Skip to main content

Panasonic G85 (G80 / G81) untuk video dan pembuatan film dengan biaya yang murah



Panasonic G85 adalah kamera kelas menengah terbaik untuk pembuatan film dan video berbiaya rendah. Di bawah 10 juta rupiah dengan lensa 12-60, itu nilai yang sangat baik. Ini memotret video 4k dan 1080p yang tajam dan memiliki stabilisasi gambar yang luar biasa.

Seperti Panasonic G7 yang populer dan murah , ia dapat memotret Full HD (1080p) dengan gerakan lambat, dan 4K Ultra HD. Tetapi ia memiliki bodi aloi magnesium yang lebih ergonomis dan tahan cuaca.

Stabilisasi

Bagi saya, fitur kuncinya adalah stabilisasi gambar dalam tubuh (IBIS) yang luar biasa, yang tidak dimiliki G7. Ini memungkinkan Anda memegang kamera lain yang membutuhkan tripod. Ini bekerja paling baik dalam hubungannya dengan stabilisasi optik di lensa Panasonic 'dual IS kompatibel'. Tetapi ini juga berfungsi dengan lensa yang tidak distabilkan, yang sangat bagus bagi kita yang menggunakan lensa prime vintage lama.

G85 relatif terjangkau dan mudah digunakan. Ini adalah kamera yang bagus untuk memulai, tetapi juga kamera yang bisa Anda bangun. Bepergian ringan? Gunakan sendiri dengan lensa kit. Ingin menggunakannya untuk pekerjaan yang lebih serius? Tambahkan pegangan baterai, yang memungkinkan Anda memotret lebih lama, dan membuat kamera  terlihat  lebih profesional. Dan tidak seperti G7, ia memiliki 'membersihkan HDMI', sehingga Anda dapat menampilkan video '4: 2: 2' ke perekam eksternal. (Video 4: 2: 2 memiliki lebih banyak 'informasi warna' sehingga harus lebih mudah untuk menyesuaikan dan mengoreksi pada tahap pengeditan - ini merupakan persyaratan untuk beberapa penyiar.) Ia juga dapat menampilkan overlay garis zebra untuk memperingatkan overexposure, dan fokus memuncak untuk menunjukkan bagian gambar yang tajam.
Layar artikulasi membuatnya berguna untuk vloggers, meskipun autofokus pelacakan wajahnya lebih lambat daripada Dual Pixel AF pada 80D Canon. Autofocus juga lebih lambat dalam 4K daripada saat memotret 1080p HD - tetapi kebanyakan Canons tidak dapat memotret 4K sama sekali.
Saya pikir video G85 terlihat sangat bagus: itu punchy pada 4K dan 1080. Tetapi sensor MFT yang kecil berarti bahwa itu tidak bagus dalam cahaya yang sangat rendah, meskipun lebih baik daripada Panasonics yang lebih tua.
Kalau tidak, saya belum menemukan banyak yang tidak disukai tentang kamera ini. Daya tahan baterai tidak terlalu baik (ini memang memiliki mode ekonomis), jadi saya membeli beberapa suku cadang dan pegangan baterai. Pegangan asli Panasonic DMW-BGG1 berharga hampir $ 350; Saya membeli salinan non-weathersealed murah untuk sekitar $ 50 yang melakukan pekerjaan. Saya menemukan bahwa pegangannya juga membuat kamera lebih mudah dipegang.
Seperti banyak DSLR dan kamera tanpa cermin, G85 tidak memiliki soket headphone, meskipun Anda dapat menggunakan adaptor HDM mikro ke VGA plus audio (tautan afiliasi Amazon) untuk menghubungkan headphone saat pembuatan film.
HDMI, mikrofon, dan koneksi lainnya berada di balik penutup di sebelah kiri bodi tempat mereka dapat mengganggu layar putar, meskipun itu sedikit merepotkan.

Lensa

Anda dapat membeli G85 sebagai bodi saja, atau dengan lensa zoom kit tajam 12-60 f / 3.5-f / 5.6 Panasonic. Saya akan mendapatkan 12-60 karena ini nilai yang sangat baik sebagai bagian dari kit. Anda dapat menambahkan lensa prima cepat seperti 42.5mm f / 1.7 - atau dapatkan bodi dan zoom 12-35 f / 2.8 premium - jika Anda perlu memotret dalam cahaya rendah.

Kesimpulan

Dalam beberapa hal, kamera tanpa cermin ini menggabungkan fitur terbaik dari camcorder dan SLR. Seperti camcorder, kamera ini memiliki layar artikulasi, stabilisasi gambar yang sangat baik, dan jendela bidik setinggi mata. Tetapi sensor MFT dan lensa yang dapat dipertukarkan memberi potensi kreatif yang jauh lebih besar. Saya telah menggunakan satu sebagai kamera utama saya selama lebih dari setahun dan saya sangat puas dengannya.
Periksa harga / beli  Tokopedia
Pembaruan: Panasonic baru-baru ini mengumumkan G95, alternatif dengan spesifikasi lebih tinggi dari G85. Fitur utama untuk pembuat film adalah V-log (profil video yang dirancang untuk memudahkan koreksi warna dan penilaian) dan soket headphone. Tapi ini jauh lebih mahal, dan memiliki 'crop factor' yang lebih tinggi daripada G85 saat memotret 4K. Saya pikir nilai G85 jauh lebih baik.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar