Skip to main content

Tiga Jenis Kecepatan Ethernet

Ethernet merupakan sebuah sistem yang menghubungkan beberapa buah komputer yang membentuk jaringan Local Area Network (LAN). Biasanya dalam internet komputer komputer tersebut saling terhubung melalui jaringan kabel (bisa juga nirkabel tetapi relatif jarang). Ethernet biasanya digunakan dalam kantor perusahaan untuk saling bertukar data secara gratis tanpa biaya.

Ethernet ditemukan pertengahan tahun 1970 an. Kecepatan ethernet diukur dengan satuan bit per second (bps). Pertengahan tahun 1980 an teknologi ini telah mencapai kecepatan 10 megabit per sekon (Mbps) dan bertahan hingga tahun 1990 an.

Tiga Jenis Kecepatan Ethernet


Teknologi ethernet digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan sederhana. Standarisasi kecepatan ethernet dikelompokkan menjadi tiga kecepatan dasar yaitu 10 Mbps 100 Mbps dan 1000 Mbps atau yang dikenal dengan gigabit ethernet.

Standar ethernet

Standar ethernet merupakan teknologi internet yang paling awal diperkenalkan. Standar ethernet memiliki batas kecepatan hingga 10 Mbps. Contoh sederhana dari penggunaan standar ethernet adalah jaringan LAN (Local Area Network) sederhana. Jumlah komputer yang tersambung dengan standar ethernet juga relatif masih sedikit dengan jarak jangkauan yang relatif kecil. Jaringan standar internet cocok digunakan untuk kantor kecil dengan 5 hingga 10 buah komputer yang terhubung.

Fast ethernet

Fast ethernet adalah sebuah LAN (Local Area Network) dengan transmisi yang menyediakan kecepatan hingga 100 Mbps. Komputer dengan standar ethernet berkecepatan 10 Mbps juga bisa terhubung dengan jaringan fast ethernet. Kecepatan 100 Mbps adalah kecepatan untuk berbagi data sementara input masing-masing jaringan masih bisa menggunakan kartu ethernet standar dengan kecepatan 10 Mbps.

Gigabit ethernet

Disebut gigabit ethernet karena kecepatan internet ini mampu mencapai hingga 1000 Mbps atau 1 Gbps. Teknologi gigabit ethernet mulai populer pada tahun 1998. Namun ternyata pada tahun 2002 gigabit ethernet berkembang hingga mencapai kecepatan 10 Gbps. Saat ini penggunaan gigabit ethernet menjadi lebih digemari karena kecepatan yang lebih tinggi, sehingga nilai jualnya lebih menguntungkan.

Demikianlah mengenai 3 kecepatan standar ethernet hingga saat ini. Mungkin beberapa tahun lagi kecepatan yang akan terus bertambah hingga menyentuh 1 Terabyte per second (Tbps). Kita tunggu saja perkembangan teknologi selanjutnya
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar