Skip to main content

Mengenal Fobia Sosial, Remaja dan Orang Dewasa Sering Mengalaminya


Anda Punya Fobia Sosial? 
Sebagian besar remaja menjadi sedikit gugup dalam situasi sosial, seperti berbicara di depan umum atau bekerja dalam kelompok. Remaja dengan fobia sosial sangat cemas dalam situasi seperti ini. Kecemasan mereka mungkin membuat mereka menghindari kegiatan sosial sehari-hari dan dapat membuat interaksi sosial sangat tidak nyaman.
Jika Anda memiliki perasaan fobia sosial ini , penting untuk mengetahui bahwa ada perawatan yang dapat membantu Anda mengatasi situasi sosial dan menikmati hidup Anda lagi.

Apa itu Fobia Sosial?

Fobia sosial adalah ketakutan irasional , intens, dan terus-menerus dari suatu objek, aktivitas, atau situasi sosial tertentu, yang dihindari atau ditanggung oleh orang-orang dengan tekanan dan kecemasan ekstrem .

Pada beberapa remaja, rasa takut terbatas pada satu atau dua situasi tertentu, seperti berbicara di depan umum atau memulai percakapan. Remaja lain sangat cemas dan takut dengan situasi sosial apa pun.

Fobia sosial mempengaruhi sekitar 5,3 juta orang di Amerika Serikat. Usia rata-rata timbulnya fobia sosial adalah antara usia 11 dan 19 - tahun remaja.

Apa Saja Gejala Gejala Fobia Sosial?

Gejala-gejala fobia sosial meliputi:

Merasa sangat sadar diri dalam situasi sosial, dengan gejala seperti rasa malu yang ekstrem, sakit perut, detak jantung yang cepat , pusing , dan menangis

Memiliki rasa takut yang gigih, intens, dan kronis diawasi dan dinilai oleh orang lain

Merasa malu dan tidak nyaman ketika ditonton (memberikan presentasi, berbicara dalam kelompok, tampil di pertunjukan piano atau menari)

Merasa ragu untuk berbicara dengan teman sekelas atau rekan satu tim (menghindari kontak mata , duduk sendirian saat makan siang, enggan berbicara selama proyek kelompok)

Memiliki sensasi fisik kecemasan (memerah, jantung berdebar , mual , dan berkeringat , perasaan malu atau malu)

Apa Yang Dapat Saya Lakukan Tentang Fobia Sosial?

Jika fobia sosial Anda menghalangi Anda melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan, atau membuat teman, Anda mungkin perlu perawatan.
Bicaralah tentang ketakutan dan kekhawatiran Anda dengan dokter atau terapis yang memiliki pengalaman merawat fobia sosial. Ia akan dapat mengetahui apakah Anda memiliki kecemasan sosial yang normal atau jika Anda membutuhkan perawatan.


Terapi Perilaku. Terapi perilaku dengan terapis terlatih dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pemikiran menakutkan yang membuat Anda cemas dalam situasi sosial.
Suatu jenis terapi perilaku yang disebut terapi paparan sering digunakan untuk fobia sosial. Terapi pemaparan bekerja dengan secara bertahap memaparkan Anda pada situasi sosial yang tidak nyaman dan menunggu hingga Anda merasa nyaman. Selama proses ini, otak Anda belajar bahwa situasi sosial yang Anda takuti sebenarnya tidak terlalu buruk.
Kebanyakan terapis yang mempraktikkan terapi pajanan mulai dengan pajanan kecil ke situasi yang tidak nyaman, kemudian beralih ke pajanan yang lebih sulit setelah Anda merasa nyaman. Keuntungan dari terapi ini adalah Anda mengobati masalah yang mendasarinya, bukan hanya gejala fobia sosial. Jadi, jika Anda menghentikan terapi perilaku, kemungkinan gejala fobia sosial Anda kembali kemungkinannya kecil.

Terapi Lain untuk Fobia Sosial

Terapi lain juga telah dicoba untuk mengobati fobia sosial. Mereka termasuk:
Terapi Relaksasi. Dengan pendekatan terapi ini, Anda belajar teknik untuk bersantai seperti melakukan latihan pernapasan dan meditasi . Meskipun terapi relaksasi dapat membantu dengan beberapa fobia sosial tertentu, itu tidak dianggap pengobatan yang efektif untuk fobia sosial umum.
Beta-blocker. Obat-obatan ini awalnya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau masalah jantung lainnya . Namun beta-blocker juga efektif untuk mengobati beberapa orang dengan jenis fobia sosial tertentu yang disebut "kecemasan sosial kinerja". Ini adalah saat Anda takut tampil, seperti memberikan pidato di depan umum. Beta-blocker tidak efektif untuk mengobati fobia sosial secara umum. Tetapi mereka dapat membantu jika takut akan keadaan tertentu, terjadi pada waktu yang spesifik dan dapat diprediksi - seperti memberikan pidato di depan kelas - adalah masalah Anda.

Kapan Saya Harus Berbicara dengan Dokter Saya Tentang Fobia Sosial?

Pertama, penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak abnormal jika Anda memiliki fobia sosial. Banyak orang menderita fobia sosial, dan itu bisa diobati. Jika Anda memiliki kecemasan dan ketakutan yang luar biasa tinggi tentang situasi sosial, bicarakan secara terbuka dengan dokter Anda tentang perawatan. Jika tidak diobati, fobia sosial dapat menyebabkan depresi , masalah narkoba atau alkohol, masalah sekolah atau pekerjaan, dan kualitas hidup yang buruk.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar