Skip to main content

Jenis-jenis Produk Selain Barang dan Jasa


Produk adalah output atau hasil akhir dari proses produksi perusahaan. Dalam beberapa teori konvensional kita mengenal ada dua jenis produk yaitu barang dan jasa. Namun menurut perkembangan terbaru, jenis produk tidak hanya terbatas pada barang dan jasa.

Jenis-jenis Produk yang Dipasarkan Selain Barang dan Jasa

Menurut Kotler dan Keller (2009) terdapat sepuluh entitas yang dapat dipasarkan dari mulai barang dan jasa sampai dengan ide. Berikut adalah daftar lengkap jenis-jenis produk yang dipasarkan :

1. Barang

Barang-barang fisik merupakan bagian terbesar dari usaha produksi dan pemasaran. Produk makanan, minuman, pakaian, mobil, elektronik. Dengan adanya internet pemasaran barang ini bukan hanya perusahaan, tetapi individu dapat memasarkan secara efektif.

2. Jasa

Jasa adalah semua tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak pada pihak lainnya yang tidak menghasilkan kepemilikian apapun. Semakin baik pertumbuhan ekonomi, maka semakin besar porsi aktivitas ekonomi yang berfokus pada jasa.


3. Acara

Pemasaran mempromosikan acara berdasarkan waktu seperti pameran dagang, pertunjukan seni, dan ulang tahun perusahaan. Berbagai acara olahraga dunia seperti Olimpiade, Piala Dunia dipromosikan secara gencar kepada target pasarnya.


4. Pengalaman

Sebuah perusahaan dapat menciptakan, memamerkan dan memasarkan pengalaman. Tren pemasaran pengalaman (experiental marketing) menjadi sebuah strategi baru dimana pemasar bertujuan bukan hanya konsumen membeli produk tersebut, namun bagaimana membangun pengalaman pelanggan ketika mengkonsumsi produk. Pemasaran pengalaman harus dapat menawarkan sensasi dan pengalaman yang tidak terlupakan yang menjadi basis kepuasan pelanggan.



5. Orang

Bagaimana memasarkan orang adalah sebuah hal penting. Para selebritis, politikus, CEO, dokter, pengacara berusaha untuk membangun personal branding. Konsultan manajemen Tom Peters seorang ahli dalam self branding menganjurkan agar setiap orang menjadikan dirinya sebuah “merek”.


6.  Tempat

Saat ini kota, propinsi, negara semakin bersaing untuk secara aktif menarik wisatawan . Pemasaran tempat adalah perancangan suatu tempat untuk memuaskan kebutuhan target pasar (Kotler et al dalam Yananda dan Salamah, 2014). Indonesia juga gencar untuk membangun brand pariwisata dengan Wonderful Indonesia bersaing dengan negara ASEAN lain.


7. Properti

Properti adalah hak kepemilikan tak berwujud atas properti yang sebenarnya (real estate) atau properti finansial (saham dan obligasi). Properti ditawarkan, dibeli dan pertukaran ini membutuhkan pemasaran.


8. Organisasi

Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat, disukai dan unik di benak publiknya. Banyak organisasi nirlaba menggunakan pemasaran untuk meningkatkan citra public mereka dan bersaing mendapatkan simpati khalayak.


9. Informasi

Informasi adalah apa yang dihasilkan dan didistribusikan oleh buku, sekolah dan produk universitas dengan harga tertentu kepada orang tua, siswa dan komunitas.


10. Ide

Setiap penawaran pasar mengandung ide/gagasan dasar. Perusahaan kosmetik asal Inggris The Body Shop menunjukkan pada target marketnya ide bahwa semua produk The Body Shop dibuat dengan spirit untuk menghargai dunia, dan komitmen untuk melakukan perdagangan yang fair (fair trade).

Demikianlah mengenai jenis-jenis produk yang dipasarkan di pasaran. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Jangan lupa untuk like fanspage Terketik dan share artikel ini untuk teman-teman lain yang membutuhkan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar