Skip to main content

Cara menguji SEM dengan AMOS

Structural Equation Modelling merupakan metode uji statistik yang menggunakan model kompleks. Uji SEM biasanya dilakukan untuk mengetahui adanya variable mediasi, efek langsung dan efek tidak langsung dari suatu variabel.

Berikut ini saya akan menjelaskan langkah mudah untuk menguji SEM dengan bantuan software AMOS untuk mengetahui nilai estimasi beta dan tingkat signifikansi berdasarkan p value. Bagusnya AMOS bisa langsung menunjukkan tingkat signifikansi dengan bintang *** seperti yang sering ditemui pada jurnal Internasional.

Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Tentukan variabel, khususnya variabel terikat dan variabel bebasnya.
  2. Terjemahkan kasus ke dalam kerangka berpikir dan model penelitian.
  3. Buat konstruk penelitian berdasarkan faktor loadingnya.
  4. Siapkan datanya, masukan ke excel atau spss dan pastikan sudah sesuai dengan konstruk penelitian.
  5. Siapkan software AMOS.
  6. Gambar sesuai model kerangka penelitian.
  7. Import data dari excel atau SPSS.
  8. Masukan masing-masing variabel dan faktor loading ke AMOS.
  9. Tambahkan faktor nilai residual ke variabel endogen (terikat) dan variabel mediasi.
  10. Klik plugin lalu klik name observed variable untuk memberi nama variabel secara otomatis.
  11. Buka analysis properties, tentukan metode estimasi pengujian yang akan digunakan, jika menggunakan sampel kecil (100 sampai 200) gunakan metode Maximum likelihood.
  12. Tentukan pula output yang diharapkan, misalnya direct & indirect effect, mean, dll.
  13. Simpan kembali model AMOS.
  14. Klik analyze dan pilih calculate estiamate.
  15. Klik Tab output pada pojok kanan atas, kemudian akan terlihat nilai estimasi (beta) untuk masing-masing hubungan variabel dan faktor loading.
  16. Ada dua tipe pengujian yaitu standarized dan unstandarized, standarized artinya nilai estimasi sudah distandarisasi dengan standar deviasi masing-masing variabel, sementara unstandarized belum.
  17. Klik view, kemudian pilih text output, sehingga muncul tabel statistik hasil pengujian.
  18. Klik pada bagian estimate, akan muncul nilai estimasi (beta), p value dan signifikansi p value yang digambarkan dengan bintang (***).


Demikianlah mengenai cara menguji SEM dengan AMOS, selanjutnya pada video berikut akan saya jelaskan mengenai cara menggunakan aplikasi AMOS khususnya untuk menguji efek mediasi.

Untuk file data statistiknya bisa diunduh melalui link berikut ini.

Video pengujian SEM dengan AMOS.

Demikian artikel tentang AMOS ini, semoga bisa membantu dan silahkkan berkomentar untuk melengkapi dan menyempurnakan postingan ini karena saya sendiri masih belajar.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar