Skip to main content

Tabel Perbedaan Sifat Barang dan Jasa Lengkap


Tabel Lengkap Perbedaan Sifat Barang dan Jasa :


Barang Jasa
berwujud tidak berwujud
berbentuk tidak berbentuk
terlihat tidak terlihat
dapat disimpan tidak dapat disimpan
dapat dipindah tidak dapat dipindah
dapat digantikan tidak dapat digantikan
dapat diproduksi kembali tidak dapat diproduksi kembali
terbatas tidak terbatas
terukur sulit diukur
bisa distandarisasi sulit distandarisasi
tidak langsung dikonsumsi langsung habis dikonsumsi
revenue dari produk revenue dari kumpulan jasa
penjualan terpisah penjualan bagian dari jasa
bisa diangkut penyedia jasa yang diangkut
bisa produksi otomatis training dan SOP untuk penyedia


Barang dan jasa sejatinya sama-sama merupakan pemuas kebutuhan manusia. Hanya saja barang dan jasa memiliki perbedaan karakteristik yang cukup signifikan. Berikut sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara barang dan jasa berdasarkan sifat dan ciri-cirinya.

Barang

Barang-barang fisik merupakan bagian terbesar dari usaha produksi dan pemasaran. Produk makanan, minuman, pakaian, mobil, elektronik. Dengan adanya internet pemasaran barang ini bukan hanya perusahaan, tetapi individu dapat memasarkan secara efektif.

Jasa

Jasa adalah semua tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak pada pihak lainnya yang tidak menghasilkan kepemilikian apapun. Semakin baik pertumbuhan ekonomi, maka semakin besar porsi aktivitas ekonomi yang berfokus pada jasa.

Kesimpulan 



Kesimpulan dari perbedaan ini adalah bahwa barang dan jasa sama-sama merupakan produk atau hasil output sebuah perusahaan. Namun barang dan jasa memiliki perbedaan karakteristik yang berbeda sejak awal input maupun dalam proses pembuatannya. Hal ini menjadikan perbedaan yang cukup menonjol antara perusahaan barang dan perusahaan jasa.

Tidak ada perusahaan barang murni atau perusahaan jasa murni di dunia nyata. Semua perusahaan barang pasti mengandung jasa walaupun sedikit begitu juga sebaliknya perusahaan jasa pasti menggunakan barang untuk mengoperasikan perusahaannya.

Tolok ukur yang digunakan adalah pada core bisnis atau inti perusahaannya apakah bergerak untuk tujuan menghasilkan barang atau jasa.

Demikianlah mengenai perbedaan barang dan jasa, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca. Jangan lupa untuk like Fanspage kami dan share artikel ini untuk teman-teman yang memerlukan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar