Skip to main content

Asal Usul Bikini Bottom - Bikini Atoll

Bikini Bottom yang kita kenal melalui film SpongeBob SquarePants ternyata benar-benar ada. Tempat tersebut bukanlah fiksi seperti apa yang kita duga selama ini.

Bikini Bottom yang kita ketahui selama ini adalah sebuah tempat di Samudra Pasifik yang bernama bikini atoll. Dalam film SpongeBob SquarePants, sebelum memulai sebuah episode terkadang kita melihat kamera menyorot pulau kecil dengan 3 buah pohon palem.

Bikini atoll ialah sebuah tempat yang berada di wilayah negara mikronesia bagian dari kepulauan Marshall di Samudra Pasifik. Wilayah ini terletak di utara khatulistiwa dan diterima sebagai situs warisan dunia pada tahun 2010 yang ditetapkan oleh UNESCO.

Kepulauan Marshall sendiri ditemukan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1600 Masehi. Tempat ini pernah diambil alih oleh Jerman untuk dijadikan tempat produksi minyak kopra dari buah kelapa.

Dalam periode perang dunia ke-2 bikini atoll sempat dikuasai oleh Jepang hingga akhirnya Amerika Serikat berhasil menduduki kepulauan Marshall dan bikini atoll. Di sinilah pernah terjadi pertumpahan darah antara Jepang dan Amerika Serikat yang dimenangkan oleh Amerika Serikat.

Tempat ini sejatinya merupakan lokasi praktek uji coba nuklir yang dilakukan semenjak Perang Dunia ke 2. Uji coba nuklir di tempat ini menghasilkan efek radiasi yang berbahaya bagi manusia termasuk biota laut di bawahnya. Uji nuklir ini dilakukan pada bulan Desember 1945.

Presiden Harry S. Memerintahkan angkatan darat dan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk menguji efek bom atom kapal perang Amerika. Bikini atoll dipilih menjadi lokasi Uji nuklir karena letaknya yang paling jauh dari pemukiman dan pulau-pulau lainnya.

Mungkin inilah yang menjadi inspirasi penciptaan karakter SpongeBob SquarePants dan teman-temannya sebagai kritik terhadap uji nuklir yang dilakukan di tempat ini.

Demikian asal usul Bikini Bottom yang kita kenal lewat film SpongeBob SquarePants karya Stephen hillenburg. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Pembaca sekalian.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar