Skip to main content

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Perbedaan pasar uang dan pasar modal terdapat pada jangka waktu dana yang diperjualbelikan. Sebelum mengetahui perbedaan pasar uang dan pasar modal, kita akan membahas lebih dulu apa yang dimaksud dengan pasar uang dan pasar modal.

Pengertian Pasar Uang (Money Market) 

Pasar uang adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran dalam bentuk dana-dana yang dapat berupa surat-surat berharga (saham), yang memiliki jangka waktu kurang dari setahun.

Pengertian Pasar Modal (Bursa Efek) 

Pasar modal adalah tempat bertemunya pihak yang menawarkan kepada pihak yang memerlukan dana jangka panjang, yakni dalam bentuk surat bukti hutang obligasi (jangka panjang), surat tanda penyertaan modal (saham) serta surat-surat berharga yang lainnya.

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal



Perbedaan dari pasar uang dan pasar modal dibedakan menurut jangka waktu jual beli dan tempat transaksinya. Penjelasannya sebagai berikut :

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal dari Segi Jangka Waktu

Perbedaan pasar uang dan pasar modal terletak pada jangka waktunya, jika dalam pasar uang, dana-dana dan surat-surat yang berharga diperjualbelikan untuk jangka pendek waktu kurang dari satu tahun.

Sedangkan pasar modal memperjualbelikan dana-dana dalam jangka panjang. Misalnya seperti saham, obligasi dan surat-surat berharga lainnya untuk jangka waktu yang lebih dari satu tahun. Pasar modal memiliki tempat tertentu yang jelas.

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal dari Segi Tempat Transaksi

Di indonesia, dikenal dua pasar modal, yakni bursa efek jakarta dan bursa efek surabaya. Sementara pasar uang biasanya tidak memiliki tempat transaksi khusus, transaksi pasar uang dilakukan melalui alat komunikasi.

Demikianlah Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar