Skip to main content

Pengertian Manajemen Pemasaran, Konsep dan Tujuan

Diantara beberapa cabang ilmu manajemen, salah satu yang berkaitan dengan pasar secara langsung adalah manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah ujung tombak dari perusahaan untuk menyampaikan produknya kepada pasar atau kepada konsumen.

Secara umum, definisi dari manajemen pemasaran merupakan suatu proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanan serta pengawasan suatu program atau kegiatan, yang memiliki tujuan untuk menciptakan transaksi dengan pasar yang ditujukan pada pencapaian tujuan perusahaan.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengungkapkan Pengertian Manajemen Pemasaran. Berikut adalah pengertian manajemen pemasaran Menurut Para Ahli :

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pemasaran berkaitan dengan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

American Marketing Association

Menurut American Marketing Association, Pemasaran merupakan proses perencanaan dan melaksanakan konsep, promosi, harga serta distribusi beberapa ide, barang atau jasa guna menghasilkan pertukaran yang bisa memuaskan tujiuan individu dan organisasi.

Dharmmesta & Handoko

Menurut Dharmmesta & Handoko, Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.

Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

Konsep Pemasaran

Adapun kosep pemasaran adalah rencana pemasaran yang terkonsep dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu kepuasan konsumen yang terdiri dari 4 unsur sebagai berikut :

Product

Berkaitan dengan produk yang akan dijual atau dilepas ke pasar, baik berupa barang maupun jasa. Pemasaran bertugas mempercantik produk sehingga konsumen tertarik untuk membeli/mengonsumsinya.

Price

Berkaitan dengan harga yang akan ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan modal produksi, keuntungan, persaingan harga dan sebagainya.

Placement

Placement adalah tempat dipasarkannya suatu produk, bisa juga dimaksud dengan segment pasar mana yang akan disasar, apakah khusus atau semua kalangan.

Promotion

Promotion sudah jelas berkaitan dengan kegiatan promosi yang akan dilakukan agar produk cepat dikenali dan menjangkau semua segment yang ingin dituju.

Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran

Sebagai sebuah proses, manajemen pemasaran akan mengalamai beberapa tahap perkembangan. Beberapa tahapnya yaitu :
  • Tahap Orientasi Produksi
  • Tahap Orientasi Penjualan
  • Tahap Orientasi Pemasaran
  • Tahap Orientasi Sosial/Masyarakat

Tujuan Manajemen Pemasaran

Pemasaran tentunya memiliki tujuan bagi yang melaksanakannya. Manajemen pemasaran memiliki tujuan baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Berikut adalah tujuan manajemen pemasaran :

Tujuan Manajemen Pemasaran Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek untuk perusahaan yaitu memperoleh untung dari hasil penjualan produk sesegera mungkin. Sehingga perusahaan bisa menutup semua biaya-biaya pada faktor produksi yang digunakan dalam menghasilkan produk.

Jika ada kelebihan selisih antara harga penjualan dengan harga produksi, maka dikatakan mendapat laba/untung. Keuntungan merupakan salah satu tujuan perusahaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah diantaranya agar perusahaan bisa mencapai kondisi impas antara total biaya produksi dengan total biaya penjualan produk dan memperoleh keuntungan.

Dengan demikian perusahaan dapat meluaskan cakupan promosi dan menaikan kapasitas atau volume penjualan. Peningkatan kapasitas akan memberikan indikasi bahwa perusahaan bertumbuh.

Tujuan Manajemen Pemasaran Jangka Panjang

Sementara untuk jangka panjang tujuan manajemen pemasaran yaitu perusahaan dapat memperoleh kepercayaan dari para pelanggan terhadap produknya sehingga terjadi konsumsi yang berulang.

Cara yang dilakukan antara lain dengan menyajikan produk yang berkualitas, menyesuaikan dengan perkembangan selera pelanggan, terjamin atau bergaransi, serta memberikan potongan harga untuk pelanggan yang sudah lama.

Demikian mengenai manajemen pemasaran, semoga menambah wawasan bagi pembaca khususnya yang menekuni dunia pemasaran. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan artikel dari kami dengan cara like fanspage kami dan share artikel ini untuk teman-teman lain yang membutuhkan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar