Skip to main content

Pengertian Frekuensi, Klasifikasi dan Jenis Frekuensi

Frekuensi adalah hitungan jumlah getaran dalam satu satuan waktu. Frekuensi didefinisikan sebagai komponen gelombang. Dalam Artikel ini akan dibahas definisi frekuensi menurut para ahli, Klasifikasi frekuensi dan jenis-jenis frekuensi.

Pengertian Frekuensi Menurut Ahli Fisika

Frekuensi adalah satuan untuk menggambarkan jumlah gelombang yang melewati tempat tetap dalam jumlah waktu tertentu. Jadi jika waktu yang dibutuhkan untuk gelombang untuk lewat adalah 1/2 detik, frekuensinya adalah 2 per detik. Jika dibutuhkan 1/100 dari satu jam, frekuensinya adalah 100 per jam.

Biasanya frekuensi diukur dalam satuan hertz, dinamai untuk menghormati fisikawan Jerman abad ke-19 yaitu Heinrich Rudolf Hertz. Pengukuran hertz, disingkat Hz, adalah jumlah gelombang yang lewat per detik. Misalnya, nada "A" pada senar gitar bergetar sekitar 440 Hz (440 getaran per detik).

Klasifikasi dan Jenis Frekuensi

Berdasarkan kecepatan getarannya, frekuensi diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu :

a. Frekuensi radio

Jenis frekuensi radio ini mengacu pada spektrum elektromagnet. Nah, spektrum tersebut dihasilkan dari arus bolak-balik (AC) yang menuju ke antena. Frekuensi radio dapat digunakan untuk mengirimkan pesan suara melalui gelombang udara.

Hingga saat ini, frekuensi radio terbagi dalam dua jenis yang berbeda. Dalam pembagiannya, frekuensi radio dibagi menjadi frekuensi radio AM dan juga frekuensi radio FM. Frekuensi radio FM biasanya berkisar antara 88 - 108 Mhz.

b. Frekuensi audio


Jenis frekuensi audio ini juga disebut sebagai frekuensi suara. Jenis frekuensi ini merupakan getaran frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia tanpa alat bantu. Dalam rentang gelombang, frekuensi audio ini memiliki kecepatan standar getaran sekitar 20 hingga 20.000 Hz.

Jenis frekuensi audio dapat dibagi menjadi 3 yaitu frekuensi infrasonic, frekuensi audible (audiosonic) dan frekuensi ultrasonic. Pembagian ini dibedakan menurut tingkat kecepatan getaran dari gelombang tersebut dalam satuan Hz.

Frekuensi infrasonic

Frekuensi infrasonic adalah frekuensi audio yang memiliki tingkat getaran mulai dari 0 hingga 20 Hz. Frekuensi ini memiliki gelombang yang sangat lemah. Karena getaran gelombang yang lemah, maka jenis frekuensi ini tidak dapat didengar oleh telinga manusia.

Frekuensi audible

Jenis frekuensi audible adalah frekuensi yang memiliki kecepatan getaran gelombang mulai dari 20 hingga 20.000 Hz. Dalam rentang gelombang, jenis frekuensi ini adalah frekuensi yang bisa ditangkap dan didengarkan oleh telinga manusia.

Frekuensi ultrasonic

Jenis Frekuensi ultrasonic adalah pembagian jenis frekuensi tercepat dengan getaran gelombang di atas 20.000 Hz. Jenis frekuensi ini memiliki dampak yang berbahaya bagi pendengaran manusia karena getaran tinggi dapat merusak telinga dan organ tubuh lainnya.

Untuk lebih mudah memahami frekuensi, berikut adalah beberapa istilah yang terkait dengan frekuensi dan gelombang.
  • Getaran adalah gerak bolak-balik yang berpusat pada zona kesetimbangan.
  • Kesetimbangan adalah keadaan suatu benda dalam posisi diam ketika tidak ada gaya yang mengenai atau bekerja pada benda tersebut.
  • Gelombang adalah getaran yang merambat melalui media, gelombang tidak bisa merambat melalui ruang hampa sehingga di luar angkasa tidak ada suara
  • Amplitudo adalah simpangan maksimal yang terjadi pada suatu getaran, amplitudo dilambangkan dengan huruf A dan memiliki satuan meter.
  • Periode adalah waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu getaran.


Demikianlah mengenai Pengertian Frekuensi, Klasifikasi dan Jenis Frekuensi serta hal lain yang terkait dengan frekuensi dan gelombang.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar