Skip to main content

Pengertian Sanitasi, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli

Beberapa definisi sanitasi berikut diambil dari beberapa ahli dan sumber terpercaya. Beberapa Pengertian sanitasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Pengertian Sanitasi Menurut Aswar

Menurut Azwar (1995) menyatakan bahwa sanitasi dasar adalah sanitasi minimum yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan sehat yang memenuhi syarat kesehatan yang menitikberatkan pada pengawasan berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia.

Pengertian Sanitasi Menurut Departemen Kesehatan 

Berdasarkan Departemen Kesehatan RI (Depkes RI, 2004) menyatakan bahwa sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subjeknya, misalnya menyediakan air bersih untuk keperluan mencuci tangan, menyediakan tempat sampah agar tidak dibuang sembarangan.

Pengertian Sanitasi Menurut Arifin

Menurut Arifin (2009) menyatakan bahwa Sanitasi adalah sebuah cara untuk mencegah berjangkitnya suatu penyakit menular dengan jalan memutuskan mata rantai dari sumber. Sanitasi adalah usaha kesehatan masyarakat yang menekankan pada penguasaan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan

Pengertian Sanitasi Menurut WHO

Berdasarkan WHO yang menyatakan bahwa sanitasi adalah pengawasan penyediaan air minum masyarakat, pembuangan tinja dan air limbah, pembuangan sampah, vektor penyakit, kondisi perumahan, penyediaan dan penanganan makanan, kondisi atmosfer dan keselamatan lingkungan kerja.

Pengertian Sanitasi Menurut Adisasmito

Menurut Adisasmito (2006) menyatakan bahwa sanitasi sering disebut dengan sanitasi lingkungan dan kesehatan lingkungan, sebagai suatu usaha pengendalian semua faktor yang ada pada lingkungan fisik manusia yang diperkirakan akan menimbulkan berbagai hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik, kesehatannya serta kelangsungan hidupnya.

Pengertian Sanitasi Menurut Chandra

Menurut Chandra dalam Zafirah (2011) menyatakan bahwa sanitasi adalah bagian dari ilmu kesehatan lingkungan, yang meliputi cara dan usaha individu atau masyarakat untuk mengontrol dan mengendalikan lingkungan hidup eksternal yang berbahaya untuk kesehatan atau dapat mengancam kelangsungan hidup manusia.

Pengertian Sanitasi Menurut Hadi Susanto

Menurut Hadi Susanto dalam Eryati Darwin () menyatakan bahwa sanitasi adalah usaha pemutusan mata raintai untuk pencegahan penularan, penyakit, pencemaran dan kecelakaan.

Berdasarkan definisi sanitasi menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa Sanitasi mengacu pada kondisi kesehatan masyarakat terutama yang terkait dengan air minum bersih dan perawatan serta pembuangan kotoran manusia yang memadai.

Mencegah kontak antara manusia dengan kotoran adalah bagian dari sanitasi, seperti halnya mencuci tangan dengan sabun. Sistem sanitasi bertujuan untuk melindungi kesehatan manusia dengan menyediakan lingkungan yang bersih sehingga akan menghentikan penularan penyakit yang menular melalui kulit dan pernafasan.

Tujuan dan Manfaat Sanitasi

Sanitasi bertujuan untuk menjaga kebersihan secara umum dan melindungi dari penyebab penyakit yang terletak pada faktor lingkungan. Sanitasi adalah suatu cara untuk penyediaan air bersih bagi pemakai air di dalam bangunan, dapat berupa air dingin ataukah air panas.

Sistem jaringan air bersih adalah sistem pemipaan yang dipersiapkan pada bangunan maupun juga di luar bangunan untuk mengalirkan air bersih dari sumber air menuju ke rumah-rumah maupun tempat yang membutuhkan air bersih.

Hygiene Sanitasi

Hygiene sanitasi pada makanan adalah upaya dalam mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan juga perlengkapannya yang dapat atau juga bisa menimbulkan penyakit atau masalah kesehatan. Persyaratan Hygiene Sanitasi sesuai dengan ketentuan teknis yang telah ditetapkan berdasarkan atas terhadap produk, personel dan juga mengenai perlengkapannya yang terdiri dari :

  • persyaratan bakteriologis
  • persyaratan kimia 
  • persyaratan fisika. 


Fasilitas Sanitasi

Fasilitas sanitasi adalah sarana fisik bangunan perlengkapan sanitasi di dalamnya yang dipakai untuk memelihara kualitas dari lingkungan atau mengendalikan faktor-faktor lingkungan yang dapat merugikan kesehatan manusia. Fasilitas sanitasi antara lain :

  • sarana air bersih
  • kamar mandi
  • lemari pakaian kerja (locker)
  • peralatan pencegahan lalat
  • pencegah hama
  • peralatan kebersihan
  • jamban
  • peturasan (toilet)
  • saluran limbah
  • tempat cuci tangan
  • bak sampah

Berdasarkan definisi tersebut, sanitasi meliputi kegiatan cleaning dan bersih-bersih yang merupakan bagian penting dari sanitasi.

Sumber Referensi :
Darwin, Eryati. 2014. Etika Profesi Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish. hlm: 108-109.
Ryadi, Alexander Lucas Slamet. 2016. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yoygakarta: Andi. hlm: 94-99
Sorono, Ingrid Suryanti. 2016. Pengantar Keamanan Pangan untuk Industri Pangan. Yogyakarta: Deepublish. hlm: 105-107.
Wahadamaputera. 2015. Utilitas Bangunan Modul Plumbing. Jakarta: Griya Kreasi. hlm:4
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar