Skip to main content

Kenapa Indonesia Rawan Gempa Bumi dan Solusinya

Baru-baru ini kita Dihebohkan dengan adanya bencana gempa bumi yang menimpa berbagai daerah Indonesia yang membuat jatuhnya korban serta kerugian material.

Melalui tulisan ini saya juga turut berduka cita atas bencana alam yang terjadi semoga para korban diberi ketabahan dan segera bisa Bangkit dari keterpurukan.

Kenapa di Indonesia rawan terjadi gempa bumi ?


Jadi kenapa di Indonesia sangat rawan terjadi gempa bumi. Jadi sederhananya gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan Magma yang mengakibatkan getaran tanah atau pergerakan lempeng yang juga membuat permukaan tanah bergetar bahkan terbelah. Inilah alasan kenapa di Indonesia rawan terjadi gempa bumi.
  • Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia dan pertemuan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
  • Pertemuan lempeng besar ini sangat rawan bergerak dan mengalami patahan yang mengakibatkan gempa.
  • Indonesia juga terletak diantara dua jalur gunung api aktif sehingga pergerakan magma di bawah tanah Indonesia cukup aktif yang mengakibatkan sering terjadi gempa.

Namun sejatinya tidak semua daerah di Indonesia sering mengalami gempa. Daerah seperti Kalimantan tercatat cukup jarang mengalami gempa dibanding daerah Nusa Tenggara Barat atau Pulau Sumatera bagian utara.

Jika rawan gempa bagaimana solusinya ?

Tidak ada yang bisa memprediksi dengan pasti kapan gempa bumi akan terjadi. Kenapa tidak bisa diprediksi ? Jelas karena teknologi yang manusia memiliki belum mampu mengukur pergerakan lempeng yang memiliki ukuran sangat besar atau pergerakan magma yang jalurnya tidak diketahui dengan pasti.

Oleh karena itu yang bisa kita lakukan adalah Waspada dan selalu waspada. Waspada tidak selalu berarti kita terus memantau dan khawatir terhadap gempa.

Waspada bisa berarti kita peduli terhadap risiko gempa bumi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah menyiapkan infrastruktur anti gempa. Saat membangun rumah misalnya, Buatlah rumah yang tahan terhadap gempa.

Atau minimal rumah yang jika digoyang oleh gempa tidak langsung roboh, namun masih memberikan waktu bagi penghuninya untuk menyelamatkan diri.

Tinggal di mana pun selalu memiliki resiko tersendiri. Namun dengan mengetahui dan waspada terhadap risiko tersebut tentunya kita dapat terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam yang tidak dapat kita prediksi kapan datangnya.

Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Pembaca sekalian. Terima kasih sudah berkunjung.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar