Skip to main content

Lebih penting Subscribers atau Views Youtube ?

Sebagai seorang youtuber kita pasti sangat membutuhkan yang namanya subscriber yaitu orang yang berlangganan ke channel yotube kita. Dan setiap kali mengunggah video kita pasti berharap video tersebut memperoleh banyak tayangan atau views. Jika ditanya yang mana lebih penting antara subscriber dan views ? Mari kita bahas jawaban untuk pertanyaan ini.

Subscriber Youtube

Subscriber sederhananya adalah akun-akun yang berlangganan atau mem-follow channel yotube kita. Prinsipnya sama dengan follower twitter dan instagram. Apabila kita mengupload sebuah video maka akan ada notifikasi atau video tersebut muncul di beranda youtube pelanggan kita.

Namun munculnya notifikasi atau rekommendasi video tersebut belum tentu juga membuat orang menonton video kita, tergantung video tersebut menarik atau tidak,  tergantung juga mood orang tersebut, tergantung juga kuota, tergantung juga penting tidaknya video tersebut.

Makanya kita bisa kelompokan para subscriber atau pelanggan tersebut menjadi beberapa tipe. Kalau saya sendiri mengelompokkan jenis-jenis subscriber youtube mulai dari yang sangat antusias, sekedar subscribe atau subscriber bot yang merupakan akun palsu.

Tapi, yang jelas dengan memiliki banyak subscriber memberikan peluang bagi video baru kita agar bisa dilihat banyak orang. Selain itu jumlah subscriber yang banyak dapat memberi rating yang bagus bagi channel youtube kita. Sehingga semakin banyak subscriber semakin berpotensi mendapatkan banyak views atau tayangan.


Jadi kesimpulannya, banyak subscriber belum tentu banyak view, karena subscriber kita belum tentu menonton video kita, namun subscriber juga memberi manfaat yang signifikan untuk menaikan reputasi channel youtube kita. Selain itu, jumlah subscriber juga menjadi syarat untuk memperoleh hak tayang iklan agar bisa mendatangkan uang dari youtube.

Baca Juga : Masalah subscriber youtube yang naik turun

Views Youtube

Views youtube menghitung seberapa banyak video-video kita telah ditonton oleh orang-orang. Views youtube dihitung berdasarkan jumlah berapa kali tayang, jumlah jam atau lama total penayangan yang semuanya bisa dilihat pada youtube analytics.

Views youtube juga menjadi syarat untuk memperoleh hak tayang iklan atau monetisasi. Namun views youtube sejatinya merupakan kunci kesuksesan bermain youtube. Jika video kita sudah ditonton banyak orang dengan durasi yang lama artinya video tersebut sudah sukses di youtube.

Apalagi jika channel sudah dimonetisasi, semakin banyak views artinya semakin banyak uang. Karena adsense menggunakan perhitungan PPS. Artinya harga yang dibayarkan per seribu kali tayang video. Makanya dengan jumlah view yang banyak youtuber bisa sukses.

Kesimpulan

Jadi kalau menurut saya, baik jumlah views atau subscriber keduanya sama-sama penting untuk ditingkatkan. Namun setelah lulus monetisasi, jika kita mengejar penghasilan dari youtube sebaiknya fokus untuk meningkatkan views melalui konten berkualitas dan konsisten mengupload video.

Tetapi, jika kita lebih kepada menjadi youtuber yang keren atau menjadi influencer (penyebar trend), maka jumlah subscriber adalah hal mutlak yang harus ditingkatkan. Semakin banyak subscriber maka semakin banyak jangkauan pemirsa kita.

Nah, itu dia perbandingan jumlah views dan subscribe. Saya juga masih pemula di youtube dan masih banyak belajar untuk hal ini, Terima kasih telah berkunjung.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar