Skip to main content

Ternyata Perangkat Elektronik Mengandung Emas

Tahukah kalian ternyata di dalam perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone mengandung emas. Hal ini mungkin Terdengar sangat mengejutkan bagi orang-orang Awam namun itulah kenyataannya.

Emas adalah logam mulia yang memiliki sifat spesial tidak mudah bereaksi dengan zat lain. Emas dalam perangkat elektronik banyak digunakan sebagai konduktor dan fungsi-fungsi tertentu.

Penggunaan emas dalam teknologi perangkat elektronik jika ditotal di seluruh dunia mungkin sudah lebih dari 1 kilo ton. Berbagai media online telah melaporkan bahwa dalam satu tahun rata-rata penggunaan emas untuk perangkat elektronik mencapai 300 ton setara dengan 12% dari total emas yang ditambang di seluruh dunia.

Paul Goodman pernah menulis jurnal berjudul “Current and Future Uses of Gold in Electronics”. Dalam jurnal tersebut ia menyatakan cara penggunaan emas dalam perangkat elektronik berfungsi sebagai pelapis logam.

Emas dikenal sangat baik sebagai konduktor elektronik apalagi untuk perangkat bertegangan rendah. Emas juga dikenal karena daya tahan terhadap karat dan korosi. Emas bisa dicampur dengan nikel atau kobalt agar menghasilkan konduktor yang kuat dan tahan lama.

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber jurnal internasional bahwa dalam sebuah ponsel rata-rata mengandung 0,2 gram emas. Artinya untuk 5 buah ponsel bekas anda sudah mengoleksi setidaknya 1 gram emas. Belum lagi papan sirkuit komputer yang mengandung hingga 0,3 gram emas. Makanya daur ulang emas pada perangkat elektronik sangat penting.

Sudah banyak orang yang mencoba menambang emas melalui daur ulang perangkat elektronik. Puncaknya terjadi pada tahun 2014 di mana penambangan emas dari proses daur ulang ini mencapai setengah kilo ton emas. Anda bisa hitung sendiri harganya, Pasti sangat fantastis.

Menambang emas dari perangkat elektronik sejatinya bukanlah merupakan hal yang rumit. Cukup dengan mengetahui di bagian mana emas tersebut berada. Lalu siapkan beberapa bahan kimia yang mampu melucuti emas dalam pangkat elektronik. Bahan kimia tersebut biasanya adalah asam klorida dan boraks.

Josehf Lloyd Murchinson, merupakan orang yang memperoleh uang sekitar $1.600 dalam 3 bulan dengan menambang emas. Menurutnya proses penambang emas bukanlah hal yang sulit. Menambang emas pada perangkat elektronik juga tidak membutuhkan keterampilan khusus.

Bagaimana Apakah anda tertarik untuk menambang emas pada perangkat elektronik ? Jadi jangan pernah membuang barang-barang elektronik bekas begitu saja karena artinya anda telah membuang emas.Sekian dari artikel ini semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar