Skip to main content

Perbedaan SMA dan SMK, Mana yang Lebih Baik ?

Bagi siswa yang telah lulus smp mungkin masih bingung ingin melanjutkan pendidikan ke SMA atau SMK. Apa sebenarnya perbedaan SMA dan SMK ? Dalam artikel ini akan membahas perbedaan SMA dan SMK, serta keunggulannya masing-masing.


Pengertian SMA dan SMK

SMA adalah sekolah menengah atas  yaitu tingkat satuan pendidikan setelah jenjang smp yang menjadi tempat bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan akademis di bidang ilmu pengetahuan. Siswa SMA lebih banyak diajarkan pengetahuan secara teoritis dan konseptual.

Siswa SMA disiapkan menjadi lulusan yang mengerti konsep dasar ilmu pengetahuan. Mereka yang memilih SMA biasanya akan rencana melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Ada tiga jurusan di SMA yang bisa diambil yaitu IPA, IPS dan Bahasa.

SMK atau sekolah menengah kejuruaan merupakan tingkat satuan pendidikan yang setara dengan SMA. Di SMK siswa disiapkan untuk menjadi orang yang memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk mempraktekkan pengetahuannya dalam kehidupan nyata, khususnya di dunia kerja SMK memiliki banyak jurusan yang bisa diambil.

Jurusan yang tersedia di setiap SMK berbeda-beda. Adapun jurusannya seperti perhotelan, akuntansi, konstruksi bangunan, teknik mesin, informatika, kesehatan, pariwisata, kesenian dan lain-lainnya.


Persamaan SMA dan SMK

Baik SMA maupun SMK merupakan tingkat satuan pendidikan yang setara atau sama. Keduanya juga diajarkan teori dasar dan praktikum namun porsinya berbeda. Lulusan SMA maupun SMK bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi sesuai jurusan masing-masing.

Setelah lulus baik lulusan SMA maupun SMK juga boleh bekerja di perusahaan, yang mensyaratkan lulusan SMA maupun SMK. SMA dan SMK juga sama-sama terbagi atas tiga tingkatan kelas. SMA dan SMK melaksanakan ujian akhir di akhir tahun pelajaran. Baik SMA maupun SMK juga sama-sama melaksanakan ujian praktek.

Perbedaan SMA dan SMK

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perbedaan mendasar antara SMA dan SMK adalah dari porsi teori dan praktek yang diberikan kepada siswa di sekolah. Dimana SMA lebih menekankan teori dan SMK lebih menekankan skill atau praktek.

Dengan menekankan pengetahuan secara teori siswa SMA biasanya lebih kritis dalam melihat sesuatu. Siswa SMA mengerti disiplin ilmu dan memahaminya secara luas dan mendasar. Siswa SMA juga dituntut untuk dapat menghasilkan ide-ide dan penemuan-penemuan kreatif di bidang ilmu pengetahuan yang ditekuninya.

Jika dibandingkan biasanya jumlah sekolah SMA relatif lebih merata dibandingkan SMK. Biasanya SMA juga menjadi sekolah favorit dan incaran oleh mereka yang berprestasi secara akademis saat smp. SMA juga menjadi incaran bagi mereka yang setelah lulus ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Sementara di SMK siswa ditekankan untuk dapat memahami teori serta mengaplikasikan teori tersebut dalam kehidupan nyata. Siswa SMK biasanya mengambil jurusan yang lebih spesifik sehingga mereka akan lebih ahli dalam suatu bidang tertentu.

Dibandingkan lulusan SMA, lulusan SMK lebih siap menghadapi dunia kerja karena telah diajarkan praktek. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan tertentu sesuai bidangnya. Dalam hal jumlah sekolah biasanya sekolah SMK lebih sedikit, apalagi untuk SMK jurusan tertentu.

Jika siswa SMA lebih banyak menghabiskan biaya untuk membeli buku, maka siswa SMK lebih banyak menghabiskan biaya untuk melaksanakan praktikum. Sekolah SMK biasanya menjadi incaran bagi mereka yang ingin langsung bekerja setelah lulus.

Dari segi kurikulum tentunya SMA dan SMK memiliki perbedaan. Di SMA biasanya mata pelajaran yang didapat relatif sama, hanya pada jurusan tertentu mata pelajarannya berbeda-beda. Walaupun begitu  pembahasan mata pelajaran di SMA  cenderung umum dan tidak terlalu spesifik.

Berbeda dengan SMK dengan SMK meskipun pada awalnya pasti diajarkan mata pelajaran dasar, seperti matematika, bahasa dan kewarganegaraan. Namun SMK memiliki lebih banyak jurusan, sehingga lebih banyak variasi mata pelajaran yang lebih mendetail dibanding SMA. Selain itu SMK juga mendapat tambahan praktik.

Demikianlah mengenai perbedaan SMA dan SMK. Jadi yang manakah yang lebih baik ? Jawabannya adalah sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Bagi siswa yang ingin menempuh jalur pendidikan panjang dan melanjutkan ke perguruan tinggi, ada baiknya memilih SMA karena akan diajarkan teori dasar sebelum nantinya spesifik di perguruan tinggi.

Namun bagi siswa yang ingin cepat bekerja setelah lulus, sangat baik untuk memilih SMK sesuai dengan bidang yang diminati. Dengan demikian setelah lulus bisa langsung terjun ke dunia kerja atau berwirausaha. Walaupun begitu lulusan SMK juga masih boleh melanjutkan ke perguruan tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca dan semoga tidak ada lagi yang bingung untuk memilih SMA dan SMK. Sebagai siswa hendaknya dibimbing oleh orang tua dalam memilih SMA atau SMK.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar