Skip to main content

Motherboard Laptop Mati Total akibat Tegangan listrik yang Tidak Stabil

Ini merupakan pengalaman pribadi saya pada tahun 2015 silam ketika baru memmbeli laptop baru yang merknya tidak saya sebutkan disini. Waktu itu saya sering menggunakan laptop di kos-kosan, maklum anak kuliahan yang dibebani banyak tugas kampus.

Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Sebelum lanjut, kita bahas dulu tegangan listrik yang tidak stabil. Pernahkah kalian melihat lampu kamar yang tiba-tiba agak redup dan tiba-tiba agak terang dengan sendirinya ? Itu menandakan tegangan listrik di rumah kalian kurang stabil.

Tegangan listrik yang tidak stabil bisa dikarenakan banyak hal seperti instalasi kabel yang kurang baik, tegangan kompleks perumahan ataupun dari PLN sendiri. Namun saya juga tidak bisa memberikan solusi agar listrik rumah bisa selalu stabil.

Laptop yang mati mendadak



Pada waktu itu saya sedang mengerjakan tugas kuliah yang harus dikumpul pada waktu dekat, artinya sudah hampir deadline. Saya gunakan laptop dengan biasa, tanpa ada paksaan atau perlakuan tidak menyenangkan pada laptop. Laptop saya pakai sambil ngecas, baterainya tidak bisa saya lepas karena baterai tanam.

Tiba-tiba laptop saya macet, mouse tidak bisa digerakan. Perintah CRTL+ALT+DEL pun tidak bisa berfungsi. Salah satu hal yang saya curigai adalah ketika melihat indikator baterai. Biasanya kalau charger dicabut, ikon baterai yang di cas pasti berubah normal. Namun kali ini ikon baterai tidak berubah saat casan dicabut, saya tunggu hingga setengah jam.

Setelah setengah jam, belum ada perubahan sama sekali, terpaksa saya matikan kasar dengan cara menekan tombol power selama 5 detik sehingga laptop dimatikan paksa. Namun setelah saya coba hidupkan kembali, tombol power tidak merespon dan ketika kabel charger dicolokan lampu indikator masih menyala.

Saya tunggu lagi 30 menit, saya kira karena baterainya habis, namun ternyata setelah sekian menit tombol power masih tidak berfungsi. Saya agak panik dan langsung membawa laptop tersebut ke tempat pembelian semula.

Akhirnya laptop saya divonis mati total oleh penjual, katanya motherboardnya mati total, kemungkinan karena listrik di kos saya tidak stabil. Untungnya laptop tersebut masih dalam masa garansi, sehingga tidak perlu biaya perbaikan. Meskipun begitu saya tetap kecewa karena tidak bisa mengerjakan tugas. Untungnya datanya sudah di backup sehingga tidak hilang.

Baca Juga : Hal yang bisa merusak hardware laptop

Printer juga mati mendadak

Hal tersebut juga terjadi pada printer saya semenjak dibawa ke kosan. Kasusnya juga mirip, yaitu mati mendadak dengan vonis motherboard yang mati total, kemungkinan karena listrik yang tidak stabil.

Baca Juga : Tips memilih printer yang tepat


Akhirnya saya menyadari bahwa listrik di kos tidak aman untuk perangkat elektronik yang sensitif seperti laptop dan printer. Saya tidak mau lagi hal tersebut terjadi untuk perangkat lainnya.

Solusi Tegangan Listrik yang tidak Stabil


Setelah browsing-browsing di google akhirnya saya menemukan alat ajaib yang bernama stabilizer dengan harga sekitar Rp 50.000 waktu itu. Bukan bermaksud ngiklan, Namun setelah memasang alat tersebut di kosan, sehingga semua stop kontak berujung di stabilizer. Sampai saat ini, laptop, printer dan juga barang elektronik lainnya termasuk TV tidak pernah mengalami mati mendadak. Sekian dan terima kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar