Skip to main content

25 Kegunaan Alkohol (Etanol) dalam Kesehatan, Industri dan Kehidupan Sehari-hari

Alkohol pada umumnya berarti etil alkohol dengan formula kimia C2-H5-OH. Alkohol yang bernama asli Etanol banyak digunakan sebagai bagian dari minuman panas dan minuman oleh manusia.

Alkohol diperoleh dengan fermentasi molase gula dalam skala besar. Ketika dikonsumsi, alkohol dapat mencapai otak dan menciptakan rasa kesejahteraan dan kegembiraan. Jadi, orang yang mengkonsumsi alkohol atau etanol secara sering dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, selain untuk diminum ada banyak penggunaan alkohol dalam pengobatan, industri, penelitian dll. Berikut akan dijelaskan kegunaan alkohol dalam masing-masing bidang.

A. Penggunaan alkohol dalam pengobatan dan kesehatan

Alkohol telah digunakan dalam pengobatan sejak zaman dahulu. Zat ini memiliki sifat antimikroba, astringen, penenang dan rubefacient yang kuat.

1. Obat keracunan metanol

Ketika kelebihan metanol dikonsumsi, seseorang akan memiliki gejala hebat yang menyebabkan kematian. Metanol dalam tubuh berubah menjadi formaldehyde dan asam format yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi di seluruh tubuh.

Seperti sengatan semut yang juga memiliki asam format. Jadi, kita bisa membayangkan tingkat kerusakan ketika asam format terbentuk dalam tubuh karena keracunan metanol. Dalam keadaan darurat ini, memberi etanol bertindak sebagai anti-racun langsung.

Metanol dipecah menjadi formaldehida dan kemudian asam format. Keduanya beracun bagi tubuh. Tetapi ketika etanol diberikan, laju metanol berkurang. Etanol memiliki afinitas yang lebih tinggi untuk enzim aldehyde dehydrogenase.

Jadi, zat ini bersaing untuk enzim menggantikan metanol. Penurunan formalin mengurangi efek toksik pada tubuh dan membantu mempertahankan hidup dan memberi lebih banyak waktu untuk mengeluarkannya dari tubuh.

Anti-dote lain seperti Fompezole dapat digunakan karena fungsinya sama. Tetapi etanol tidak mahal, mudah didapat dan juga lebih kompatibel di dalam tubuh.

2. Sebagai rubefacient

Etanol 70% dan bahkan Isopropanol memiliki karakter rubefaceint. Ketika diterapkan pada kulit, dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kemudian kemerahan. Dalam kondisi ini area kulit yang digunakan lembut dan memiliki sifat penyerapan yang lebih besar.

Alkohol/etanol Ini dapat digunakan untuk meningkatkan penyerapan obat dari salep yang dioleskan ke kulit. Selanjutnya, etanol juga mengurangi rasa sakit akut di tempat yang digunakan.

3. Untuk mengurangi rasa sakit

Jika sakit parah seperti kanker, alkohol disuntikkan di dekat ujung saraf untuk menghancurkan saraf. Ini menyebabkan kurangnya rasa sakit dari saraf itu.

4. Sebagai Antiseptik

Saat injeksi atau suntikan dilakukan, kapas yang dibasahi alkohol digunakan untuk membersihkan permukaan. Kemudian setelah injeksi, dibiarkan di sana untuk melihat bahwa tidak ada perdarahan. Ini dilakukan untuk membersihkan area injeksi dari bakteri atau mikroba apa pun. Selanjutnya, pembersihan ini menghilangkan kotoran di tempat injeksi.

Selanjutnya, semua pisau bedah, jarum, forceps dapat dibersihkan dengan etanol untuk menghilangkan mikroba di atasnya.

5. Sebagai Pengencer

Tincture adalah ekstrak obat beralkohol. Ketika suatu zat dalam konsentrasi rendah, itu tidak dapat diberikan seperti itu untuk orang tersebut. Oleh karena itu, untuk meningkatkan volume obat, alkohol digunakan sebagai pengencer. Karena, alkohol pada dosis rendah cukup aman bagi tubuh dan juga steril, alkohol bertindak sebagai pengencer yang aman.

Terutama, dalam homeopati, obat diekstraksi dengan alkohol. Selanjutnya, obat diencerkan dengan alkohol untuk administrasi mudah. Selain alkohol, laktosa juga digunakan sebagai pengencer. Namun, tincture ekstrak alkohol juga diberikan kepada pasien.

6. Sebagai Pengawet

Tincture yang merupakan ekstrak alkohol dari bahan tumbuhan dan hewan yang memiliki umur paruh panjang. Ini karena alkohol adalah pengawet yang baik.

B. Penggunaan alkohol dalam industri


Alkohol juga telah berperan penting dalam bidang industri. Alkohol banyak digunakan sebagai berikut :

1. Sebagai pelarut

Alkohol/Etanol seperti air yang merupakan pelarut yang baik untuk banyak senyawa polar. Ini membantu bahan padat terkonsentrasi menjadi larutan konsentrasi yang diinginkan. Solusi ini digunakan untuk pemrosesan lebih lanjut seperti filtrasi, distilasi atau menghilangkan kotoran.

2. Untuk ekstraksi

Alkohol menjadi pelarut polar yang baik dapat digunakan untuk ekstraksi bahan aktif dari bahan baku apa pun seperti tanaman atau padatan lainnya. Ekstraksi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan distilasi uap yang terhubung ke ekstraktor soxhlet. Karena titik didih yang rendah, alkohol mudah menguap dan kemudian meresap kembali melalui bahan padat. Dengan cara ini bisa dilakukan ekstraksi yang efektif.

3. Sebagai zat Pembersihan

Alkohol adalah salah satu pelarut terbaik yang digunakan untuk membersihkan alat-alat di industri. Sifat-sifatnya dan efek antimikroba serta kelarutan yang sangat efektif digunakan.

4. Untuk Sterilisasi

Alkohol adalah salah satu bahan sterilisasi kimia yang baik digunakan untuk sterilisasi berbagai peralatan terutama yang terbuat dari logam.

5. Menghilangkan warna

Ketika bahan kain di industri terpapar oleh noda, alkohol dapat digunakan untuk menghilangkan noda tersebut.

C. Penggunaan Alkohol dalam bidang biologi

Dalam cabang ilmu biologi dan lingkungan, alkohol berperan penting dan telah membantu manusia, diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk Pewarnaan

Dalam jaringan tanaman dan pewarnaan jaringan hewan alkohol sering digunakan.

2. Sanitasi

Karena, bahan biologis rentan terhadap kontaminasi mikroba, penggunaan alkohol dapat membersihkannya dari mikroba.

D. Penggunaan etanol dalam bidang kimia:


Alkohol juga banyak digunakan dalam bidang kimia untuk hal-hal sebagai berikut :

1. Kristalisasi dan ekstraksi

Ketika suatu senyawa disiapkan oleh reaksi kimia, zat tersebut berada dalam campuran cair. Untuk mengekstraknya dalam bentuk padat, perlu direkristalisasi dan dikeringkan. Kristalisasi ulang ini untuk beberapa senyawa memerlukan etanol.

2. Pelarut untuk Analisis

Industri kimia menggunakan banyak teknik analitik seperti kromatografi, analisis hplc, dll. Teknik analitik ini memerlukan pemisahan komponen campuran. Etanol, metanol, dan isopropanol banyak digunakan sebagai kombinasi fase gerak yang berbeda.

E. Penggunaan alkohol dalam kehidupan sehari-hari:

Selain penggunaan teknis di atas, alkohol juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut :

1. Membersihkan noda marker atau tinta

Kita cenderung sering menggunakan marker. Noda penanda ini dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan alkohol.

2. Sebagai bahan bakar kendaraan:

Etanol dapat dicampur dengan bensin untuk meminimalkan polusi, menekan harga bahan bakar fosil dan juga untuk energi kendaraan yang lebih besar.

3. Dalam lampu

Lampu alkohol digunakan di laboratorium karena tidak menimbulkan resiko kebakaran. Seperti yang diketahui bahwa aktivitas di laboratorium mungkin beresiko membuat lampu biasa terbakar.

4. Minuman


Alkohol digunakan untuk rekreasi dalam bentuk minuman beralkohol. Ini adalah jenis hiburan sosial yang di beberapa negara telah dibatasi. Minuman beralkohol dapat menyebabkan mabuk.

5. Tinta beralkohol

Tinta ini memiliki pigmen atau pewarna yang larut dalam alkohol. Ketika tinta ini diletakkan di atas ubin, logam atau permukaan lainnya, tandanya tertinggal. Alkohol mengering dengan cepat meninggalkan pigmen di belakang. Tinta alkohol ini digunakan untuk membuat latar belakang stamping dan kartu.

6. Penghapus cat kuku

Cat kuku mudah dihilangkan dengan etil asetat atau aseton. Tetapi jika tidak menemukannya di rumah atau tidak suka baunya, maka etanol adalah yang terbaik. Butuh waktu lebih lama untuk menghapus tetapi pasti hilang dengan alkohol.

7. Propelan Roket

Sebelumnya etil alkohol digunakan sebagai kombinasi bahan bakar roket. Zat tersebut digunakan bersama dengan oksigen cair yang diencerkan dengan air. Tapi sekarang, karena ketersediaan bahan bakar baru dan lebih efisien, bahan ini tidak lagi digunakan.

Jadi ada banyak sekali penggunaan alkohol dalam kehidupan kita dan daftar ini mungkin tidak lengkap. Silahkan tambahkan sesuai dengan wawasan masing-masing.

Referensi : https://www.studyread.com/uses-of-alcohol-in-medicine-industry-and-daily-life/
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar