adalah pendapat beberapa ahli yang memberikan pengertian atau definisi mengenai lingkungan, Adapun ahli tersebut antara lain sebagai berikut  :

1.  Supardi

Menurut Supardi (2003), lingkungan atau yang sering juga disebut lingkungan hidup merupakan semua benda, baik yang hidup hidup dan benda mati  beserta seluruh kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati.

2. Emil Salim

Menurut Emil Salim dikatakan bahwa pengertian lingkungan hidup dapat diartikan sebagai segala benda, kondisi maupun keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan juga mempengaruhi hal yang hidup termasuk juga kehidupan manusia

3.   Soedjono

Soedjono  menerangkan bahwa pengertian lingkungan hidup sebagai lingkungan fisik atau lingkungan jasmani yang terdapat di alam.  Pada pengertian ilmu menjelaskan bahwa manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dilihat merupakan perwujudan dari fisik atau jasmani.

4. Otto Soemarwoto

Dalam definisi Otto Soemarwoto   dijelaskan bahwa lingkungan hidup adalah sebuah benda dan kondisi yang terdapat di ruang yang kita tempati dan mempengaruhi kita yang tidak terbatas atau yang dibatasi dengan kebutuhan yang kita tentukan.

5. Sambas Wirakusumah

Menurut definisi Sambas Wirakusumah  dikatakan bahwa lingkungan merupakan semua aspek kondisi eksternal biologis yang dimana organisme hidup Dan ilmu-ilmu Lingkungan sebagai studi aspek lingkungan organisme tersebut.

6. Munadjat Danusaputro

Menurut Munadjat Danusaputro dijelaskan bahwa lingkungan adalah seluruh benda dan daya serta keadaan termasuk yang ada di dalamnya  meliputi manusia dan segala tingkah laku maupun perbuatannya yang berada dalam ruang dimana manusia memang berada dan mempengaruhi suatu kelangsungan hidup serta pada kesejahteraan manusia dan jasad hidup yang lainnya.

7. Brotokusumo

Menurut Brotokusumo (1995) dikatakan bahwa ciri khas dalam sistem lingkungan adalah keanekaragaman alami dalam ruang dan waktu, Sehingga setiap orang tidak dapat meramalkan dengan tepat tentang apa, di mana dan bilamana akibat terjadi ketika terdapat kegiatan manusia di suatu tempat Pada kurun waktu tertentu.

Macam-Macam Lingkungan Hidup

Dikutip dari beberapa sumber di Jelaskan ada beberapa macam jenis lingkungan hidup yakni sebagai berikut :

Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan yang terbentuk dari proses alam yang terdiri atas berbagai sumber dari alam juga ekosistem beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya,  Baik berupa fisik atau biologi. Lingkungan hidup alami terbentuk sedemikian rupa secara dinamis karena memiliki tingkat keberagaman atau yang disebut heterogenitasdari makhluk hidup yang sangat tinggi.
Lingkungan hidup alami terbagi atas dua jenis  disesuaikan dengan lokasinya yaitu daratan dan lautan.  Contohnya terdiri dari sebagai berikut:
  • Lingkungan hidup  darat, contohnya: hutan bukit gunung lembah padang rumput maupun padang pasir.
  • Setiap  bentuk lingkungan itu memiliki ciri khas masing-masing dalam setiap kehidupannya.  Baik itu dari makhluk hidup ataupun benda mati yang menyusunnya

Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan hidup buatan merupakan lingkungan yang terbentuk berkat campur tangan manusia. Lingkungan ini sengaja dibuat oleh manusia menggunakan teknologi yang dikuasainya dengan tujuan tertentu. Contoh lingkungan hidup buatan diantaranya sebagai berikut:
  • Lingkungan hidup darat, contohnya : sekolah pasar Jalan Lapangan
  • Lingkungan hidup air, contohnya : waduk

Dimensi Lingkungan Hidup

Menurut Lonergan Jelaskan bahwa terdapat tiga dimensi penting yang perlu dipertimbangkan pada pembangunan berwawasan lingkungan.  Hal tersebut meliputi :

Dimensi Ekonomi

Pada dimensi ekonomi lingkungan berpengaruh pada unsur makro dan mikro termasuk Bagaimana sumber daya alam dilakukan dalam analisis ekonomi secara berkelanjutan

Dimensi Politik

Mencakup proses politik yang menentukan penampilan dan sosok pembangunan ekonomi pertumbuhan penduduk dan degradasi lingkungan pada semua negara.  Dimensi tersebut termasuk peran agen masyarakat dan struktur sosial serta pengaruhnya terhadap lingkungan.

Dimensi Sosial Budaya

Adanya kaitan antara tradisi atau sejarah dengan dominasi ilmu pengetahuan serta pola pemikiran dan tradisi agama

Tujuan Pelestarian Lingkungan Hidup

Menurut garis besar haluan Negara Republik Indonesia Tahun 1993, bahwa tujuan pembangunan lingkungan hidup adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan mutu lingkungan hidup
  2. Merehabilitasi kerusakan lingkungan
  3. Mengendalikan pencemaran, dan
  4. Meningkatkan kualitas hidup

Sejatinya tujuan yang dapat dicapai dalam pengelolaan lingkungan hidup adalah pelestarian kemampuan dari unsur-unsur lingkungan tersebut untuk kemudian menjadi sumber daya dalam menunjang kehidupan yang berkelanjutan
Demikian tentang lingkungan hidup semoga bermanfaat.

Tuliskan Komentar