Skip to main content

Tabel Perbedaan Pemasaran dan Penjualan


Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Banyak orang yang mengidentikkan pemasaran dengan penjualan. Beberapa dekade lalu mungkin definisi pemasaran masih sama dengan penjualan, namun kini definisi pemasaran berbeda dengan penjualan. Berikut Tabel Perbedaan Pemasaran dan Penjualan.


Tabel Perbedaan Pemasaran dan Penjualan


Pemasaran Penjualan
Menekankan pada keinginan konsumen (Customer’s want) Menekankan pada produk yang ditawarkan
Kepuasan konsumen adalah hal yang paling penting Penjualan adalah dorongan utama
Kebutuhan konsumen pertama kali akan diidentifikasi, kemudian menentukan produk, menjual produk dan mendapatkan profit Membuat produk lebih dulu, kemudian menjual dan mendapatkan profit tanpa mengidentifikasi kebutuhan konsumen.
Berorientasi pada pasar eksternal Berorientasi pada internal perusahaan
Kebutuhan pelanggan adalah dorongan utama Tujuan perusahaan sebagai dorongan
Segmen pasar menentukan harga, harga menentukan biaya Biaya produksi sebagai penentu harga
Konsumen adalah tujuan utama perusahaan Konsumen adalah rantai terakhir dalam penjualan.
Fungsi yang mengubah kebutuhan konsumen menjadi produk Aktivitas mengubah barang menjadi uang kas



Pentingnya Pemasaran

Orang maupun organisasi secara formal ataupun informal terlibat pada aktivitas yang disebut pemasaran.  Dalam kegiatan sehari – hari tanpa sadar pun kita dilibatkan oleh proses pemasaran seperti halnya iklan dan promosi yang sering kita lihat di plank jalan maupun yang ditayangkan di radio dan televisi. 

Kegiatan pemasaran menjadi unsur yang sangat vital dan berperan penting dalam keberhasilan semua bisnis. Pemasaran juga dapat menaikkan profit sebuah perusahaan dan menjadikan bisnis tersebut menjadi bertumbuh dengan pesat.

Ruang Lingkup Pemasaran

American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelangga dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya (Kotler dan Keller, 2009).

Pemasaran merupakan penyampaian kebutuhan-kebutuhan hidup individu. Hal ini berkaitan dengan mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh pelanggan, kemudian merencanakan dan mengembangkan produk maupun jasa untuk memuaskan kebutuhan serta bagaimana penetapan harga, promosi, saluran distribusi yang tepat.

Tujuan sebuah bisnis adalah untuk menciptakan pelanggan yang menekankan pada dua aspek yaitu mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan mengelola bisnis untuk memenuhi kebutuhan konsumen (Joshi, 2012). Maka dapat disimpulkan bahwa inti dari pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.

Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adalah “memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan” Sebagian orang sering salah dengan menyamakan pemasaran sering disamakan penjualan.

Penjualan (selling) merupakan tujuan internal dari sebuah bisnis. Penjualan lebih ditekankan pada transaksi, maka merupakan bagian dari kegiatan pemasaran. Ruang lingkup pemasaran lebih luas dan lebih bersifat dinamis.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar