Skip to main content

Apa itu Obesitas?



Kegemukan alias obesitas adalah penumpukkan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus dapat memengaruhi kesehatan penderitanya. Ya, kondisi ini tidak hanya berdampak pada penampilan fisik penderitanya, tetapi juga meningkatkan risiko dalam kesehatan seperti penyakit jantuh, deabetes dan tekanan darah tinggi.


Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di seluruh dunia. Selain dapat menyebabkan masalah kesehatan secara fisik, kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti stres dan depresi.
Obesitas dan berat badan berlebih (overweight) merupakan dua konsep yang berbeda. Overweight adalah kondisi di mana terdapat kenaikan berat badan berlebih. Namun demikian, kenaikan berat badan tidak hanya disebabkan oleh lemak berlebih, tetapi juga bisa disebabkan massa otot atau cairan dalam tubuh. Kondisi-kondisi tersebut dapat memberikan dampak berbahaya pada kesehatan

Obesitas berarti memiliki terlalu banyak lemak tubuh. Ini lebih dari ukuran pakaian Anda atau bagaimana penampilan Anda. Ini serius dapat mempengaruhi kesehatan Anda.
Seluruh tubuh Anda terasa, dari sendi Anda untuk Anda jantung , tekanan darah , gula darah , dan sistem lainnya. Sel-sel lemak ekstra menghasilkan peradangan dan berbagai 8a, ingatlah bahwa mungkin untuk mengalahkannya. Langkah pertama adalah mengetahui di mana Anda berdiri.

Apakah Anda Gendut?

Anda menginjak timbangan dan dokter atau perawat Anda mencatat berat badan Anda . Mereka mungkin juga mengukur pinggang Anda, karena sangat berisiko memiliki terlalu banyak lemak perut .
Jika dokter Anda mengatakan Anda kelebihan berat badan, itu berarti "Anda sedikit melebihi apa yang dianggap sehat," kata Y. Claire Wang, MD. Dia adalah co-direktur Prakarsa Pencegahan Obesitas di Universitas Columbia.
Obesitas bukan hanya kelebihan berat badan. Ini sangat umum - lebih dari 1 dari 3 orang dewasa AS mengalami obesitas. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mengurangi berat badan. Meskipun tidak mudah, menurunkan beberapa pound ekstra - mungkin lebih sedikit dari yang Anda pikirkan - mulai membalikkan keadaan untuk Anda.
Apa Kata BMI Anda
Untuk orang dewasa, para ahli biasanya mendefinisikan obesitas berdasarkan indeks massa tubuh, atau BMI. Formula ini menghubungkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda.
Misalnya, jika dua orang menimbang jumlah yang sama tetapi satu lebih tinggi dari yang lain, orang yang lebih tinggi akan memiliki BMI lebih rendah. Untuk menemukan indeks massa tubuh Anda, masukkan tinggi dan berat Anda ke dalam kalkulator BMI .
Jika BMI Anda adalah:
Di bawah 
18,5: kurang berat
18.5-24.9: normal
25-29.9: kelebihan berat badan
30 atau lebih tinggi: obesitas
Jika Anda mengalami obesitas, dokter Anda mungkin berbicara tentang kategori obesitas:
Tingkat obesitas l: BMI 30-34,9
Tingkat obesitas ll: BMI 35-39.9
Tingkat obesitas lll: BMI 40 atau lebih tinggi, yang beberapa juga menyebutnya obesitas "morbid"
Masalah dengan BMI
Indeks massa tubuh tidak menceritakan keseluruhan cerita tentang tubuh Anda.
Misalnya, BMI Anda tidak menunjukkan apakah berat badan Anda adalah lemak atau otot. Jika Anda seorang atlet super fit, otot Anda mungkin membuat Anda berada dalam kisaran "kelebihan berat badan" atau "obesitas". Atau, jika Anda sudah lanjut usia dan kehilangan massa otot selama bertahun-tahun, BMI Anda bisa normal, tetapi Anda tidak dalam kondisi sebaik yang Anda pikirkan.
Formula ini juga tidak menunjukkan di mana lemak Anda berada di tubuh Anda. Dan itu tidak mempertimbangkan perbedaan di antara kelompok etnis.
CDC merekomendasikan bahwa dokter menggunakan BMI langkah pertama untuk menyaring orang dewasa untuk masalah berat badan . Dokter Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal lain, seperti seberapa cocok Anda.
Periksa Ukuran Pinggang Anda
Dapatkan pita pengukur dan lilitkan di perut Anda.
Jika pinggang Anda lebih dari 35 inci dan Anda seorang wanita, atau jika lebih dari 40 inci dan Anda seorang pria, Anda mungkin memiliki terlalu banyak lemak perut.
Skala Edmonton
Ahli obesitas juga menggunakan sistem pementasan obesitas Edmonton. Dibutuhkan BMI selangkah lebih maju dengan menghubungkannya dengan kesehatan Anda. Ada lima tahap:
Tahap 0: Anda tidak memiliki masalah kesehatan terkait dengan berat badan Anda.
Tahap 1: Setiap masalah kesehatan yang berhubungan dengan berat badan adalah ringan (seperti batas tekanan darah tinggi atau sakit dan nyeri sesekali).
Tahap 2: Anda memiliki penyakit kronis terkait obesitas, seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 , sleep apnea , atau osteoarthritis , dan Anda memiliki masalah sedang dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau merasa sehat.
Tahap 3: Anda punya masalah yang berhubungan dengan berat badan yang serius, seperti serangan jantung , gagal jantung , stroke yang , atau kondisi lainnya.
Tahap 4: Ini adalah tingkat paling parah dari kondisi kesehatan kronis terkait berat badan, yang ekstrem dan mengancam jiwa.
Jika dokter Anda tidak menggunakan sistem ini, minta dia memberi tahu Anda bagaimana berat badan Anda memengaruhi kesehatan Anda.
Apa Yang Dilakukan Obesitas terhadap Tubuh Anda
"Ketika orang menjadi gemuk kita mulai melihat tingkat penyakit naik," kata Wang.
Adam Tsai, MD, dari Kaiser Permanente Colorado dan juru bicara untuk Obesity Society, setuju. "Risiko naik dan naik seiring BMI meningkat," katanya.
Obesitas memberi tekanan ekstra pada tulang, persendian, dan organ Anda, membuatnya bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Terlalu banyak lemak tubuh meningkatkan tekanan darah dan kolesterol Anda, dan membuat penyakit jantung dan stroke lebih mungkin terjadi. Ini juga memperburuk kondisi seperti osteoartritis, sakit punggung , asma , dan sleep apnea.
Terlalu banyak lemak menyebabkan peradangan yang dapat merusak sel. Obesitas juga terkait dengan beberapa jenis kanker. Ini juga dapat membuat tubuh Anda merespon insulin dengan kurang baik, yang mengontrol gula darah Anda. Seiring waktu, itu dapat menyebabkan diabetes 
tipe 2.Bobotnya juga membuat lebih sulit untuk aktif. Membawa pound ekstra membutuhkan energi ekstra, sehingga sulit bagi orang gemuk untuk berolahraga.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar