Skip to main content

Ukuran Resolusi Gambar Untuk Mencetak Desain

Kita seringkali dihadapkan pada masalah percetakan poster. Banyak lembaga yang membutuhkan poster spanduk maupun baliho untuk berbagai kegiatan. Mencetak desain poster, banner, spanduk maupun baliho biasanya dilakukan untuk kegiatan sekolah, kegiatan mahasiswa, kegiatan karang taruna, kegiatan organisasi masyarakat hingga kebutuhan partai politik. Semua sarana tersebut digunakan untuk kepentingan kampanye.

Ukuran Resolusi Gambar Untuk Mencetak Desain


Ternyata masih banyak yang bingung saat ingin mencetak gambar hasil desain spanduk poster maupun baliho. Mereka sering bertanya Berapa ukuran resolusi gambar yang dibutuhkan untuk mencetak gambar tersebut ? Berikut saya berikan beberapa saran untuk ukuran resolusi gambar saat mencetak desain poster spanduk dan baliho.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan ukuran yang digunakan dalam mencetak desain poster spanduk baliho maupun banner biasanya adalah DPI. DPI adalah singkatan dari dot per inch. Artinya setiap ukuran 1 x 1 inci terdapat 72 titik printing. Semakin banyak titik printing per 1 inci maka semakin detail gambar yang dihasilkan oleh printer begitu juga sebaliknya.

Mencetak spanduk untuk outdoor

Jika ingin mencetak spanduk poster baliho banner dan sebagainya untuk kepentingan outdoor maka gunakanlah resolusi gambar minimal berukuran 72 DPI. Ukuran tersebut sudah cukup terlihat dari jarak 1 meter dan harganya relatif lebih murah. Dengan ukuran 72 DPI juga bisa menggunakan printer biasa dan proses mencetak lebih cepat.

Jika anda pergi ke Jasa printing maka harga cetak outdoor adalah pilihan yang paling murah. Jika spanduk atau poster diletakkan di outdoor atau luar ruangan biasanya di lihat orang dari jarak 2 hingga 10 meter. Kita tidak terlalu membutuhkan gambar yang terlalu detail tetapi kita perlu gambar yang besar yang mudah terlihat oleh orang-orang. Contoh percetakan untuk outdoor misalnya spanduk ucapan hari raya iklan kegiatan mahasiswa hingga baliho calon pejabat.

Mencetak spanduk untuk indoor

Sebaliknya jika ingin mencetak spanduk atau poster untuk diletakkan di dalam ruangan maka resolusi gambar harus ditingkatkan menjadi 150 DPI. Hal ini dikarenakan jika meletakkan spanduk di dalam ruangan biasanya orang Melihat lebih dekat dalam jarak 1 sampai 5 meter. Kita bisa menyajikan informasi lebih detail mengenali suatu objek yang ingin kita tampilkan. Contoh penggunaan spanduk indoor seperti iklan produk iklan layanan masyarakat hingga portofolio proyek.

Mencetak untuk foto biasa

Pas foto biasa untuk foto keluarga bisa dicetak dengan ukuran minimal 200 DPI. Beberapa desain yang berisi gambar biasanya memiliki tingkat detail yang tinggi. Majalah majalah dan brosur biasanya juga menggunakan resolusi 200 DPI. Ukuran ini juga bisa diterapkan untuk mencetak spanduk indoor yang lebih detail. Ukuran ini masih cukup baik sehinggga ukuran file Anda juga tidak akan terlalu besar.

Mencetak untuk foto detail

Mencetak foto untuk pas foto detail seperti penggunaan untuk prawedding dan kontes fotografi sebaiknya menggunakan resolusi 300 DPI. Dengan begitu hasil foto akan terlihat tajam dan detail. Apalagi dalam foto tersebut terdapat bentuk-bentuk yang rumit dan kecil-kecil. Namun untuk mencetak desain dengan ukuran 300 DPI dibutuhkan printer dengan kualitas tinggi sehingga harga cetak maupun relatif lebih mahal.



Jika masih bingung dengan format gambar digital, bisa dibaca selengkapnya artikel berikut ini :
Demikian mengenai ukuran resolusi gambar untuk mencetak desain.  Semoga tidak salah lagi dalam memilih ukuran gambar. Terima kasih sudah berkunjung.

Diambil dari referensi pribadi
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar