Skip to main content

Peralatan Suara untuk Pembuatan Film Biaya Rendah


Suara adalah bagian yang sangat penting dalam pembuatan film. Anda harus memilih suara yang Anda inginkan, dan memotong suara yang tidak Anda inginkan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan mikrofon terpisah, bukan yang ada di kamera.

Mikrofon Lavalier, yang dipasang pada pakaian, bagus untuk wawancara dan presentasi

Mikrofon nirkabel memungkinkan subjek Anda bergerak, tetapi harganya mahal

Mikrofon terarah dapat membantu membatasi suara yang tidak diinginkan

Anda mungkin memerlukan perekam audio jika Anda membuat film dengan SLR atau kamera tanpa cermin

Mengapa Anda membutuhkan mikrofon terpisah
Masalah besar dengan mikrofon dalam kamera adalah bahwa mikrofon itu ada di dekat Anda , bukan sumber suaranya. Bergerak lebih dekat atau lebih jauh untuk mendapatkan gambar yang berbeda dan suara akan berubah. Dan itu mungkin akan mengambil suara dari sekeliling, termasuk hal-hal yang tidak Anda inginkan.
Bahkan jika Anda membeli mikrofon di kamera yang lebih baik, Anda hanya akan mendapatkan suara yang bagus saat Anda dari dekat. Anda benar-benar harus meletakkan mikrofon di dekat suara yang ingin Anda rekam. Gunakan hanya mikrofon di dalam atau di kamera jika Anda sedang terburu-buru (misalnya dalam situasi berita atau peristiwa) dan tidak punya waktu untuk mengatur mikrofon terpisah.
Jenis mikrofon

Mikrofon Lavalier
Mikrofon Lavalier atau 'tieclip' - dikenakan pada pakaian - adalah cara yang baik untuk merekam suara jika Anda tidak keberatan orang terhubung ke kamera dengan kabel. (Anda dapat menghindari ini dengan menggunakan  mikrofon nirkabel atau perekam audio terpisah - lihat di bawah).
The  Boya BY-M1 sangat terjangkau, memiliki memimpin panjang dan tingkat output yang kuat, dan akan bekerja dengan kamera atau smartphone.

The Rode Lavalier  mic jauh lebih mahal tapi lebih baik kualitas.

The Rode Smartlav +  dibuat untuk dihubungkan ke iPhone atau smartphone lainnya. Anda dapat menggunakan ini - atau Boya - sebagai alternatif murah untuk mikrofon radio: letakkan ponsel di saku aktor atau presenter (menjalankan aplikasi Rode Reporter), lalu sinkronkan suara nanti.
Mikrofon nirkabel
Mikrofon radio cukup mahal, dan beberapa bisa rumit untuk digunakan. Tetapi mereka adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kualitas suara yang benar-benar bagus tanpa banyak peralatan yang rumit, terutama jika Anda membuat film sendiri. Baru Rode Wireless Go adalah pilihan yang kompak dan terjangkau. Pemancar clip-on memiliki mikrofon internal, meskipun lebih baik sebagai paket sabuk yang terhubung ke mikrofon lavalier.

The Rodelink Filmmaker Kit memiliki jangkauan yang lebih baik, tingkat output yang dapat dialihkan, dan dilengkapi dengan mikrofon lavalier berkualitas tinggi. 

Sistem Sennheiser G4 yang lebih mahal  populer di kalangan pembuat video profesional. Lebih baik untuk drama karena pemancar lebih kecil dan lebih mudah disembunyikan.

Mikrofon terarah

Anda dapat menggunakan mikrofon directional (supercardioid). Ini terutama akan mengambil suara dari depan, memotong suara dari arah lain.

The Rode NTG-2 adalah mikrofon directional terjangkau. Berbeda dengan NTG-3 (di bawah), ia dapat menggunakan baterai AA.
Seperti kebanyakan mikrofon profesional, ia menggunakan koneksi XLR 3-pin , yang menjaga kebisingan saat Anda menggunakan kabel panjang. (Anda akan memerlukan adaptor jika kamera Anda tidak memiliki input XLR). Untuk bekerja di luar, Anda juga akan membutuhkan balon udara dan kaca depan - lihat di bawah.


The Rode NTG-3 lebih tahan lama, dengan kualitas suara yang lebih baik dan kurang penanganan kebisingan. Tetapi itu hanya bekerja dengan kekuatan phantom 48v melalui konektor XLR. Ini membatasi penggunaannya dengan kamera profesional, dan perekam seperti Tascam DR-60 (di bawah).

Mikrofon ini dapat dipegang di atas aksi pada tiang boom yang memanjang . Ini adalah cara tradisional untuk merekam suara untuk adegan drama (Anda akan membutuhkan seseorang untuk memegang boom untuk Anda).

The Rode VideoMic Pro  adalah  dirancang untuk dipasang pada kamera. Ini memiliki sistem suspensi elastis bawaan untuk mengurangi kebisingan penanganan. Ini bagus dengan DSLR karena Anda dapat meningkatkan level output, jadi Anda tidak perlu preamp terpisah.
Pas dengan  kaca depan Deadcat dan Anda dapat menggunakannya di luar maupun di dalam ruangan.
Anda dapat menggunakan VideoMic sebagai pengganti yang murah untuk mikrofon pro directional, dengan memasangnya pada tiang boom dan menghubungkannya ke perekam audio dasar seperti Zoom H1n (lihat di bawah) yang dijepit ke boom dengan Gorillapod kecil . Anda harus menyinkronkan suara saat mengedit.

Perekam audio


Jika kamera Anda hanya memiliki opsi perekaman suara dasar - seperti banyak kamera foto lainnya - Anda mungkin lebih baik merekam suara dengan perekam audio terpisah dan kemudian menyinkronkan suara dalam program pengeditan Anda. Program pengeditan Pro seperti Final Cut Pro X dapat melakukan ini secara otomatis.
Saya punya sedikit Zoom H1n . Itu terjangkau dan merekam suara yang luar biasa dengan mikrofon stereo built-in. Ini solusi ringkas dan ekonomis untuk wawancara dan presentasi, dan bahkan drama dalam ruangan jika Anda menyembunyikannya di balik alat peraga. Anda dapat menghubungkan mikrofon eksternal, tetapi Anda membutuhkan mikrofon dengan tingkat output yang baik untuk menghindari desisan. 

The TASCAM DR-60D Mk II , yang dirancang khusus untuk pembuat film DSLR, adalah empat-track recorder / mixer dengan XLR input mic profesional, sehingga Anda dapat menggabungkan beberapa input mikrofon. Berbeda dengan Zoom, itu tidak memiliki mikrofon bawaan.

Kaca depan

Ketika Anda membuat film di luar, Anda akan membutuhkan sesuatu untuk mengurangi suara angin. Penutup busa tidak berguna untuk ini: Anda perlu sesuatu yang berbulu. Anda bisa mendapatkan lelucon angin dasar seperti  Redhead  untuk mikrofon kecil dan perekam audio.
Untuk apa pun di atas angin sepoi-sepoi yang lembut, Anda perlu menggunakan  kaca depan yang tepat : penutup berbentuk tabung dengan mikrofon yang ditangguhkan di dalamnya dengan dukungan elastis, dan penutup berbulu. The Rode Blimp dirancang agar sesuai dengan NTG-2, NTG-3 dan NTG-4 mic directional.
Kiat murah : Letakkan perekam audio pada tripod mini di keranjang cucian IKEA Fyllen untuk merekam suara sekitar di luar - itu membuat kaca depan praktis.

Headphone


Anda harus mendengarkan suara di headphone saat Anda merekam, jika memungkinkan. Saya menggunakan headphone Sony 7506  studio.
Audio Technica ATH-M30  adalah alternatif dengan harga lebih murah.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar