Skip to main content

Tips Memlihara Mata Meski Sering Melihat Layar

Meski sering melihar layar, namun kesehatan mata harus tetap diperhatikan. Tidak peduli apakah melihat layar komputer, laptop, smartphone dan lain sebagainya. Karena semuanya sama-sama memancarkan gelombang yang bisa merusak mata.

Jangan sampai cepat-cepat menggunakan kacamata. Selagi sehat, semuanya mesti dicegah sebelum terlambat. Berikut ini saya bagikan tips memelihara mata tetap sehat meski sering melihat layar.

1. Istirahat maksimal 2 jam sekali

Mata harus diistirahatkan maksimal 2 jam sekali. Artinya mata tidak boleh bekerja memandangi objek yang sama selama lebih dari 2 jam. Seberapapun Deadline pekerjaan atau serunya game, setiap 2 jam sekali mata harus diistirhatkan.

Caranya bisa dengan memejamkan mata atau melihat benda jauh. Makanya setelah 2 jam bekerja atau bermain game, pergiah berkeliing sebentar untuk memulihkan otot mata agar tidak rusak.

2. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Cara selanjutnya adalah menggunakan kacamata anti radiasi yang bisa dibeli di toko online maupun offline. Tujuannya agar mata tidak cepat lelah saat bekerja atau bermain game ataupun menonton.

3. Pastikan Layar Anda Memiliki UV Filter



Jika tidak mau memakai kacamata, solusinya adalah mengganti layar dengan yang lebih bersahabat dengan mata. Dari yang saya baca-baca, produk layar terkini baik itu laptop, smartphone atau tablet dilengkapi layar yang lebih sehat untuk mata. Apalagi yang menggunakan LED dengan tingkat radiasi yang kecil.

4. Senam Mata Sehari Sekali

Bila anda seharian bekerja di depan komputer, usahakan melakukan senam mata minimal 5 menit saja setelah melihat layar. Caranya adalah dengan menghadap ke objek jauh, kemudian angkat satu jari anda. Fokuskan mata ke jari, lalu fokuskan ke objek jauh, lalu fokuskan lagi ke jari. Lakukan berulang ulang. Gerakan ini diyakini bisa menjaga kelenturan otot mata agar tidak cepat minus.

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Merupakan kewajiban bagi mereka yang lama melihat layar untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur untuk menjaga kesehatan mata. Buah apel dan sayur bayam merupakan sumber nutrisi untuk mata yang mudah kita cari.

Nah itu dia tips menjaga mata agar tetap sehat meskipun sering melihat layar untuk bekerja, bermain game atau menonton TV. Sekian dari saya, semoga berguna.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar