Skip to main content

Trimester Pertama Kehamilan



Trimester Pertama

Setiap tahap kehamilan membawa masalah dan masalah yang berbeda. Berikut ini adalah peta jalan menuju tiga bulan pertama perjalanan kehamilan Anda. 
Memiliki bayi adalah salah satu saat paling membahagiakan dalam kehidupan banyak wanita. Dari mengantisipasi hari Anda akan membawa si kecil pulang, memilih nama dan warna kamar bayi, kegembiraan terasa jelas.


Tetapi tidak peduli seberapa baik Anda merencanakan kedatangan mereka, Anda mungkin tidak sepenuhnya siap untuk semua perubahan yang akan dialami tubuh Anda sekarang. Mengetahui apa yang diharapkan akan membantu Anda bersiap untuk bulan-bulan mendatang.
Apa yang Diharapkan: Perubahan pada Tubuh Anda

Kehamilan berbeda untuk setiap wanita. Beberapa wanita bersinar dengan kesehatan dan vitalitas yang baik selama tiga bulan pertama; yang lain merasa sangat sedih. Berikut adalah beberapa perubahan yang mungkin Anda alami, apa artinya, dan tanda-tanda mana yang memerlukan panggilan ke dokter Anda.

Pendarahan . Sekitar 25% wanita hamil mengalami sedikit pendarahan selama trimester pertama . Pada awal kehamilan, bercak ringan mungkin merupakan tanda bahwa embrio yang dibuahi telah ditanamkan di dalam rahim. Namun, jika Anda mengalami pendarahan yang signifikan, kram, atau rasa sakit yang tajam di perut Anda , hubungi dokter Anda. Ini bisa merupakan tanda-tanda keguguran atau kehamilan ektopik (kehamilan di mana embrio ditanamkan di luar rahim).

satu tanda awal kehamilan . Mereka dipicu oleh perubahan hormon, yang sedang mempersiapkan saluran ASI Anda untuk memberi makan bayi Anda, dan mungkin akan bertahan sampai trimester pertama. Naik ukuran bra (atau lebih) dan mengenakan bra pendukung bisa membuat Anda merasa lebih nyaman; Anda bisa kembali ke bra berenda setelah bayi Anda selesai menyusui.
Sembelit . Selama kehamilan, kontraksi ototyang biasanya memindahkan makanan melalui usus Andamelambat karena kadar hormon progesteron yang lebih tinggi. Tambahkan tambahan zat besi yang Anda dapatkan dari vitamin prenatal Anda, dan hasilnya adalah sembelit dan gas yangtidak nyamanyang dapat membuat Anda merasa kembung sepanjang kehamilan. Tingkatkan asupan serat Anda dan minum cairan ekstra untuk menjaga segala sesuatunya bergerak lebih lancar. aktifitas fisik juga dapat membantu.
Jika konstipasi benar-benar mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang bisa digunakan untuk pencahar ringan atau feses lunak selama kehamilan
Discharge . Adalah normal untuk melihat keputihan, putih susu seperti susu (disebut leukorea) di awal kehamilan Anda. Anda bisa mengenakan panty liner jika itu membuat Anda merasa lebih nyaman, tetapi jangan menggunakan tampon karena itu bisa memasukkan kuman ke dalam vagina.  Jika cairan ini berbau busuk, hijau, atau kuning, atau jika ada banyak cairan bening, hubungi dokter Anda.
kelelahan . Tubuh Anda bekerja keras untuk mendukung pertumbuhan janin, yang bisa membuat Anda lebih mudah lelah daripada biasanya. Tidur siang atau istirahat ketika Anda perlu sepanjang hari. Pastikan juga Anda mendapatkan cukup zat besi (terlalu sedikit dapat menyebabkan anemia  , yang dapat menyebabkan kelelahan  berlebih).

Mengidam dan benci makanan .
Meskipun Anda mungkin tidak ingin semangkuk es krim mint atasnya dengan acar dill, seperti stereotip lama, selera Anda dapat berubah saat Anda sedang hamil. Lebih dari 60% wanita hamil mengalami mengidam makanan, dan lebih dari setengahnya memiliki keengganan makanan, menurut penelitian. Menyerah pada mengidam dari waktu ke waktu adalah OK, asalkan Anda umumnya makan makanan sehat, rendah kalori. Pengecualiannya adalah pica - keinginan untuk bukan makanan seperti tanah liat, kotoran, dan tepung cucian, yang bisa berbahaya bagi Anda dan bayi Anda. Jika Anda mengalami keinginan seperti ini, segera laporkan ke dokter

Sering buang air kecil
Bayi Anda masih sangat kecil, tetapi rahim Anda tumbuh dan itu menekan kantung kemih  Anda. Akibatnya, Anda mungkin merasa harus terus-menerus pergi ke kamar mandi. Jangan berhenti minum cairan - tubuh Anda membutuhkannya - tetapi kurangi kafein (yang merangsang kantung kemih ), terutama sebelum tidur . Ketika alam memanggil, jawablah sesegera mungkin. Jangan menahannya.
mulas Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi lebih banyakhormon progesteron yang melemaskan otot-otot polos - termasuk cincin otot di kerongkongan bagian bawahyang biasanya menjaga makanan dan asam turun di perut. Relaksasi otot ini dapat menyebabkan refluks asam , atau dikenal sebagai mulas. Untuk menghindari luka bakar , sering-seringlah makan dalam porsi kecil sepanjang hari; jangan berbaring tepat setelah makan; dan hindari makanan yang berminyak, pedas, dan asam (seperti buah jeruk). Anda juga dapat mencoba mengangkat bantal saat tidur.

Perubahan suasana hati . Meningkatnya kelelahan dan perubahan hormon dapat menempatkan Anda pada roller coaster emosional yang membuat Anda merasa bergembira dan sengsara, rewel, dan ketakutan. Tidak apa-apa untuk menangis, tetapi jika Anda merasa kewalahan, cobalah untuk menemukan telinga yang pengertian - jika bukan dari pasangan Anda, maka dari teman atau anggota keluarga

Kelebihan Berat Badan
Kehamilan adalah salah satu dari beberapa kali dalam kehidupan seorang wanita ketika kenaikan berat badan dianggap hal yang baik, tetapi jangan berlebihan. Selama trimester pertama, Anda harus menambah sekitar 3 hingga 6 pon (dokter Anda mungkin merekomendasikan Anda untuk menyesuaikan kenaikan atau penurunan berat badan jika Anda memulai kehamilan dengan berat badan kurang atau kelebihan berat badan ). Meskipun Anda membawa orang tambahan, jangan ikuti pepatah "makan untuk dua orang." Anda hanya membutuhkan tambahan 150 kalori sehari selama trimester pertama. Dapatkan kalori itu dengan cara yang sehat, dengan menambahkan buah dan sayur ekstra, susu, roti gandum, dan daging tanpa lemak ke dalam makanan Anda

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar