Skip to main content

Pengertian Bencana, Jenis dan Contohnya

Beberapa waktu lalu Indonesia diterpa bencana alam yang mengakibatkan jatuhnya korban. Apakah sejaatinya bencana itu ? Apakah hanya ada bencana alam atau masih ada bencana lainnya ?

Pengertian Definisi Bencana menurut Ahli

Menurut International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies mengatakan bahwa bencana adalah gangguan serius yang terjadi dalam waktu yang relatif singkat, mengganggu fungsi suatu komunitas atau masyarakat yang menyebabkan kehilangan dan dampak yang luas terhadap manusia, material, ekonomi atau lingkungan, yang melebihi kemampuan komunitas atau masyarakat yang terkena dampak untuk mengatasinya sendiri.

Definisi bencana menurut UU Nomor 24 Tahun 2007 adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik itu faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, dan kerugian harta benda, serta dampak psikologis.

Jenis-jenis Bencana dan Contohnya


Jenis-jenis Bencana terbagi atas beberapa macam bencana yang meliputi bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

  1. Bencana alam adalah bencana yang disebbabkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa alam, bencana alam antara lain adalah, gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami, kekeringan, angin topan dan tanah longsor.
  2. Bencana nonalam adalah bencana yang disebabkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa nonalam seperti kegagalan teknologi nuklir, kegagalan modernisasi dan epidemi dan wabah penyakit oleh virus . 
  3. Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh faktor sosial manusia seperti konflik sosial, pertentangan antar kelompok dan masalah terorisme.

Penanggulangan Bencana Alam di Indonesia

Tim penanggulangan bencana di Indonesia biasanya diselenggarakan oleh Basarnas (Badan SAR Nasional). SAR sendiri merupakan singkatan dari Save and Rescue.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar