Skip to main content

Pengertian Karya Sastra, Ciri dan Jenis Karya Sastra

Sastra merupakan salah satu karya penting yang terdapat dalam bahasa terutama bahasa Indonesia. Ada banyak bentuk karya sastra. Artikel ini akan membahas pengertian sastra, ciri-ciri sastra, fungsi dan jenis karya sastra.

Pengertian Sastra

Sastra menurut etimologinya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu "shastra" yang berarti  “teks yang mengandung instruksi” atau “pedoman”. Diambil dari kata dasar śās- yang berarti “instruksi” atau “ajaran”. Dalam bahasa Indonesia, kata mengacu kepada “kesusastraan” yang berarti sebuah tulisan yang mempunyai arti, makna atau nilai keindahan tertentu.

Secara umum, Sastra adalah suatu karya yang indah baik itu tulisan dan lisan. Diuraikan dari kata susastra, kata su berarti bagus, baik atau indah, sedangkan dari kata sastra yang berarti buku, tulisan atau huruf. Jadi kedua kata tersebut dapat diartikan bahwa sastra adalah tulisan yang indah.

Istilah sastra dan sastrawi

Segmentasi sastra lebih mengarah sesuai defenisinya sebagai sekedar teks. Sedangkan sastrawi lebih mengacu pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan misalnya yang diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra.

Jenis Sastra



Sastra bisa dibagi menjadi dua sesuai medianya yaitu sastra tertulis atau sastra lisan. Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan media untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran penyaji. Oleh karena itu, sekarang yang dinamakan dengan kesusastraan sudah meliputi karya sastra lisan dan tertulis dengan ciri khas yang terdapat pada keindahan bahasanya.

Ciri-Ciri Karya Sastra

Ciri-ciri karya satra yang membedakannya dari karya lain adalah sebagai berikut :
Isinya merupakan gambaran manusia dengan berbagai persoalannya
Bahasanya yang indah dan tertata baik, dapat memikat pembaca dan pendengarnya
Gaya penyajiannya juga menarik dan berkesan di hati pembaca dan pendengarnya

Fungsi Karya Sastra

Dalam penciptaannya, sebuah karya sastra memiliki fungsi diantaranya sebagai berikut :

Fungsi rekreatif

Fungsi rekreatif sastra adalah memberikan kesenangan maupun hiburan bagi pembacanya

Fungsi didaktfi

Fungsi didaktfi sastra adalah memberikan wawasan atau pengetahuan mengenai seluk-beluk kehidupan manusia bagi pembacanya

Fungsi estetis

Fungsi estetis sastra adalah sastra mampu memberikan keindahan dan nilai estetika yang bisa dinikmati oleh pembaca dan pendengarnya

Fungsi moralitas



Fungsi moralitas sastra adalah memberikan arahan bagi pembacanya mengenai moral yang baik dan buruk.

Fungsi religius

Fungsi religius sastra adalah sastra menghadirkan karya yang didalamnya mengandung unsur agama yang diteladani oleh pembaca dan pendengarnya.

Jenis-jenis Karya Sastra

Ada 2 bentuk karya sastra yaitu sastra fiksi dan non fiksi.
Jenis karya sastra fiksi meliputi Prosa, Puisi, dan Drama.
Karya sastra nonfiksi meliputi biografi, autobiografi, esai dan kritik sastra.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar