Skip to main content

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia


Manajemen sumber daya manusia merupakan manajemen yang berkaitan dengan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan. Manajemen sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan seringkali diidentikkan dengan proses rekrutmen dan proses pemecatan karyawan. Namun fungsi manajemen sumber daya manusia tidak hanya meliputi pada tersebut.

Fungsi manajemen sumber daya manusia


Fungsi manajemen sumber daya manusia mencakup 5 hal yaitu staffing, Human resource development, compensation and benefit, safety and health dan employee and labor relation. Berikut ini akan di Jelaskan masing-masing fungsi manajemen sumber daya manusia.

Staffing

Staffing sebagai tugas manajemen sumber daya manusia memastikan perusahaan mendapatkan karyawan atau tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Staffing meliputi kegiatan dalam rangka menganalisa butir-butir pekerjaan di perusahaan (job analysis), perencanaan pengadaan tenaga kerja, rekrutmen seleksi hingga penempatan.

Selain itu dalam fungsi ini manajemen sumber daya manusia juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja para staf. Sehingga dapat diputuskan yang mana harus dipertahankan, yang mana harus dipromosikan dan yang mana harus dipecat.

Human Resource development

Human resources development atau pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu fungsi utama dari human resources management atau manajemen sumber daya manusia. Kegiatan pengembangan sumber daya manusia tidak hanya terbatas pada training atau pelatihan karyawan.

Pengembangan sumber daya manusia juga meliputi perencanaan karir karyawan, pengembangan aktivitas pengembangan organisasi perusahaan, penghargaan terhadap prestasi serta berbagai aktivitas pengembangan sumber daya manusia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan.

Compensation and benefit

Kompensasi atau bayaran baik dalam bentuk gaji maupun upah merupakan salah satu hal yang paling dicari oleh karyawan saat mereka melamar pekerjaan. Pemberian kompensasi diharapkan proporsional sesuai dengan beban kerja tanggung jawab maupun masa kerjanya. Perusahaan juga harus menghargai karyawan yang telah loyal dan cukup lama bekerja di tempat tersebut.

Bayaran yang diterima hendaknya tidak hanya gaji tunggal atau gaji pokok. Perusahaan juga perlu memperhatikan bayaran lembur, biaya perawatan jika sakit karena pekerjaan, biaya pengganti liburan maupun biaya asuransi kesehatan dan asuransi tenaga kerja. Harus dibedakan pula antara karyawan yang sudah berkeluarga dengan yang belum berkeluarga. Sehingga dalam hal ini ada tunjangan untuk istri dan anak.

Safety and health

Manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk melindungi karyawan dari kecelakaan maupun cedera akibat kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Misalnya untuk pekerja konstruksi yang melakukan instalasi di gedung yang sangat tinggi, sehingga perusahaan perlu Menyediakan alat pengaman yang memadai untuk keselamatan mereka.

Menjaga kesehatan karyawan tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga harus memastikan mereka terbebas dari penyakit psikologis. Penyakit psikologis bisa saja seperti tekanan yang berlebihan, perasaan was-was atau takut serta ketidaknyamanan dalam bekerja. Hal ini justru dapat memberi dampak negatif pada kinerja karyawan yang Berujung pada pengunduran diri atau pemecatan.

Employee and labor relation

Bagi perusahaan tenaga kerja merupakan Mitra yang akan diajak kerjasama untuk memajukan perusahaan. Oleh karena itu sangat penting memelihara hubungan baik dengan Serikat Pekerja. Karena dalam Serikat Pekerja tersebut juga terbentuk reputasi perusahaan.

Hubungan ini sangat diperlukan Sehingga nantinya perusahaan dapat memperoleh tenaga tenaga kerja terbaik tanpa adanya rasa kekhawatiran dari tenaga kerja tersebut.

Demikian 5 fungsi utama dari manajemen sumber daya manusia. Selain itu juga terdapat fungsi tambahan sebagai berikut :

Human Resource research

Human Resource riset atau penelitian sumber daya manusia merupakan fungsi tambahan dari manajemen sumber daya manusia. Fungsi ini adalah untuk meneliti perkembangan sumber daya manusia dalam perusahaan dari waktu ke waktu.

Sehingga dengan demikian dapat diketahui bagaimana cara mendekatkan diri dan menjaga hubungan kekeluargaan dengan karyawan. Fungsi ini juga dapat memberikan ramalan ke depan sumber daya manusia seperti apa yang dibutuhkan perusahaan.

Demikianlah artikel mengenai fungsi manajemen sumber daya manusia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi Pembaca sekalian.

Referensi :

David Forman and Debra J. Cohen. The SHRM Learning system. Human Resource Management 38 (Summer 1999) : 155.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar