Skip to main content

Tips Memilih dan Merakit Hardware Komputer (PC)

Meskipun perkembangan laptop dan tablet sudah semakin menjamur menggeser eksistensi komputer desktop, Namun ternyata komputer desktop masih laku beras di pasaran.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan mengolah data yang tinggi dan daya tahan penggunaan yang sangat kuat. Selain itu komputer desktop juga dapat dicicil dengan cara membeli satu persatu komponen yang diinginkan. Berbeda dengan komputer tablet dan laptop yang harus dibeli sekali dan tidak dapat di upgrade lagi.

Tips Memilih dan Merakit Hardware Komputer (PC)

Merakit PC bukan hanya sekedar membeli komponen-komponen kemudian menyatukannya menjadi perangkat komputer. Butuh ketelitian dalam memilih komponen seperti CPU motherboard RAM dan memori ROM sehingga menghasilkan kinerja PC yang maksimal.

Dalam memilih hardware komputer ada tips yang bisa diikuti sehingga tidak salah memilih dan tidak membuang-buang sia-sia. Caranya adalah dengan menggunakan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut adalah tips memilih hardware komputer yang benar.

Prioritaskan pada kebutuhan bukan keinginan

Sebelum membeli hardware komputer harus tau dulu komputer seperti apa yang akan dibangun nantinya. Jika ingin membangun PC untuk bermain game Pilihlah opsi dengan mengutamakan kualitas gpo atau grafik Processing Unit. Salah satu brand yang terkenal seperti Nvidia yang dapat memberikan pengalaman gaming yang bagus.

Namun jika digunakan untuk mendesain editing video maupun 3D modeling untuk para arsitek dan desainer interior bisa memilih puisi dengan mengutamakan jumlah track dalam CPU. Pilihlah processor dengan banyak chord Seperti Intel i7 atau AMD Frozen.

Hal tersebut juga berlaku untuk komponen-komponen lainnya seperti dalam memilih layar serta perangkat tambahan pada audio mouse dan keyboard. Untuk Komputer gaming misalnya sebaiknya menggunakan mouse dan keyboard khusus gaming harga layar yang jernih Dan tidak merusak mata.

Untuk para desainer dan video editor sebaiknya memilih layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi sehingga hasil desain dan hasil cetak tidak terlalu berbeda.

Kualitas masing-masing komponen

Perhatikan juga kualitas masing-masing komponen yang dibeli.  masing-masing komponen biasanya diproduksi oleh produsen yang berbeda sehingga harus sangat diperhatikan Apakah komponen-komponen tersebut sudah cocok atau belum.

Misalnya untuk survei jenis Intel mungkin memerlukan motherboard type tertentu yang tidak bisa digunakan untuk AMD. Sangat sulit memang untuk menghafal komponen mana yang cocok saat ini.

Namun hal tersebut bisa dilihat pada spesifikasi masing-masing komponen.  jika masih ragu sebaiknya meminta bantuan kepada penjual atau agen resmi.

Tidak masalah jika kita memutuskan untuk membeli komponen bekas dengan spek tinggi untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun membeli perangkat elektronik bekas tentunya sangat beresiko daripada membeli barang bekas lainnya. 

Perangkat elektronik seperti CPU RAM dan motherboard sangat rentan rusak dan akan rugi besar jika tidak mendapatkan garansi. Saya tidak menyarankan untuk membeli barang-barang tersebut dalam kondisi bekas. Namun untuk komponen lain seperti layar speaker keyboard maupun casing dapat dibeli dalam kondisi bekas asalkan diperhatikan kondisi barangnya.

Menyesuaikan dengan budget yang tersedia

Salah satu kendala yang paling umum dihadapi oleh orang-orang dalam merakit PC adalah ketersediaan dana. Untuk itu sebaiknya kita membuat daftar barang-barang yang akan dibeli sesuai dengan skala prioritas.

Letakkan komponen utama seperti CPU motherboard RAM dan grafis dalam list teratas. Hal ini untuk mendapatkan gambaran biaya minimum yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan komputer dengan performa terbaik yang bisa didapatkan. Setelah itu barulah memikirkan harga layar speaker Mouse keyboard casing dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan Pilihlah komponen dengan generasi terbaru seperti RAM DDR5 atau motherboard dengan seri terbaru sehingga nanti jika ingin di upgrade tidak perlu mengganti lagi. Komponen yang sering di upgrade biasanya adalah CPO dan grafis prosesor.

Membandingkan harga

Jika harga yang dihasilkan terlalu mahal maka gunakanlah alternatif. Seperti misalnya dalam memilih prosesor, AMD dapat menjadi pilihan prosesor yang murah dengan kualitas yang tidak kalah. Begitu juga untuk pemula penilaiannya bisa diterapkan cara ini.

Setelah mendapatkan gambaran tentang harga yang harus dibayar untuk mendapatkan rakitan terbaik maka Saatnya untuk memilih toko atau penjual yang tepat. Dalam hal ini perlu juga di bandingkan harga dari masing-masing penjual komponen. Setiap penjual mendapatkan barang melalui cara yang berbeda sehingga tentang harga yang dijual pun juga bisa berbeda.

Meskipun demikian perbedaan harga antara penjual biasanya berkisar Sekitar lima persen saja. Oleh karena itu perlu juga diperhatikan mengenai reputasi penjual termasuk dalam kemampuannya menyediakan garansi.

 itulah beberapa tips utama dan bisa diikuti untuk dapat memilih komponen hardware PC yang tepat.  selain tips di atas garis berikut merupakan tips tambahan yang juga dapat diikuti agar setelah membeli PC tidak menyesal.

Menghitung tegangan yang diperlukan

Seperti yang diketahui bahwa masing-masing komponen dalam PC mengkonsumsi daya listrik yang berbeda-beda. Biasanya semakin tinggi spek komputer maka semakin besar daya listrik yang dibutuhkan. Hal tersebut juga tidak terlepas dari perangkat tambahan seperti layar maupun speaker yang pastinya akan menambah konsumsi listrik.

Jika teman-teman masih memiliki masalah dalam penyediaan listrik untuk menyalakan komputer jangan sampai membeli atau merakit PC yang mengkonsumsi listrik melebihi kemampuan daya listrik rumahan masing-masing.

Perhatikan sistem pendingin

Komputer yang bekerja terus-menerus pastinya akan cepat panas. Panas yang melebihi standar yang ditetapkan oleh pabrik dapat merusak hardware komputer. Kerusakan hardware karena panas berlebih biasanya juga tidak ditanggung oleh garansi pabrik.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan sistem pendingin terutama yang ada pada CPU. Pilihlah casing dengan kipas yang kuat dan kencang. Selain itu kipas tersebut juga harus mampu bekerja dalam waktu yang lama. Apalagi jika komputer digunakan untuk bermain game melakukan proses rendering atau 3D modeling pastinya akan cepat sekali panas.

Daya listrik cadangan dengan PSU

Review atau power supply unit merupakan alat yang berfungsi untuk menyediakan listrik sementara menggantikan sumber listrik utama yang mati mendadak. Kenapa ini sangat penting karena di Indonesia kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi pemadaman listrik. Bisa saja karena gardu meledak kabel terpotong pohon dan lain sebagainya.

Dampak mati listrik mendadak terhadap hardware komputer sangatlah beresiko. Konsleting akan menyebabkan hardware rusak atau bahkan mati total.  hal ini juga tidak akan ditanggung oleh garansi pabrik. Oleh karena itu setidaknya sediakan satu unit baru yang akan membackup cadangan daya saat listrik mati.

Warna warni casing


Selain dari segi fungsional perlu juga diperhatikan mengenai tampilan komputer. Memilih warna-warna casing jika memungkinkan maka gunakanlah satu tema sehingga akan mempercantik tampilan kumputer yang dirakit. Meskipun tidak dibeli dalam satu brand, tetapi warna-warna umum seperti hitam putih atau merah pasti tersedia untuk semua merek komponen yang kita beli.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih dan merakit komputer, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sebelum merakit PC idaman.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar