Skip to main content

Jenis Pembelaan dalam Advokasi

Advokasi merupakan sejumlah tindakan yang dimaksudkan untuk menarik perhatian masyarakat tehadap suatu isu, dan mengontrol para pengambil kebijakan untuk mencari solusinya.

Pembelaan dalam Advokasi

Advokasi adalah  pembelaan suatu perkara dalam suatu koridor hukum yang berlaku di negara tertentu. Jenis-jenis pembedaan advokasi, yaitu :

1.     Advokasi litigasi dan non litigasi (pengadilan – di luar pengadilan)

2.     Advokasi kasus dan non kasus (kebijakan)

3.     Advokasi Pengorganisasian dan Legislasi ( Atas – bawah )

4.     Advokasi pemenuhan hak asasi,politik dan ekonomi, sosial, budaya

Advokasi merujuk pada suatu usaha sistematik dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendesakkan perubahan dengan memberikan dukungan dan pembelaan terhadap  kaum lemah.

Advokasi juga menempatkan korban kebijakan sebagai subjeknya, boleh menjadi alat siapa saja yang ingin memperjuangkan perubahan kebijakan untuk tegaknya keadilan sosial, bermain dalam arena politik tanpa harus menjadi politisi,membutuhkan daya cipta dan imajinasi yang tinggi.

Contoh Advokasi

Contoh advokasi yang sederhana saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa di kampus adalah dengan menyuarakan pendapatnya untuk membantu masyarakat menanggapi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan.

Bentuk turun ke jalan sebenarnya juga merupakan bentuk advokasi dimana mahasiswa turut peduli terhadap masyarakat, menyuarakan pendapatnya sebagai kaaum terpelajar yang dianggap lebih mengetahui subtansi permasalahan.

Demikian mengenai jenis pembelaan dalam advokasi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga : Fungsi Advokasi, Jenis Advokasi

Sumber referensi : kompasiana.com
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar