Skip to main content

Pengertian Diskusi, Unsur dan Jenis Diskusi

Kita seringkali melakukan diskusi bersama teman, rekan kerja, dosen dan orang lain dalam kehidupan ini. Namun apakah sebenarnya diskusi ? Apa saja unsur dalam diskusi dan bagaimana bentuk-bentun diskusi ? dalam artikel ini akan dibahas semuanya.

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah kegiatan sekelompok individu dengan minat yang sama yang berkumpul baik secara formal maupun informal untuk memunculkan ide, memecahkan masalah atau memberikan komentar.

Pendekatan utama dapat dilakukan secara langsung, melalui panggilan konferensi atau situs web. Orang-orang merespons komentar dan posting forum di grup chat, grup berita, atau IRC. Anggota kelompok lain dapat memilih untuk merespons dengan memposting teks atau gambar.

Diskusi adalah salah satu bentuk kegiatan wicara untuk pertukaran pikiran, gagasan yang terdiri dari dua orang atau lebih secara lisan atau tulisan untuk mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan maupun pendapat. Berdiskusi bisa memperluas pengetahuan dan menambah atau berbagi pengalaman.

Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok, dalam diskusi tersebut dibutuhkan seorang pemimpin yang disebut dengan ketua diskusi. Tugas dari ketua diskusi adalah untuk membuka dan menutup jalannya diskusi, membangkitkan minat para anggota diskusi untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat dan mengemukakan kesimpulan hasil diskusi tersebut.

Unsur-Unsur Diskusi



Unsur dalam diskusi meliputi manusia sebagai pelaksana. Unsur diskusi terdiri atas moderator, notulis, peserta dan pemakalah/penyaji Perlengkapan

Jenis-jenis Diskusi

Berdasarkan bentuk penyelenggaraannya, diskusi dapat dikelompokkan sebagai berikut :

Seminar

Seminar adalah diskusi yang diselenggarakan untuk mencari kesepakatan atau kesamaan langkah atau pandangan dalam menghadapi suatu persoalan yang sifatnya formal, sehingga para peserta menyiapkan materi atau makalah untuk disajikan. Para peserta seminar dapat diberi kesempatan dalam menanggapi ataupun menyanggah makalah tersebut. Pada akhir seminar, moderator akan menyampaikan hasil dari pemikirannya.

Sarasehan/Simposium

Sarasehan/simposium adalah diskusi yang dilakukan untuk membahas mengenai suatu pokok persoalan atau masalah.

Diskusi Panel

Pengertian diskusi panel adalah diskusi yang diselenggarakan untuk memperluas wawasan terhadap suatu masalah yang sedang hangat dengan ikut melibatkan beberapa ahli disiplin ilmu atau profesi untuk bertindak sebagai penulis ataupun pembicara. Moderator dapat bertanya langsung kepada panelis untuk mengemukakan pandangan/pendapat. Peserta diskusi panel diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi ataupun menyanggah pendapat dari panelis. Pada akhir diskusi panel moderator dapat menyajikan pokok-pokok pikiran hasil diskusi.

Konferensi

Konferensi adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang sedang dihadapi bersama.

Lokakarya

Lokakarya adalah diskusi atau pertemuan para ahli atau pakar yang diselenggarakan dalam membahas masalah yang berada dalam bidangnya.

Demikianlah mengenai Pengertian Diskusi, Unsur dan Jenis Diskusi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima Kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar