Skip to main content

Selain Pintar, Berikut Keahlian yang Harus Dimiliki Pencari Kerja


Era tahun 80-an dan 90-an kebanyakan orang-orang yang cepat diterima di tempat kerja adalah mereka yang pintar dengan nilai pelajaran yang bagus. Namun perkembangan di era tahun 2000-an terjadi pergeseran, karena perusahaan tidak hanya mencari orang yang pintar saja. Ternyata perusahaan lebih membutuhkan orang yang disiplin, jujur dan bertanggung jawab serta mampu berkomunikasi dengan baik di perusahaan.

Nilai atau IPK tinggi mungkin menjadi syarat administrasi di awal. Namun hanya dengan nilai pelajaran dan IPK yang bagus tidak akan menjamin kamu berhasil ditempat kerja. Nilai pelajaran dan IPK mungkin hanya menjadi perbincangan 1 sampai 2 jam saja saat kamu mulai bekerja.

Selanjutnya  kamu akan dituntut dengan tanggung jawab  kedisiplinan kejujuran serta kemampuan dalam berkomunikasi. Kecuali untuk instansi dan lembaga pemerintahan yang memang menjadikan nilai pelajaran yang IPK yang bagus sebagai persyaratan administrasi yang ketat.

Selain Pintar, Berikut Keahlian yang Harus Dimiliki Pencari Kerja


Banyak  orang yang memiliki nilai pas-pasan yang justru lebih cepat berhasil di tempat kerja ketimbang orang yang memiliki nilai bagus. Hal tersebut karena mereka memiliki soft skill yang lebih baik dibandingkan mereka yang hanya mengandalkan hard skill saja. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa soft skill yang wajib dimiliki jika ingin berhasil di tempat kerja.

Disiplin

Disiplin terutama dalam waktu bekerja. Salah satu sifat yang paling dicintai oleh perusahaan adalah kedisiplinan terutama untuk menyelesaikan deadline pekerjaan. Tak jarang perusahaan memberikan peringkat dan penghargaan kepada karyawan yang paling disiplin. Banyak juga perusahaan yang memberikan bonus kepada karyawan yang disiplin untuk mencapai target tepat waktu.

Percuma juga memiliki karyawan pintar tetapi tidak disiplin dalam bekerja. Bagi perusahaan hal tersebut adalah pemborosan dari sisi waktu dan bayaran yang diberikan akan menjadi sia-sia. Kedisiplinan adalah salah satu soft skill yang wajib dimiliki para pencari kerja saat ini.

Bertanggung jawab

Sikap yang disukai perusahaan selanjutnya adalah bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Perusahaan berani membayar lebih tinggi untuk orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaannya. Sifat bertanggung jawab masih termasuk barang langka yang dimiliki karyawan saat ini.

Terkadang beberapa orang hanya bekerja sesuai waktu yang telah ditentukan. Banyak yang kurang memiliki rasa tanggung jawab dan meninggalkan pekerjaannya tanpa peduli pekerjaan tersebut selesai atau tidak. Inilah yang menjadikan rasa tanggung jawab menjadi barang mahal yang dicari perusahaan.

Jujur dan loyal

Sikap jujur dan loyal merupakan hal penting yang sangat diinginkan perusahaan. Sepintar apapun orangnya jika tidak memiliki kejujuran dalam bekerja maka hal tersebut akan sangat merugikan perusahaan. Apalagi jika ketidakjujuran tersebut dilakukan terhadap uang-uang perusahaan. Tentu saja dalam jangka panjang perusahaan akan rugi besar bahkan bangkrut.

Sementara loyalitas diartikan sebagai rasa setia kepada perusahaan. Orang yang loyal biasanya bekerja cukup lama di sebuah perusahaan dan tidak melompat-lompat ke perusahaan lain demi gaji yang lebih besar. Hal inilah yang juga menjadi barang mahal bagi perusahaan. Perusahaan akan memberikan bonus tahunan yang lebih besar kepada karyawan yang telah lama bekerja di tempat itu.

Ramah dan komunikatif

Sifat berikutnya yaitu keramahan terhadap orang lain di perusahaan. Para atasan juga pasti menyenangi karyawan yang ramah dan menyenangkan. Selain itu menjadi karyawan juga perlu sifat komunikatif dan interaktif. Dengan begitu kita akan lebih dikenal dan lebih cepat dipromosikan. Berbeda dengan orang yang hanya menjadi pendiam mungkin akan sulit diketahui potensinya.

Tidak mengeluh

Satu hal yang penting dalam bekerja adalah jangan mudah mengeluh.  Seperti dalam proses rekrutmen salah satu syarat yang biasanya dicantumkan adalah pekerja yang menyukai tantangan.  Jangan menjadi pekerja yang suka mengeluh saat diberikan pekerjaan. Anggap semua itu sebagai tantangan dan peluang untuk meningkatkan nilai kita atau posisi kita di perusahaan tersebut.

Demikianlah mengenai beberapa hal yang harus dimiliki oleh mencari kerja saat ini selain hanya mengandalkan hard skill atau nilai pelajaran yang bagus. Dalam beberapa kasus bahkan nilai pelajaran di sekolah tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Semoga artikel ini ddapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca dalam menjelajah dunia kerja.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar