Skip to main content

Pengertian Ekspresi, Fungsi dan Jenis Ekspresi serta Contohnya


Pengertian Ekspresi

Ekspresi sering dihubungkan dengan gaya atau style. Pengertian ekspresi terbagi dalam arti tersendiri sesuai bidang seperti seni, musik, spontan, tari dan puisi.

Hal tersebut merupakan wujud dari "mempunyai gaya" sebagai hasil dari perwujudan yang telah mengalami penggambaran oleh pelaku perwujudan yang dilakukan dengan  "ekspresif".

Disamping itu, interpretasi gaya dalam hal ini mirip dengan kualitas artistik, teknik maupun pada nilai ekspresi.

Maksud dari Kualitas artistik dan teknik disini adalah hal yang membuat hasil perwujudan menjadi sempurna dapat dibatasi sebagai suatu tingkat ukuran artistik dan teknik yang murni.

Hal itu akan muncul ketika pelaku perwujudan mengekspresikan emosi atau perasaannya yang dilakukan dalam bentuk artistik dan teknik yang ditimbulkan oleh medianya.

Hasil perwujudan yang ditampilkan tanpa ekspresi dianggap akan kehilangan kualitas atau kelaikan artistik dan tekniknya.

Teori ekspresi atau ungkapan yang menyatakan bahwa seni yang mampu dirumuskan sebagai suatu kegiatan yang dapat mengungkapkan perasaan dan kesan-kesan berupa imajinatif penciptaan.

Apa itu Ekspresi ?


Menurut terminologinya, pengertian ekspresi adalah proses komunikasi yang dilalui pada suatu media yang ditujukan untuk membangun adanya kesamaan persepsi akan pesan yang dikomunikasikan.

Sedangkan menurut ilmu arsitektur, ekspresi meliputi 3 komponen. Adapun jenis-jenis komponen itu yakni pesan, media dan penerima ekspresi itu.

Selain itu, Definisi Ekspresi adalah suatu sifat ungkapan dari berbagai kombinasi bahasa tubuh.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), pengertian ekspresi adalah proses untuk menyatakan atau pengungkapan akan maksud berupa perasaan, gagasan yang dilakukan oleh seseorang.

Ekspresi sendiri bisa terjadi ketika seseorang mengungkapkan keadaan perasaan tertentu dan melakukan reaksi terhadapnya.

1. Pengertian Ekspresi Dalam Musik 

Ekspresi pada musik adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa tempo dinamik, dan gaya dari unsur -unsur pokok musik.

2. Pengertian Ekspresi Dalam Seni 

Ekspresi pada seni atau ekspresi seni adalah sebuah ungkapan dalam seni yang ditempatkan dalam koridor seni dan terdapat proses yang memiliki hirarki untuk mencapainya.

3. Pengertian Ekspresi Dalam Tari 

Ekspresi pada tari adalah salah satu unsur utama terciptanya suatu tarian melalui bentuk ungkapan penjiwaan atau penghayatan terhadap peran atau gerakan tarian yang dilakukan oleh sang penari.

4. Pengertian Ekspresi Dalam Puisi 

Ekspresi pada puisi adalah ungkapan untuk menggali dan menggauli puisi dalam hal tinggi rendah suara. Saat membaca puisi diperlukan perbedaan nada serta raut wajah pembaca yang memperlihatkan ekspresi perasaan tertentu.

Jenis Ekspresi berdasarkan Acuan 

Ada acuan tersendiri dalam ekspresi. Adapun jenis-jenis ekspresi berdasarkan acuan antara lain:

Wajah (yang bisa dilihat dari muka) adalah suatu bagian depan dari kepala seseorang. Muka manusia bisa memberikan ekspresi tertentu sesuai kondisi perasaannya.

Ekspresi wajah adalah suatu bentuk komunikasi verbal untuk menunjukkan suatu keadaan atau emosi yang terdapat dari seseorang kepada orang lain yang melihatnya.

Ekspresi gen adalah rangkaian proses penerjemahan informasi genetik menjadi sebuah protein. Ekspresi gen bisa dilihat dari sifat genetik keturunannya.

Ekspresi dalam matematika adalah suatu kombinasi tertentu berupa simbol-simbol dalam ilmu matematika yang tersusun secara sistematis berdasarkan kaidah tertentu tergantung pada tiap konteksnya.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Ekspresi, Fungsi dan Jenis-Jenis Ekspresi dan Contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar