Skip to main content

Strategi Fokus Perusahaan Menurut Michael Porter

Strategi fokus pertama kali diperkenalkan oleh profesor bisnis Universitas Harvard Michael Porter pada pertengahan 1980-an. Strategi generik Porter, demikian sebutannya, mencakup tiga komponen: kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan fokus. Menurut pengamatan agensi periklanan, lebih baik memiliki produk yang sangat disukai, walaupun oleh hanya sedikit pelanggan.

Strategi fokus digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga.

Dalam pelaksanaannya terutama pada perusahaan skala menengah dan besar, strategi fokus diintegrasikan dengan salah satu dari dua strategi generik lainnya: strategi biaya rendah atau strategi pembedaan karakteristik produk. Strategi ini biasa digunakan oleh pemasok “niche market” (segmen khusus/khas dalam suatu pasar tertentu; disebut pula sebagai ceruk pasar) untuk memenuhi kebutuhan suatu produk barang dan jasa khusus.

Syarat bagi penerapan strategi ini adalah adanya besaran pasar yang cukup (market size), terdapat potensi pertumbuhan yang baik, dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing dalam rangka mencapai keberhasilannya (pesaing tidak tertarik untuk bergerak pada ceruk tersebut). Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu kekhasan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing.


Biasanya perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok pasar tertentu (niche market), wilayah geografis tertentu, atau produk barang atau jasa tertentu dengan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen secara baik, excellent delivery.

Strategi ini, perusahaan memusatkan usahanya untuk melayani sebagian kecil segmen pasar dan tidak melayani pasar secara luas. Usaha ini dilakukan dengan mengenali secara detail pasar yang dituju dan menerapkan keunggulan biaya menyeluruh atau diferensiasi pada segmen kecil tersebut.

Sesuai dengan namanya, focus berarti menyasar kelompok konsumen yang lebih sempit atau dalam pemasaran lazim dikenal dengan istilah ceruk pasar. Ceruk pasar adalah kelompok konsumen yang memiliki kombinasi kebutuhan atau sumber daya yang lebih spesifik. Misalnya, konsumen yang suka manis tetapi menderita diabetes.

Target Strategi Fokus

Strategi fokus adalah serangkaian tindakan terpadu yang dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa yang melayani kebutuhan segmen kompetitif tertentu. Dengan demikian, perusahaan menggunakan strategi fokus ketika mereka memanfaatkan kompetensi inti mereka untuk melayani kebutuhan segmen industri tertentu atau niche dengan mengesampingkan orang lain. Contoh segmen pasar tertentu yang dapat ditargetkan oleh strategi fokus meliputi :
(1)    kelompok pembeli tertentu (misalnya, pemuda atau para tetua/senior),
(2)    segmen berbeda dari lini produk (misalnya, produk untuk pelukis profesional atau kelompok pemula), atau
(3)    pasar geografis yang berbeda (misalnya, Asia Tenggara, Italia utara atau selatan) .

Ada banyak kebutuhan pelanggan khusus yang perusahaan dapat layani dengan menggunakan strategi fokus. Sebagai contoh, perusahaan perbankan investasi yang berbasis di Los Angeles Greif & Company memposisikan dirinya sebagai "Bank Investasi Pengusaha." Greif & Company adalah pemimpin dalam memberikan nasihat merger dan akuisisi kepada bisnis skala menengah yang berlokasi di Amerika Serikat bagian barat.


Goya Foods adalah perusahaan makanan Hispanik terbesar yang berbasis di AS di Amerika Serikat. Mengelompokkan pasar Hispanik ke dalam kelompok-kelompok unik, Goya menawarkan lebih dari 1.500 produk kepada konsumen. Perusahaan itu berusaha "menjadi yang terbaik bagi masyarakat Latin.".

Pengecer elektronik Conn's Inc., toko yang beroperasi di Texas, Louisiana, dan Oklahoma, menggunakan staf penjualan yang ditugaskan, yang "dilatih untuk menjelaskan televisi dan cuci yang semakin kompleks. mesin, "dan bisnis pembiayaannya sendiri untuk membantu warga lokal yang tidak suka menerima apa yang mereka anggap sebagai layanan" impersonal "dari rantai nasional besar.

Syarat Penerapan Strategi Fokus :

Dengan berhasil menggunakan strategi fokus, perusahaan seperti ini mendapatkan keunggulan kompetitif di ceruk pasar tertentu atau segmen, meskipun mereka tidak memiliki keunggulan kompetitif di industri. Strategi ini cocok diterapkan jika memenuhi kondisi pasar sebagai berikut : 
1.    Kebutuhan pembeli terhadap suatu barang bermacam-macam
2.    Tidak ada saingan khusus dalam target/segmen yang sama
3.    Segmen pembeli sangat berbeda dalam ukuran, pertumbuhan, profitabilitas, yang membuat banyak segmen lebih menarik daripada yang lain
4.    Perusahaan kurang memiliki kapabilitas untuk memenuhi kebutuhan keseluruhan pasar

Strategi Fokus juga bisa dikombinasikan dengan strategi generik lain seperti strategi biaya dan strategi diferensiasi dengan contoh sebagai berikut :

3.1. Strategi Fokus Diferensiasi

Strategi  fokus diferensiasi mengandung dua pengertian yaitu strategi fokus dan strategi diferensiasi. Strategi fokus terpusat pada kelompok pembeli, segmen lini produk, atau pasar wilayah geografis tertentu. Sedangkan strategi diferensiasi terletak pada perbedaan target pangsa pasar yang dituju. Mendiferensiasikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan, dengan cara menciptakan sesuatu yang baru yang dirasakan oleh industri secara menyeluruh sebagai hal unik.

Kazoo Toys yang berbasis di Denver menggunakan strategi diferensiasi terfokus untuk menciptakan nilai bagi orang tua dan anak-anak yang tertarik untuk membeli mainan unik sambil secara bersamaan memiliki akses ke layanan unik. Seperti yang kami jelaskan dalam Fokus Strategis, terus menerus berkonsentrasi pada cara-cara untuk menciptakan nilai unik bagi para pelanggan tampaknya menjadi fondasi dari kesuksesan berkelanjutan perusahaan.

Strategi ini dilakukan oleh Yamaha Indonesia dengan mengeluarkan motor matic premium di tengah persaingan motor skutik kelas bebek seperti Vario dan Mio. Di tengah persaingan motor matic yang semakin ketat, Yamaha Indonesia mencoba diferensiasi produk dengan mengeluarkan seri Maxi premium yaitu Nmax pada tahun 2015. Akibatnya, Tercipta pasar baru skutik premium dengan dua mode pijakan kaki bagi pengendara. Meskipun untuk memperolehnya konsumen harus membayar dengan harga yang lebih mahal, nyatanya Nmax laku di pasaran dan merusak pasar motor matic di Indonesia. Sekarang bahkan mulai ditiru oleh Honda dengan seri PCX Facelift.


3.2. Strategi Fokus Biaya

Strategi yang biasa diterapkan oleh perusahaan perseorangan yang memproduksi produk dengan merek pribadi atau produk yang hanya dikenal oleh kalangan tertentu. Perusahaan tipe ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pengembangan produk, biaya iklan, biaya tenaga penjual atau biaya merek. Contohnya adalah furnitur murah dari IKEA.

Berbasis di Swedia, IKEA, pengecer furnitur global dengan lokasi di 24 negara dan wilayah dan pendapatan penjualan sebesar 21,1 miliar euro pada 2008, menggunakan strategi fokus biaya. Pembeli muda yang menginginkan gaya dengan biaya rendah adalah target pelanggan IKEA. Untuk pelanggan ini, perusahaan menawarkan perabot rumah yang menggabungkan desain, fungsi, dan kualitas yang baik dengan harga rendah. Menurut perusahaan, “Biaya rendah selalu menjadi fokus. Ini berlaku untuk setiap tahap kegiatan kami.”
IKEA menekankan beberapa kegiatan untuk menjaga biayanya tetap rendah. Misalnya, daripada mengandalkan produsen pihak ketiga, insinyur perusahaan merancang furnitur modular berbiaya rendah yang siap dirakit oleh pelanggan. Untuk menghilangkan kebutuhan rekan penjualan atau dekorator, IKEA menempatkan produk di toko-tokonya sehingga pelanggan dapat melihat kombinasi hidup yang berbeda (lengkap dengan sofa, kursi, meja, dll.)

Dalam satu pengaturan seperti ruangan, yang membantu pelanggan membayangkan bagaimana suatu pengelompokan furnitur akan terlihat di rumah. Praktik ketiga yang membantu menjaga biaya IKEA rendah adalah mengharuskan pelanggan untuk mengangkut pembelian mereka sendiri daripada menyediakan layanan pengiriman.


Meskipun merupakan pemimpin biaya, IKEA juga menawarkan beberapa fitur berbeda yang menarik bagi pelanggan sasarannya, termasuk desain furniturnya yang unik, ruang bermain di dalam toko untuk anak-anak, kursi roda untuk penggunaan pelanggan, dan jam kerja yang panjang. IKEA percaya bahwa layanan dan produk ini secara unik selaras dengan kebutuhan pelanggannya, yang masih muda, tidak kaya, cenderung memiliki anak (tetapi tidak ada pengasuh), dan, karena mereka bekerja, perlu berbelanja. pada jam-jam tertentu. Dengan demikian, strategi fokus biaya IKEA yang fokus juga mencakup beberapa fitur berbeda dengan produk-produk berbiaya rendahnya.

3.3. Keuntungan Strategi Fokus

•    Investasi yang lebih rendah dalam sumber daya.
•    Perusahaan mendapat manfaat dari spesialisasi.
•    Menyediakan ruang lingkup untuk pengetahuan yang lebih besar tentang suatu segmen pasar.
•    Masuk ke pasar baru lebih mudah dan lebih murah.
•    Perusahaan yang menggunakan strategi fokus sering menikmati loyalitas pelanggan tingkat tinggi.

3.4. Kelemahan Strategi Fokus

•    Peluang terbatas untuk pertumbuhan pasar.
•    Perusahaan bisa melampaui pasar (over stock).
•    Bahaya penurunan segmen atau ceruk yang dipilih.
•    Risiko imitasi/Peniruan oleh produsen lain.
•    Risiko perubahan di segmen target.
•    Reputasi untuk spesialisasi dapat menghambat jika ingin pindah ke sektor yang baru

Demikianlah mengenai strategi fokus, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca sekalian.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar