Skip to main content

Hidup di Kota Besar Terkadang Kurang Sehat, Kenapa ?

Kesehatan merupakan isu yang sangat sering muncul di berbagai media cetak maupun elektronik. Jika kita sadari rutinitas dan pola hidup kita ternyata kurang sehat. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar dengan beragam kesibukan yang sering membuat kita lupa akan pentingnya kesehatan. Berikut adalah alasan kenapa hidup di kota besar sering menjadi kurang sehat.

Kesibukan yang membuat stres

Hidup di kota besar tentu saja tidak bisa terlepas dari stres akibat berbagai kesibukan yang kita jalani. Pindah ke kota baik untuk bekerja ataupun melanjutkan pendidikan akan menjadikan aktivitas kita sangat padat dan tidak jarang menimbulkan stress. Stres yang menumpuk dari waktu ke waktu bisa direspon negatif oleh tubuh sehingga menurunkan daya tahan tubuh yang membuat kita cepat sakit.

Oleh karena itu sebaiknya diimbangi dengan kegiatan rekreasi yang bisa melepas stres. Misalnya berlibur ke desa, jalan-jalan ke pantai atau mencoba pergi ke tempat yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Jarang ada waktu berolahraga

Hidup dengan rutinitas dan aktivitas yang padat seringkali membuat kita lupa berolahraga. Pekerjaan di kota besar tentu saja lebih banyak duduk dan berpikir sehingga bagian tubuh yang lain relatif jarang bergerak. Bahkan untuk berjalan pun relatif kurang karena sudah dimanjakan oleh adanya eskalator dan kendaraan. Jarang bergerak akan membuat tubuh semakin lemah dan mudah sakit.

Oleh karena itu hidup di kota besar harus sering berolahraga. Kabar baiknya di kota besar banyak tersedia fasilitas kebugaran seperti Gym atau Sport Center. Berolahraga itu penting untuk membuat tubuh tetap sehat dan menghindari obesitas atau kegemukan.

Terkontaminasi bahan kimia

Tinggal di kota besar tentunya kita tidak pernah terlepas dari berbagai bahan kimia yang menempel atau masuk ke tubuh kita. Mulai dari bahan makanan yang mengandung bahan kimia sintetis, sabun dan kosmetik yang pasti mengandung bahan kimia serta konsumsi makanan cepat saji yang memiliki bahan kimia yang berbahaya. Kontaminasi bahan kimia tersebut meskipun sedikit tetapi lama-kelamaan bisa mengancam kesehatan tubuh kita.

Di kota besar makanan organik yang alami tanpa pengawet merupakan benda yang sangat mahal. Sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasak sendiri dan membeli bahan makanan yang tidak mengandung pengawet atau bahan kimia lainnya.

Polusi udara

Di kota besar tentu saja jumlah kendaraan lebih banyak dan lebih sering berlalu-lalang di jalanan. Oleh karena itu polusi udara sudah tidak bisa dihindari. Sering menghirup polusi udara pastinya akan mengancam kesehatan cepat atau lambat. Apalagi ditambah dengan kebiasaan merokok ia akan membuat udara dalam tubuh semakin buruk.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menanam pohon di rumah untuk mengurangi polusi dan memperbaiki kualitas udara. Namun jika tidak memungkinkan untuk menanam pohon, kita bisa membuat pot tanaman yang diletakkan di teras apartemen.

Bahaya radiasi

Hidup di kota besar dengan aktivitas yang sedemikian banyak mengharuskan kita menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop maupun handphone. Selain itu aktivitas waktu senggang di kota besar juga lebih banyak digunakan untuk menonton TV. Bahaya radiasi sinar biru selalu mengancam terutama untuk kesehatan mata dan otak. Karena itu tidak jarang kita melihat orang berkacamata.

Kita bisa mengurangi dampak tersebut dengan cara mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali. Usahakan dalam satu hari jangan hanya melihat objek dekat, Namun kita harus menyempatkan diri untuk melihat benda jauh seperti langit atau lingkungan sekitar.

Demikianlah menurut saya Kenapa tinggal di kota besar itu terkadang menjadi kurang sehat. Mungkin dalam jangka waktu 1 sampai 2 tahun tidak akan terasa. Namun jika kita tidak mengembangkan hidup sehat, dalam jangka waktu 5 tahun saja akan terasa efek penurunan kesehatan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar