Skip to main content

Cara Melatih Otak dengan Mudah Dan Cepat

Melatih otak agar lebih cerdas

Melatih otak agar menjadi lebih pintar merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Namun banyak yang belum tahu bagaimana melatih otak agar bisa menjadi lebih cerdas dari sebelumnya.

Sederhananya kita bisa melatih otak agar lebih cerdas dengan cara terus berpikir. Otak harus terus digunakan untuk berpikir dan memecahkan berbagai permasalahan. Melatih otak diibaratkan seperti mengasah pisau terus menerus agar semakin tajam.

Jika tidak pernah dilatih sejak dini maka otak akan cenderung malas berpikir dan menjadi lambat atau lemot. Otak yang kurang cepat berpikir sering dijuluki telmi atau telat mikir. Disebut juga lola atau loading lambat.

Nah agar tidak disebut demikian berikut dibiaskan cara mengasah otak agar lebih tajam dan cepat. Simak selengkapnya.

Berlatih Lebih Sering

Kunci dari cara melatih otak agar lebih cerdas adalah dengan sering latihan. Semakin sering latihan semakin baik. Kita juga harus fokus terhadap kecerdasan yang ingin kita kuasai. Misalnya jika ingin pintar matematika maka kita harus fokus dan sering berlatih mengerjakan soal-soal matematika. Mulailah dengan lafal yang sederhana dan mudah dikerjakan sehingga otak tidak terkejut. Jangan melatih otak dengan sesuatu yang rumit terlebih dahulu karena itu akan membuat anda stres.

Istirahat yang Cukup

Semakin sering berlatih memang semakin baik untuk melatih kecerdasan otak. Namun otak juga seperti organ-organ lainnya yang membutuhkan waktu istirahat cukup.  Jangan terlalu membebani otak berlama-lama. Pastikan anda beristirahat yang cukup terutama dengan tidur sekitar 8 jam sehari. Ini akan membuat otak anda tetap fresh dan siap dilatih agar lebih cerdas.

Kurangi Mengkonsumsi MSG

MSG atau monosodium glutamat merupakan salah satu zat penyedap rasa yang banyak digunakan pada micin. MSG dapat mempengaruhi pikiran otak mengenai rasa. Anda mungkin berpikir bahwa makanan akan lebih sedap jika ditambah MSG misalnya vetsin. Sejatinya hal tersebut adalah tipuan kimiawi terhadap otak agar menganggap rasa makanan lebih nikmat. MSG diketahui dapat merusak kesehatan otak terutama untuk balita dan anak-anak. Kandungan MSG dalam tubuh diketahui dapat memperlambat perkembangan otak. Ini akan membuat anak-anak sulit berpikir dan tidak kreatif. Jadi hindari menggunakan MSG pada makanan terutama untuk konsumsi anak-anak dan ibu hamil.

Hindari Stres yang Berlebihan

Meskipun dilatih lebih sering akan dapat meningkatkan kecerdasan otak namun jangan melatih otak dengan memberikan beban yang berlebihan. Melatih otak dengan cara seperti itu akan dapat menyebabkan stres yang justru tidak akan baik untuk kesehatan otak. Stres yang berlebihan dapat merusak sistem saraf otak karena terlalu tegang. Stres yang berlebihan akan berujung pada stroke yang dapat membuat bagian otak tertentu mati permanen. Maka dari itu hindari stres berlebihan agar dapat melatih otak dengan lebih baik.

Refreshing itu Sangat Perlu

Jika di atas saya menyebutkan agar istirahat yang cukup untuk kesehatan fisik otak, kita juga perlu melakukan refreshing untuk memperbaiki kondisi pikiran. Refreshing adalah cara mengistirahatkan pikiran dan mengurangi stres. Pikiran yang ruwet tidak akan bisa diselesaikan dengan cara tidur panjang. Jika anda pernah lelah berpikir atau terlalu memikirkan sesuatu justru kita tidak bisa tidur dengan baik. Oleh karena itu kita butuh refreshing agar pikiran bisa fresh kembali. Cara refreshing bisa dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, berwisata ke alam bebas, shopping atau bermain game.

Nah itulah dia cara-cara melatih otak agar lebih cerdas dan tidak lambat dalam berpikir.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar