Skip to main content

7 Tips untuk Hidup Dengan Kecemasan Sosial



Setiap orang menjadi gugup dalam situasi sosial tertentu. Tetapi jika Anda memiliki gangguan kecemasan sosial (juga disebut fobia sosial ), peristiwa sehari-hari dapat menjadi sangat menantang. Anda mungkin merasa jauh lebih sadar diri dan takut daripada orang lain dalam interaksi sosial.
Tapi jangan biarkan rasa takut membuat Anda dari menjalani kehidupan sepenuhnya. Coba tujuh tips ini untuk membantu Anda merasa lebih baik dan menjalani hari.

1. Kontrol Pernapasan Anda

Kecemasan dapat menyebabkan perubahan pada tubuh Anda yang membuat Anda tidak nyaman. Misalnya, pernapasan Anda mungkin menjadi cepat dan dangkal. Ini bisa membuat Anda semakin cemas. Anda mungkin merasa tegang, pusing, atau mati lemas.

Teknik tertentu dapat membantu Anda memperlambat pernapasan dan mengelola gejala kecemasan lainnya . Coba langkah-langkah ini:

Duduklah dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus.

Rilekskan bahu Anda.

Letakkan satu tangan di perut Anda dan yang lainnya di dada Anda.

Tarik napas perlahan melalui hidung Anda selama 4 detik. Tangan yang ada di perut Anda akan naik dan yang di dada Anda seharusnya tidak banyak bergerak.

Tahan napas selama 2 detik, lalu perlahan-lahan biarkan keluar melalui mulut selama 6 detik.

Ulangi ini beberapa kali sampai Anda merasa rileks.

2. Cobalah Olahraga atau Relaksasi Otot Progresif

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik tertentu seperti jogging dapat membantu menurunkan kecemasan Anda . Relaksasi otot progresif juga bisa membantu. Ini berarti melenturkan dan melepaskan kelompok-kelompok otot di tubuh Anda dan menjaga perhatian Anda pada perasaan pelepasan.
Yoga juga dapat membantu Anda tenang. Jenis-jenis tertentu melibatkan pernapasan dalam, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung Anda . Studi menunjukkan bahwa melakukan yoga selama beberapa bulan dapat membantu menurunkan kecemasan secara keseluruhan . Bahkan, satu kelas saja dapat meningkatkan suasana hati dan kecemasan

3. Bersiap

Rencanakan ke depan untuk situasi sosial yang membuat Anda gugup dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri. Anda mungkin merasakan dorongan untuk menghindari beberapa situasi karena mereka membuat Anda cemas. Sebaliknya, cobalah untuk mempersiapkan apa yang akan datang.
Misalnya, jika Anda kencan pertama dan merasa takut tidak akan memiliki kesamaan, cobalah membaca majalah dan koran untuk menemukan beberapa topik untuk dibicarakan. Jika pergi ke pesta atau acara kerja memicu gejala, lakukan latihan relaksasi atau pernapasan untuk membantu Anda tenang sebelum meninggalkan rumah

4. Mulai dari Kecil

Jangan lompat ke situasi sosial yang besar. Jadwalkan makan di restoran dengan teman atau anggota keluarga sehingga Anda bisa terbiasa makan di tempat umum. Cobalah keluar dari jalan Anda untuk melakukan kontak mata dengan orang-orang di jalan atau di toko kelontong dan menyapa. Jika seseorang memulai percakapan dengan Anda, ajukan pertanyaan tentang hobi atau tempat favorit mereka untuk bepergian.
Anda dapat membangun aktivitas yang lebih besar saat Anda merasa lebih nyaman.

Sabar dengan diri sendiri. Butuh waktu dan latihan untuk mengatasi kecemasan sosial. Anda tidak harus menghadapi ketakutan terbesar Anda segera. Jika Anda mengambil terlalu banyak terlalu cepat, Anda sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kecemasan.

5. Lepaskan Fokus dari Diri Anda Sendiri

Cobalah mengalihkan perhatian Anda pada apa yang terjadi di sekitar Anda alih-alih apa yang ada di dalam kepala Anda. Anda dapat melakukan ini dengan benar-benar mendengarkan percakapan yang sedang terjadi atau mengingatkan diri sendiri bahwa orang lain mungkin tidak tahu seberapa cemasnya Anda hanya dengan melihat Anda. Orang-orang menghargai ketika orang lain bertindak tulus dan tertarik, jadi fokuslah untuk hadir dan menjadi pendengar yang baik.

6. Bicara Kembali ke Pikiran Negatif

Pikiran-pikiran ini mungkin tentang orang atau situasi, dan mereka bahkan mungkin otomatis. Sebagian besar waktu, mereka salah. Tetapi mereka dapat menyebabkan Anda salah membaca hal-hal seperti ekspresi wajah. Ini bisa membuat Anda menganggap orang berpikir tentang Anda bahwa mereka tidak.
Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pena dan kertas:

Pikirkan semua pikiran negatif yang Anda miliki dalam situasi tertentu.

Tulislah.

Tuliskan pikiran positif yang menantang pikiran negatif.

Inilah contoh luas:

Pikiran negatif: "Situasi ini membuat saya sangat cemas, saya tidak akan bisa menghadapinya."

Tantangan: “Saya pernah merasa cemas sebelumnya tetapi saya selalu berhasil melewatinya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk fokus pada bagian positif dari pengalaman. "

7. Gunakan Indera Anda

Penglihatan, suara, bau, sentuhan, dan rasa - indera Anda dapat membantu menenangkan Anda di saat Anda merasa cemas. Bagi sebagian orang, melihat foto favorit atau mencium aroma tertentu dapat membantu. Lain kali Anda mulai merasa cemas tentang situasi sosial, cobalah mendengarkan lagu favorit Anda, mengunyah permen karet beraroma, atau meringkuk dengan hewan peliharaan.




Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar