Skip to main content

Realitas Pemasaran Modern


Realitas Pemasaran Modern adalah kondisi nyata yang dihadapi oleh produsen dan konsumen dalam era modern dengan segala karakteristiknya. Kondisi saat ini telah banyak mengalami perubahan daripada kondisi terdahulu. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik oleh produsen maupun konsumen sebelum mengambil keputusan ekonomi di era modern ini.

Realitas Pemasaran Modern

Seiring perkembangan waktu, situasi dan kondisi pasar tidak lagi seperti dahulu, di zaman globalisasi yang canggih ini pemasar harus memperhatikan dan merespon sejumlah perkembangan signifikan sebagai realitas pemasaran modern diantaranya:

1. Kekuatan Kemasyarakatan Utama

Kekuatan Kemasyarakatan Utama terdiri dari :
  1. Teknologi informasi jaringan
  2. Globalisasi
  3. Deregulasi
  4. Privatisasi
  5. Persaingan yang meningkat
  6. Konvergensi industri
  7. Resistensi konsumen
  8. Transformasi eceran
  9. Disintermediasi

2. Kemampuan Baru Konsumen

Kemampuan Baru Konsumen yang terdiri dari
  1. Peningkatan yang berarti dalam hal daya beli
  2. Ragam barang dan jasa yang lebih banyak
  3. Sejumlah besar informasi hampir tentang apa saja
  4. Kemudahan yang lebih besar dalam memesan dan menerima pesanan
  5. Kemampuan untuk membandingkan catatan tentang produk dan jasa
  6. Suara yang lebih kuat untuk memengaruhi teman sepergaulan dan pendapat umum.



3. Kemampuan Baru Perusahaan

Kemampuan Baru Perusahaan diantaranya
  1. Pemasar dapat menggunakan internet sebagai saluran informasi
  2. Peneliti dapat mengumpulkan informasi lebih lengkap
  3. Komunkiasi internal lebih cepat melalui internet
  4. Komukasi eksternal dengan pelanggan bisa lebih cepat
  5. Pemasaran target dan komunikasi dua arah menjadi lebih mudah
  6. Pemasar bisa mengirimkan iklan langsung
  7. Mobile marketing dan perusahaan dapat memproduksi barang yang didefernsiasikan
  8. Manajer dapat memperbaiki sistem pembelian, perekrutan, pelatihan dan komunikasi
  9. Pembeli korporat bisa melakukan penghematan
  10. Perekrutan bisa dilakukan secara online

Dengan memperhatikan kondisi pasar tersebut, kita mengetahui bahwa pasar terus mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi dan bertambahnya variasi kebutuhan manusia. Untuk itu, perusahaan harus bisa memposisikan diri baik sebagai rekanan bagi konsumen.

Orientasi perusahaan terus mengalami perubahan, yang awalnya berfokus pada peningkatan kapasitas produksi semata, kini berubah menjadi peningkatan layanan untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Misalnya perusahaan otomotif yang menyajikan layanan purna jual seperti garansi dan asuransi kendaraan. Atau dengan memberikan ekstra diskon untuk tukar tambah kendaraan baru dengan yang lama semasih satu merek.

Sebagai konsumen pun dituntut lebih cerdas, lebih selektif dalam memilih produk. Jangan memilih produk karena asal murah, namun perhatikan juga reputasi produk tersebut. Toko-toko online berusaha merebut hati konsumen dengan menghadirkan fitur testimoni oleh pelanggan yang sudah membeli produk mereka.

Meskipun resikonya jika produk kurang baik akan mendapat testimoni negatif dari konsumen dan justru akan mematikan produk tersebut di pasar. Inilah ciri persaingan global yang transparan, cepat dan sangat ketat.

Demikianlah mengenai Realitas Pemasaran Modern, semoga apa yang disampaikan di atas dapat berguna dan menjadi tambahan wawasan bagi para pembaca.

Jika teman-teman dan sahabat sekalian menyukai artikel maupun tulisan-tulisan dari situs ini, dukung terus situs ini untuk bisa memberikan yang terbaik dengan cara like Fanspage kami, follow sosial media kami, berlangganan artikel dari kami dan share artikel ini untuk teman-teman lain yang memerlukan informasi ini.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar