Skip to main content

Karena Teknologi Orang-Orang Tidak Lagi Melakukan Hal Ini

Perkembangan teknologi yang sangat besar membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Banyak aktivitas yang mulai tergantikan oleh teknologi. Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak dilakukan lagi oleh orang-orang karena sudah tergantikan oleh teknologi.

Mengingat nomor telepon

Mengingat nomor telepon merupakan kegiatan yang sering dilakukan pada zaman masih menggunakan telepon manual. Orang-orang biasanya membuat buku telepon secara manual yang berisi daftar nomor telepon dari orang-orang yang mereka kenal. Kita bisa bayangkan betapa susahnya mencari kontak seseorang pada saat itu.

Hari ini semuanya sudah digantikan dengan aplikasi kontak yang ada di smartphone. Kita bahkan bisa menyimpan ribuan nomor telepon dari orang-orang yang kita kenal. Cukup mengetikkan nama saja maka akan langsung muncul nomor telepon dari orang tersebut.

Menempel tulisan dijual pada kendaraan

Orang-orang zaman dulu menjual kendaraan dengan cara menempelkan kertas yang berisi tulisan dijual pada kendaraan mereka. Kendaraan yang dijual juga biasanya ditaruh di pinggir jalan yang ramai agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Hal tersebut mungkin sudah sangat jarang kita temui meskipun masih ada beberapa orang di Indonesia yang melakukannya. Perkembangan pasar online membuat kita lebih mudah menjual mobil ataupun motor dan menjangkau lebih banyak orang dalam hitungan detik. Kita bisa memanfaatkan jasa online shop seperti olx.com, Bukalapak, mobil.com dan masih banyak lagi.

Mencetak album foto

Anak generasi 90-an ke bawah pasti mengenal buku album foto. Dalam album tersebut terdapat print out foto yang disusun sedemikian rupa. Album foto tersebut dibuat untuk berbagai acara penting seperti pernikahan, kematian dan lain-lain.

Namun sekarang sudah jarang sekali orang yang mencetak buku album foto. Mereka lebih suka menyimpan fotonya di smartphone atau membagikan foto-foto tersebut melalui media sosial seperti Facebook Instagram Flickr dan lain-lain.

Mengoleksi kaset pita

Kaset pita yang ada pada tape deck merupakan benda yang sangat populer pada tahun 2000 kebawah. Hampir semua Band musik terkenal di seluruh dunia mengembalikan lagu mereka lewat kaset pita. Orang-orang juga suka merekam koleksi lagu kesayangan mereka melalui kaset pita.

Namun ketika mulai tergantikan oleh CD dan USB. Bahkan sekarang sudah tersedia fitur streaming music online dari joox spotify dan sebagainya. Sudah sangat jarang orang memiliki kaset pita atau tape player  pemutar kaset pita.

Membuat kliping koran

Generasi lawas pasti pernah mendapatkan tugas di sekolah untuk membuat kliping koran. Kliping koran dibuat dengan menggunting artikel di koran kemudian ditempelkan kembali pada kertas dan diberi sedikit hiasan.

Sekarang orang membaca koran saja sudah sangat jarang. Sepertinya tugas membuat kliping koran di sekolah itu dia sudah tidak pernah terdengar lagi. Orang sekarang lebih suka membaca artikel melalui media online.

Menulis dan mengirim surat

Kegiatan surat-menyurat merupakan hal yang sangat keren pada zamannya. Kita kita menonton film lawas maka akan sering melihat para artis menulis surat untuk dikirimkan melalui kantor pos. Bisa dibayangkan berapa lama balasan yang mesti ditunggu.

Hari ini fungsi surat-menyurat sudah tergantikan oleh electronic mail atau surat elektronik. Orang juga sudah sangat jarang menulis surat dengan tangan. Bahkan komunikasi sudah dilakukan secara instan melalui aplikasi chatting. Jika dahulu orang menunggu balasan surat hingga berminggu-minggu maka sekarang menunggu balasan chat seseorang satu jam saja sudah terasa lama sekali.

Membeli buku kamus

Generasi zaman old pasti tidak asing dengan benda yang bernama kamus. Biasanya kamus bahasa Inggris bahasa Indonesia yang memiliki jumlah halaman sangat banyak sehingga sangat tebal. Mencari terjemahan sebuah kata pun harus cermat satu persatu.

Berbeda dengan zaman sekarang yang sangat mudah sekali. Kita tinggal buka Google Translate atau Bing translate. Ketikan kata yang mau kita terjemahkan atau copy paste artikel berbahasa Inggris dengan 5000 kata dan klik Translate maka akan keluar terjemahan dari artikel tersebut secara instan.

Jadi itulah hal-hal yang tidak perlu kita lakukan lagi karena sudah ada teknologi. Mungkin suatu hari kita juga akan rindu terhadap kegiatan kegiatan tersebut. Terima kasih sudah membaca.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar