Skip to main content

Mengenal Komputer, Prinsip Kerja dan Jenis-jenisnya

Setiap hari, bahkan setiap jam kita menggunakan komputer. Mungkin banyak diantara teman-teman yang masih bingung tentang Apa itu komputer ? Apa yang dimaksud komputer ? Mungkin dalam pikiran teman-teman komputer adalah seperangkat CPU monitor dan keyboard seperti pada gambar kebanyakan. Definisi tersebut sebenarnya tidak salah hanya saja komputer tidak diartikan sempit yaitu.

Artikel berikut akan membahas mengenai pengertian komputer, prinsip kerja komputer, komponen yang dibutuhkan beserta jenis-jenis komputer yang berkembang saat ini.

Mengenal Komputer, Prinsip Kerja dan Jenis-jenisnya

Komputer, jika di ambil dari dasar katanya berasal dari kata "compute" yang artinya menghitung. Awalnya komputer adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu proses perhitungan data atau komputasi. Proses tersebut meliputi proses manipulasi data, yang dimulai dari memasukkan data atau input data,  kemudian diproses atau Processing hingga hasilnya dikeluarkan dalam bentuk output data sesuai dengan perintah atau instruksi yang diberikan oleh pengguna.

Contoh komputer yang paling sederhana adalah kalkulator. Kalkulator berfungsi untuk mengolah angka angka yang dimasukkan sesuai dengan instruksi yang diberikan seperti operasi tambah, kurang, kali maupun bagi.



Komputer pada awalnya memang didefinisikan sebagai alat hitung angka. Namun seiring perkembangan generasi komputer berkembang berbagai kemampuan yang bisa dihasilkan. Dari kombinasi berbagai rangkaian elektronik, menghasilkan kemampuan komputer yang tidak hanya sekedar menghitung.

Hari ini komputer dapat digunakan untuk sebagian besar jenis pekerjaan seperti mengetik pengolah angka mengolah gambar mengolah suara maupun mengolah video. Semua itu merupakan hasil pengembangan perangkat komputer yang setelah melalui beberapa generasi.

Prinsip kerja komputer

Meskipun telah berkembang hingga seperti sekarang namun prinsip kerja komputer sejatinya masih tetap mengacu pada 3 proses utama. Proses tersebut adalah masuknya data atau input, proses pengolahan data atau Processing. Dan proses pengeluaran data atau output. Untuk menunjang kinerja tersebut komputer juga memerlukan memori. Berikut akan dijelaskan mengenai masing-masing bagian utama dari komputer.

Alat input

Alat input dalam komputer merupakan semua perangkat elektronik yang berfungsi untuk menginput atau memasukkan data ke komputer. Contoh alat input yang bisa dijumpai sehari-hari seperti Mouse, keyboard, scanner, mikrofon, trackball, trackpad, joystick, touchpad, barcode scanner, finger scanner, face detector hingga touchscreen.

Alat proses

Dalam komputer yang bertugas sebagai alat proses data disebut juga dengan Processing Unit. Processing Unit bertugas mengolah semua data sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna. Contoh alat proses misalnya CPO atau Central Processing Unit. CPU merupakan otak dari komputer yang memiliki peranan sangat penting. CPO juga biasanya berbentuk chip.

Alat output

Alat output dalam komputer merupakan semua perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil olahan data. Keluaran tersebut bisa berupa teks gambar video suara maupun hal-hal lainnya dalam bentuk sinyal elektronik. Contoh alat output misalnya monitor untuk menampilkan data, printer untuk mencetak pada kertas, speaker untuk mengeluarkan suara dan masih banyak lagi yang bisa ditemui.

Memori

Memory merupakan alat yang penting untuk menunjang kinerja dari tiga bagian di atas. Memori dalam perangkat komputer dibagi menjadi dua jenis yaitu RAM dan ROM. RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara saat anda sedang diproses atau dikeluarkan sementara ROM berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.

Jenis-jenis komputer

Hingga saat ini ada banyak sekali jenis komputer yang berkembang di dunia.  hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin maju dan memudahkan orang untuk mengakses komputer. Secara umum klasifikasi komputer dibagi menjadi tiga cara yaitu sebagai berikut.
  • Klasifikasi berdasarkan prinsip operasional komputer atau operasional principle
  • Klasifikasi berdasarkan kemampuan atau daya pengolahan suatu komputer yang disebut dengan Processing power
  • Klasifikasi berdasarkan Penggunaan komputer secara pribadi atau yang disebut dengan personal computer

Klasifikasi komputer berdasarkan jaringan

Berdasarkan peranan komputer dalam jaringan maka dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu komputer server dan komputer client.  berikut akan di jelaskan masing-masing.

Komputer server

Komputer server merupakan komputer yang menjadi pusat data dari Sekian banyak komputer client yang terhubung dengannya. Kalian dapat mengakses data dari komputer server melalui sambungan jaringan komputer seperti internet. Komputer server biasanya dirancang dengan memiliki spesifikasi yang tinggi dan mampu bekerja dalam waktu yang lama.

Komputer client atau personal computer

Komputer client atau personal komputer merupakan komputer yang digunakan oleh perseorangan untuk kepentingan pribadi.  jenis komputer merupakan kamu terus kita kenal pada umumnya yang ada di rumah masing-masing.

Jenis-jenis komputer berdasarkan bentuk fisiknya

Orang-orang banyak melihat dan membedakan jenis komputer berdasarkan bentuk fisik yang mereka lihat. Berdasarkan bentuk fisik dan dimensinya maka komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

Komputer desktop (PC)


Komputer desktop merupakan jenis komputer yang paling umum dikenal oleh orang-orang. asal mula nama desktop ini karena komputer desktop diletakkan diatas meja. Komputer desktop merupakan komputer yang unitnya terpisah-pisah terdiri dari CPU monitor keyboard Mouse speaker dan earphone.

Komputer desktop biasanya memiliki kemampuan pengolahan data yang lebih tinggi dibanding komputer dalam bentuk listrik lainnya. Komuter ini bisa diupgrade dengan cara mengganti masing-masing komponen nya dengan yang paling baru saat ini.

Laptop atau komputer jinjing


Laptop merupakan seri yang berkembang setelah adanya desktop. Laptop umumnya memiliki dua komponen yang terlipat menjadi satu. Bagian CPU mouse dan keyboard diletakkan menjadi satu. Sementara bagian layar dihubungkan dengan engsel sehingga dapat dilipat. Laptop merupakan komputer yang sangat ideal untuk dibawa ke mana-mana.

Banyak orang sudah berpindah dari desktop menggunakan laptop karena praktis dan lebih hemat energi. Tanda untuk kemampuan proses ini juga tidak kalah hebat dengan komputer desktop. Namun jika digunakan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama laptop masih kalah dengan desktop. Hal ini karena biasanya laptop tidak memiliki sistem pendingin sebaik komputer desktop. Selain itu kerusakan komponen pada laptop juga susah diperbaiki.

Komputer tablet


Seiring perkembangan teknologi layar sentuh semakin mengubah bentuk komputer menjadi lebih kecil. Fungsi mouse dan keyboard sebagai alat input data dapat digantikan oleh layar yang Sekaligus berfungsi sebagai alat output secara bersamaan. Hal ini dapat memangkas dimensi komputer menjadi jauh lebih kecil dan lebih ringan. Komputer tablet yang lebih kecil juga dikenal dengan smartphone.

Namun biasanya komputer tablet memiliki kemampuan di bawah Kedua jenis komputer di atas. Komputer tablet cocok digunakan untuk kebutuhan multimedia seperti mendengar musik atau menonton video serta aktivitas ringan lainnya. Kerusakan pada komponen komputer tablet juga paling sulit untuk diperbaiki karena sangat kecil dan terintegrasi menjadi satu.

Selain jenis-jenisnya atas terjadinya perangkat elektronik lainnya seperti kalkulator TV multimedia player dan lain sebagainya juga termasuk sebagai komputer. Namun karena kemampuan yang sangat terbatas dan fungsinya terlalu spesifik sehingga tidak dikategorikan sebagai jenis-jenis komputer secara umum.

Demikianlah mengenai pengertian komputer prinsip kerja dan jenis-jenisnya.  Semoga dengan membaca artikel ini pandangan teman-temannya tentang komputer tidak lagi keliru.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar