Skip to main content

Kisah Pembayaran Pertama dari Adsense

1 Tahun sudah berlalu, akhirnya saya berhasil mencairkan pembayaran pertamma dari Adsense untuk iklan hasil blog dan youtube. Setelah nilai saldo mencapai ambang batas yang telah ditentukan yaitu 100 USD. Adsense merupakan penyedia layanan iklan terbaik menurut saya.

Sebagai ucapan terima kasih, disini saya ingin memberikan penjelasan sekaligus jawaban atas banyak pertanyaan yang mungkin masih mengganjal untuk teman-teman yang belum menerima pembayaran dari Adsense untuk iklan hasil blog maupun youtube.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering muncul dan menjadi topik bahasan di forum-forum blogger maupun vlogger. Saya akan mencoba menjawab berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Jenis Akun Adsense Apa yang Dipakai ?

Jenis akun yang saya gunakan adalah non-hosted untuk blog dan youtube yang digabungkan menjadi satu. Saya menggunakan blog dengan domain TLD (.com). Dengan menggabungkan adsense youtube dan blog, maka saldo saya lebih cepat bertambah dan waktu PO (payout) lebih cepat.

Bisakah Adsense Youtube dan Blog digabungkan ?

Jawabannya sangat bisa, namun yang perlu diperhatikan saat mengecek taksiran penghasilan maka saldo youtube tidak akan ditampilkan di beranda adsense maupun di aplikasi adsense. Taksiran penghasilan youtube ditampilkan terpisah dan hanya bisa dicek melalui youtube analitic.

Kapan Saldo Masuk ?

Untuk akun non-hosted seperti punya saya, maka total saldo blog dan youtube akan masuk pada tanggal 2 bulan berikutnya. Jadi misalnya penghasilan di bulan januari baru akan dikalkulasi pada tanggal 2 di bulan Februari.

Sudah Berapa Lama Main Adsense ?

Saya baru main adsense 1 tahun menggunakan 2 blog dan 1 channel yotube hingga menerima PO. Itupun sempat vakum beberapa bulan karena masalah pergantian nama domain blog. Sementara untuk youtube channelnya baru di-approve 3 bulan lalu. Blog dan youtube saya masih tergolong baru dan visitornya masih ala kadarnya.

Bagaimana cara Verifikasi PIN Adsense ?



Saya memverifikasi PIN dengan cara mengupload KTP. Sebelumnya saya meminta dikirimkan PIN oleh google, namun hingga 3 kali PIN tersebut tidak pernah sampai. Makanya cara itu menjadi jalan terakhir untuk verifikasi PIN adsense.

Metode Pembayaran apa yang Dipakai ?

Saya memilih menggunakan metode transfer bank, sesuai dengan update adsense terbaru. Dengan metode transfer ini, maka uang penghasilan adsense akan ditransfer langsung ke rekening bank saya.

Saya menggunakan Bank Mandiri, setelah menentukan metode pembayaran, saya langsung verifikasi rekening bank. Google akan mengetes dengan mengirimkan uang sejumlah 100-999 rupiah yang dijadikan sebagai kode untuk verifikasi akun bank.

Benarkah Adsense Membayar ?


Benar, Adsense terbukti membayar dan telah masuk ke rekening saya. Jika saldo sudah mencapai batas minimum pebayaran yaitu 100 USD atau sekitar Rp 1.300.000 maka Adsense akan membayarkan uang melalui transfer pada tanggal 21 di bulan tersebut. Akan ada email dari Adsense bahwa pemmbayaran telah dilakukan.

Kapan Menerima Uang Pembayaran ?

Metode transfer yang digunakan adalah transfer kawat (wire transfer). Berbeda dengan transfer internet banking atau m-banking yang sampai seketika, metode transfer ini mungkin melewati beberapa verifikasi di bank lokal sehingga uang akan sampai sekitar 5 hari kerja setelah email pembayaran.

Saya sendiri menerima email pembayaran tanggal 21 Desember hari jumat, sementara uangnya masuk ke rekening saya tanggal 26 Desember. Yang aneh menurut saya adalah saat transferan dari google, saya tidak mendapat notifikasi dari SMS banking ataupun email dari Mandiri Online seperti transferan lainnya. Cukup kaget sekaligus senang ketika saldo tabungan bertambah dan ada google yang memberi saya transferan.

Nah itulah pengalaman saya mendapatkan pembayaran pertama dari adsense. Bagi teman-teman yang masih memiliki pertanyaan seputar adsense, silahkan berkomentar atau email saya di parsikaproject@gmail.com dan saya akan mencoba membantu menjawab sesuai yang pernah saya alami. Terima kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar