Skip to main content

Memperingati Hari Korps Wanita Angkatan Laut 5 Januari 2019

Selamat Ulang Tahun Koprs Wanita Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 5 Januari 2019. Semoga para srikandi maritim Indonesia ini senantiasa menjaga kedaulatan Laut Indonesia.

Sejarah Hari Koprs Wanita Angkatan Laut

Hari Koprs Wanita Angkatan Laut jatuh pada setiap tanggal 5 Januari sesuai dengan pelantikan pertama yang dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata terhadap anggota Kowal pertama di Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kowal.

Ide pembentukan korps wanita Angkatan Laut di Indonesia dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso. Ide ini kemudian direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata.

Sebagai realisasinya kemudian dikeluarkan surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal saat itu.

Dalam Kesatuan TNI Angkatan Laut, ada beberapa peran yang dianggap akan lebih baik dilakukan oleh wanita karena karakter dan kodratnya. Itulah mengapa peran wanita juga diperlukan dalam kesatuan TNI Angkatan Laut.

Tugas Pokok Koprs Wanita Angkatan Laut



Tugas pokok yang dibebankan kepada Koprs Wanita Angkatan Laut pada saat itu adalah bersama satuan-satuan lain dalam lingkungan TNI Angkatan Laut ikut serta dalam pertahanan negara dengan mempergunakan keahlian dan kemahiran para anggotanya untuk tugas-tugas tertentu yang sesuai dengan kodrat dan sifat-sifat kewanitaannya, sehingga tercapai efisiensi kerja yang sebesar-besarnya dalam organisasi TNI Angkatan Laut.

Fungsi Koprs Wanita Angkatan Laut

Dalam menjalankan tugas pokoknya, Korps Wanita Angkatan Laut memiliki fungsi utama yaitu :
Mengabdikan diri kepada TNI Angkatan Laut untuk tugas-tugas tertentu yang lebih cocok dan efisiensi dilakukan oleh tenaga-tenaga wanita.
Memelihara dan menjalin hubungan dengan masyarakat terutama organisasi-organisasi wanita lainnya agar terpelihara sifat-sifat kewanitaannya dalam kesibukan dan ketekunan mereka dalam kehidupan militer.

Jasa-jasa Penting Korps Wanita Angkatan Laut



Banyak sekali jasa-jasa penting yang telah dilakukan oleh Korps Wanita Angkatan Laut untuk Indonesia. Mungkin sudah tak terhitung jumlahnya hingga saat ini.

Namun ada suatu peran penting saat anggota Korps Wanita Angkatan Laut dikirim ke Irian barat dalam rangka penyerahan Irian Barat dari Belanda kepada Indonesia melalui UNTEA.

Sejak saat itu keberadaan Kowal mulai diakui secara luas oleh masyarakat Indonesia maupun negara-negara di dunia.

Demikianlah tentang hari Korps Wanita Angkatan Laut yang jatuh pada 5 Januari 2019. Semoga Korps Wanita Angkatan Laut senantiasa menjaga kedaulatan laut Indonesia bersama TNI Angkatan Laut dan kesatuan lainnya.

Referensi : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Korps_Wanita_Angkatan_Laut
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar