Skip to main content

Istilah-istilah dalam Saham dan Artinya

Beberapa istilah-istilah lain dalam Saham dan artinya


Prospektus adalah dokumen hukum formal yang disyaratkan oleh dan diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC) yang memberikan rincian tentang penawaran investasi untuk dijual kepada publik.

Red Herring Prospectus adalah dokumen yang diajukan oleh perusahaan (penerbit) sebagai bagian dari penawaran umum sekuritas (baik saham atau obligasi). Paling sering dikaitkan dengan penawaran umum perdana (IPO). Dokumen ini, seperti pernyataan pendaftaran Formulir S-1 yang diajukan sebelumnya harus diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC).

Best effort arrangement adalah istilah kontrak di mana penjamin emisi berjanji untuk melakukan upaya terbaik mereka untuk menjual sebanyak mungkin penawaran sekuritas (misalnya, IPO). Perjanjian best-effort digunakan terutama untuk sekuritas dalam kondisi pasar yang kurang ideal atau dengan risiko yang lebih tinggi, seperti penawaran yang tidak semestinya.

Perjanjian penjaminan adalah kontrak antara sekelompok bankir investasi yang membentuk grup penjaminan atau sindikat, dan perusahaan penerbit dari masalah sekuritas baru. Perjanjian penjaminan mengandung rincian transaksi, termasuk komitmen kelompok underwriting untuk membeli efek baru sekuritas, harga yang disepakati dan harga jual kembali awal.

Refunding adalah menebus isu obligasi pada saat jatuh tempo dengan menggunakan hasil dari isu utang baru.

Project Funding atau pembiayaan proyek adalah pembiayaan infrastruktur jangka panjang, proyek industri dan layanan publik menggunakan struktur keuangan non-recourse atau terbatas.

Securitization atau Sekuritisasi adalah prosedur di mana penerbit merancang instrumen keuangan dengan menggabungkan berbagai aset keuangan dan kemudian memasarkan tingkat instrumen yang dikemas ulang kepada investor.

Maturity Matching adalah koordinasi arus kas masuk organisasi dengan arus kas keluar dengan mencocokkan jatuh tempo aset yang menghasilkan pendapatan (seperti sertifikat deposito) dengan jatuh tempo bunga yang menimbulkan kewajiban (utang).

declaration date adalah Tanggal di mana dewan direksi perusahaan mengumumkan pembayaran dividen berikutnya. Pernyataan ini termasuk ukuran dividen, tanggal ex-dividen, dan tanggal pembayaran. Tanggal deklarasi juga disebut sebagai "tanggal pengumuman."

holder-of-record date adalah Tanggal dimana pemegang saham yang tercatat dalam buku besar perusahaan ditetapkan sebagai penerima dividen atau hak saham. Juga disebut tanggal catatan atau tanggal pencatatan

ex-dividend date adalah tanggal yang tidak terhitung untuk mendapatkan dividen. Bila kita membeli saham pada hari ex-dividend, maka tidak akan mendapatkan dividen

payment date adalah Tanggal pembayaran adalah tanggal di mana dividen saham dinyatakan dijadwalkan untuk dibayar.

DRIP adalah rencana yang ditawarkan oleh perusahaan yang memungkinkan investor menginvestasikan kembali dividen tunai mereka ke saham tambahan atau saham pecahan dari saham yang mendasarinya pada tanggal pembayaran dividen.

stok split adalah pemecahan jumlah lembar saham menjadi jumlah lembar yang lebih banyak dengan menggunakan nilai nominal yang lebih rendah per lembar sahamnya secara proporsional

stok dividen adalah adalah pembayaran dividen yang dilakukan dalam bentuk saham tambahan.

stock buyback atau pembelian kembali saham perusahaan adalah suatu kegiatan dimana perusahaan melakukan pembelian kembali atas saham mereka yang telah beredar di pasar bursa, yang telah dimiliki oleh para pemegang saham.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar