Skip to main content

Perencanaan Produk: Sifat dan Isi Rencana Pemasaran


Rencana pemasaran adalah dokumen tertulis yang meringkaskan apa yang sudah dipelajari oleh pemasar tentang tempat pasar dan menunjukkan cara perusahaan berencana mencapai tujuan pemasarannya.

Sifat Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran menjadi lebih berorientasi-pelanggan, berorientasi-pesaing, dan dipikirkan lebih baik dan lebih realistis dibanding masa lalu. Rencana-rencana itu menggambarkan lebih banyak input dari semua fungsi dan dikembangkan dalam tim. Perencanaan menjadi satu proses berkelanjutan untuk menanggapi kondisi pasar yang cepat berubah.

Isi Rencana Pemasaran

Berikut merupakan isi rencana pemasaran : 

Ikhtisar eksekutif dan daftar isi

Rencana pemasaran harus dibuka dengan ikhtisar singkat mengenai sasaran dan rekomendasi utama rencana bersangkutan.

Analisis situasi

Bagian ini menyajikan data latar belakang yang relevan tentang penjualan, biaya, pasar, pesaing, dan berbagai kekuatan dalam lingkungan makro.


Strategi pemasaran

Di sini manajer produk menetapkan sasaran misi dan pemasaran serta sasaran keuangan. Manajer juga mendefinisikan kelompok-kelompok dan kebutuhan yang mau dipuaskan oleh tawaran pemasaran. selanjutnya manajer menetapkan penentuan posisi bersaing pada lini produk, yang akan menginformasikan guna mencapai tujuan rencana.

Proyeksi finansial

Proyeksi finansial mencakup ramalan penjualan, ramalan biayaa, dan analisis titik impas. Pada sisi penerimaan, proyeksi menunjukkan volume penjualan per bulan dan per kategori produk. Pada sisi pengeluaran, proyeksi menunjukkan biaya pemasaran yang diharapkan, diuraikan menjadi kategori yang lebih kecil.

Pengendalian implementasi

Bagian terakhir dari rencana pemasaran adalah pengendalian untuk memantau dan mencocokkan implementasi rencana. Biasanya sasaran dan anggaran dipecah menjadi bulan atau kuartal sehingga manajemen dapat meninjau hasil setiap periode dan mengambil tindakan perbaikan sesuai kebutuhan.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar