Skip to main content

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Contohnya

Artikel berikut akan menjelaskan pengertian pasar persaingan sempurna, ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan contoh pasar persaingan sempurna.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar di mana terdapat kekuatan dari permintaan dapat penawaran yang bebas bergerak dan saling memperngaruhi. Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga. Jadi, harga di pasar persaingan sempurna adalah hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Permintaan yang terbentuk menggambarkan keinginan konsumen, sementara penawaran yang terbentuk menggambarkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, baik penjual atau pembeli tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar. Ada semacam kondisi bahwa antara penjual dan pembeli saling mengetahui struktur dan informasi yang ada di pasar persaingan sempurna.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna



Adapun Ciri-ciri pasar persaingan sempurna yang sering dijumpai di antaranya sebagai berikut :
  1. Terdapat banyak pembeli dan penjual, masing-masing pihak, pembeli ataupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga pasar. 
  2. Banyak barang yang diperdagangkan dan bersifat homogen, jadi konsumen beranggapan bahwa barang-barang yang dijual memiliki kualitas yang sama. 
  3. Informasi pasar tersedia lengkap, artinya baik pembeli dan penjual saling mengetahui tentang kualitas, harga, tempat dan waktu barang-barang yang diperjualbelikan. 
  4. Harga di pasar ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran, artinya pembeli bebas memutuskan untuk membeli atau tidak, begitu pula penjual juga memiliki kebebasan untuk menjual barang maupun jasa. 
  5. Mekanisme pasar terbebas dari campur tangan pemerintah, jadi pemerintah tidak ikut campur tangan dalam menentukan harga di pasar. 
  6. Timbulnya kekuatan tersendiri di pasar, artinya tidak ada kekuatan luar oleh pemerintah ataupun pihak lain yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna 

Pasar bahan makanan pokok misalnya pasar ikan yang menghubungkan antara nelyan sebagai produsen dan konsumen ikan. Masing-masing telah mengetahui sistem pasar, baik nelayan dan konsumen. Nelayan akan menjual ikan dalam jumlah tertentu saja dan pembeli juga akan membeli dalam jumlah tertentu saja. Nelayan tidak bisa mempengaruhi harga pasar karena jika ia menjual ikan di atas harga pasar akan ditinggalkan pembeli, sebaliknya jika ia menjual di bawah harga pasar ia akan merugi.

Demikianlah mengenai Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Contohnya. semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang ekonomi dan bisnis.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar