Skip to main content

Cara Menghemat Kuota dan Memori Aplikasi WhatsApp

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa chatting merupakan kegiatan pokok kita dalam berkomunikasi hari ini. Satu hari saja tidak melakukan chatting maka rasanya kita Kurang bergaul dengan orang-orang yang kita kenal.

Salah satu aplikasi chatting yang paling wajib dimiliki oleh orang-orang saat ini adalah aplikasi WhatsApp. Kenapa memilih WhatsApp tentu saja karena aplikasinya yang ringan simple cepat dan tidak dilibatkan oleh berbagai fitur yang sejatinya tidak perlu.

Saat menggunakan WhatsApp pastinya kita diundang untuk masuk beberapa group tertentu. Misalnya saja grup teman sekelas grup tetangga grup satu hobi Group teman-teman kerja dan grup grup lainnya.

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna Whatsapp adalah borosnya penggunaan kuota dalam aplikasi ini karena fitur download otomatis yang cukup banyak mengkonsumsi kuota.

Selain boros kuota fitur download otomatis tersebut juga akan cepat memenuhi memori internal Ponsel pintar kita. Apalagi untuk ponsel dengan memori internal yang cukup minim pastinya sangat merepotkan. Ditambah pula galeri akan penuh oleh foto video yang sejatinya tidak penting bagi kita.

Berikut akan saya berikan tips untuk menggunakan WhatsApp tanpa perlu boros kuota dan tidak perlu juga banyak-banyak menghabiskan memori smartphone anda.

Langkah 1 : Buka aplikasi Whatsapp dan pilih tab chatting. Pilih tombol titik tiga di pojok kanan atas layar smartphone anda.

Cara menghemat kuota dan memori aplikasi WhatsApp


Langkah 2 : Setelah itu Pilih setelan. Akan terbuka jendela setelan aplikasi WhatsApp kita masuk ke menu penggunaan data dan penyimpanan.


Langkah 3. Di situ ada kolom unduh otomatis media terdapat pilihan saat menggunakan data seluler dan saat tersambung ke jaringan wifi. Klik opsi saat menggunakan data seluler.

Langkah 4 : Akan muncul sebuah jendela dengan opsi centang untuk foto audio video dan dokumen. Hapus semua centang tersebut sehingga saat menggunakan data seluler tidak ada lampiran yang akan diunduh secara otomatis ini akan membuat kuota dan memori ponsel jauh lebih hemat
Langkah 5 : Lakukan juga untuk opsi ketika tersambung ke wifi meskipun saat menggunakan WiFi tidak perlu memikirkan kuota namun perlu dipikirkan seberapa banyak memori yang akan terisi oleh data yang mungkin tidak penting dan tidak perlu.

Apalagi untuk Anda yang memiliki banyak grup WhatsApp yang setiap harinya dihujani oleh ratusan bahkan ribuan chatting.

Nah jika masih kurang jelas Berikut saya tambahkan video tutorial menghemat kuota dan memori dalam menggunakan aplikasi WhatsApp.

Nah demikian mengenai cara menghemat kuota dan memori saat menggunakan aplikasi WhatsApp semoga bermanfaat untuk teman-teman Pembaca sekalian.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar