Skip to main content

Pengertian Pasar Komoditas, Ciri, Transaksi dan Contohnya

Selain terdapat pasar uang dan pasar modal, terdapat juga jenis pasar lain yaitu pasar komoditas. Dalam artikel ini akan dijelaskan pengertian pasar komoditas, fungsi pasar komoditas, sistem transaksi, ciri pasar komoditas dan contohnya.

Pengertian Pasar Komoditas

Pasar komoditas adalah tempat di mana pembeli dan penjual dapat memperdagangkan barang-barang homogen dalam jumlah besar. Barang-barang seperti gabah, logam mulia, listrik, minyak, daging sapi, jus jeruk, dan gas alam adalah contoh komoditas tradisional. Mata uang asing, kredit emisi, bandwidth, dan instrumen keuangan tertentu juga merupakan bagian dari pasar komoditas saat ini.

Pasar komoditas adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran komoditas atau barang. Dalam istilah pasar komoditas, kita harus mengetahui mengenai definisi komoditas.

Komoditas adalah jenis barang yang diperdagangkan dan juga laku di pasar internasional. Komoditas yang diperdagangkan meliputi komoditas hasil pertanian, peternakan, pertambangan, kehutanan, industri kayu dan jasa yang memiliki standar internasional yang telah disepakati bersama.

Fungsi Pasar komoditas

Adapun fungsi pasar komoditas diantaranya sebagai berikut :
Sebagai tempat bertukar informasi tentang jenis barang yang diperdagangkan di pasar dunia.
Sebagai tempat transaksi jual beli berbagai komoditas
Sebagai tempat informasi tentang negara yang membutuhkan barang/komoditas.

Transaksi di Pasar Komoditas


Kegiatan utama pasar komoditas adalah transaksi barang yang diperdagangkan.
Terdapat dua jenis transaksi yang terjadi di pasar komoditas, meliputi transaksi efektif dan transaksi spekulatif. Berikut adalah penjelasannya :

Transaksi efektif, 

Transaksi efektif adalah suatu transaksi jual beli di bursa barang yang diakhiri dengan penyerahan barang dagangan. Transaksi efektif termasuk jenis transaksi murni.

Transaksi spekulatif

Transaksi spekulatif adalah merupakan bentuk transaksi yang bersifat spekulasi saja, bukan merupakan transaksi murni. Tujuannya bukan untuk penyerahan barang tetapi pembayaran dan penerimaan uang. Penyerahan barang dapat dilakukan beberapa bulan kemudian sesuai dengan yang tertulis pada perjanjian.

Ciri-ciri Barang dalam Pasar Komoditas

Tidak semua barang dapat dijual di pasar komoditas ini. Barang-barang yang ditransaksikan pada pasar barang berjangka memiliki ciri-ciri seperti :

  • Merupakan barang yang laku di pasaran dunia. 
  • Merupakan barang yang mudah diganti, dengan tidak mengubah mutu atau kualitas
  • Barang harus dapat diperjualbelikan dalam partai besar (jumlah banyak) dan persediaan barang cukup serta pengadaannya dapat dilakukan secara berkala. 
  • Merupakan barang yang disepakati untuk diperdagangkan di pasar sesuai dengan keputusan menteri yang bertanggung jawab di bidang perdagangan. 


Komoditas yang diperdagangkan harus menenuhi standar internasional, yang meliputi syarat berikut :

  • Memiliki mutu standar internasional, artinya barang harus mempunyai kualitas yang tertentu yang telah dikeluarkan badan dunia. 
  • Komiditi merupakan barang yang telah ditetapkan untuk diperdagangkan di bursa komoditas internasional.


Contoh pasar komoditas


Contoh pasar komoditas di dunia internasional pada masing-masing negara :

  • New York, komoditas kopi, gula dan kakao (New York Coffe Suger and Cacao Ex Change/NCSE).
  • Malaysia, komoditas kepala sawit (Kuala Lumpur Commodity Exchange/KLCE). 
  • Jerman, komoditas tembakau (Bremen Tabaco Comunity/Exchange)
  • Singapura, komoditas karet (Singapore Commodity Exchange) atau Sicom. 


Demikianlah mengenai Pengertian Pasar Komoditas, Ciri, Transaksi dan Contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat enambah wawasan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar