Skip to main content

Mengenal Ilmu kimia, Ruang lingkup dan Turunannya

Hal yang terbayang saat kita mendengar tentang pengertian atau definisi ilmu kimia adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pencampuran bahan bahan kimia. Biasanya ada di laboratorium yang rawan meledak. Bayangan seperti itu sejatinya hanya sebagian kecil dari ilmu kimia yang ada di film-film dan televisi.

Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli

Ilmu kimia bukan hanya tentang reaksi zat-zat kimia saja. Ilmu kimia merupakan pengetahuan yang berfokus pada lingkungan sekitar, terhadap proses proses yang terjadi diantara berbagai perubahan materi di alam semesta. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan pengertian ilmu kimia menurut para ahli :

1. Pengertian kimia menurut Wikipedia

Menurut wikipedia, ilmu kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi.

2. Pengertian kimia menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahwa pengertian ilmu kimia adalah ilmu tentang susunan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat. Artinya kbbi adalah suatu yang berhubungan dengan susunan, sifat dan reaksi zat atau unsur termasuk dalam kimia.

3. Pengertian kimia menurut Chang

Pengertian kimia menurut chang (2005: 3) yang mendefinisikan ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa. Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa dapat diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis. Sifat kimia adalah sifat yang dapat ditunjukan dengan melalui perubahan kimia sedangkan sifat fisis merupakan sifat yang dapat diamati tanpa mengubah susunan zatnya.


4. Pengertian kimia menurut Brady

Menurut Brady, pengertian kimia adalah ilmu terkait bahan kimia yang mencakup benda di sekitar kita. Ilmu kimia didefinisikan ilmu murni yang membahas bahan-bahan yang terdapat di alam semesta, interaksi di antaranya terdapat perubahan energi yang berhubungan dengan adanya perubahan alam.

Ilmi kimia terdiri atas topik-topik misalnya sifat-sifat atom, cara atom dalam membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui suatu gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk suatu zat-zat yang berbeda.

Ilmu kimia termasuk ke dalam ilmu pasti atau ilmu eksak. Mereka yang mempelajari dan menekuni ilmu kimia biasanya disebut ahli kimia. Ahli kimia mempelajari berbagai hal tentang proses kimiawi yang terjadi di alam semesta. Ilmu kimia berkaitan erat dengan susunan, struktur, sifat, perubahan material serta energi yang menyertai proses tersebut.

Ilmu kimia ternyata sangat bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Dengan berkembangnya ilmu kimia modern, banyak material-material baru yang bisa dibuat manusia dengan reaksi kimia. Salah satunya seperti senyawa karbon dan kegunaannya yang pernah saya tulis sebelumnya.

Penggunaan produk-produk hasil ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari misalnya seperti sabun mandi, deterjen, pasta gigi, kosmetik, perangkat elektronik, bahan bangunan, aspal, cat mobil, bahan bakar minyak, oli mesin dan masih banyak lagi yang bisa disebutkan.

Sejarah dan perkembangan ilmu kimia

Rp3.500 tahun sebelum masehi tepatnya di mesir kuno sudah mempraktekkan ilmu kimia. Dalam kehidupan nyata mereka misalnya saja dalam proses pembuatan anggur pengawet mayat. Menginjak abad ke-4 seorang filosofis yunani yakni democritus dan aristoteles mencoba mengemukakan pendapat mengenai pemahaman mereka terhadap hakikat materi.

Democritus mengatakan bahwa setiap materi di alam semesta terdiri atas partikel-partikel kecil yang disebut dengan atom. Sementara aristoteles mengungkapkan bahwa materi terbentuk dari 4 jenis unsur yaitu air, tanah, api dan udara.

Tahun 500 m hingga 1600 m ahli kimia arab dan persia memelopori perkembangan ilmu kimia secara praktis saat tersebut mulai ditemukan zat zat kimia seperti asam sulfat asam nitrat alkohol arsen dan izinkan iodida

Nama ilmu kimia

Dalam bahasa inggris ilmu kimia disebut juga dengan chemistry atau chemical. Sementara kata kimia yang dikenal di indonesia berasal dari bahasa arab, yaitu alkimia. Alkimia berarti perubahan materi. Nama ini pertama kali diungkapkan oleh ilmuwan arab bernama jabir ibn hayyan (700-778).

Ilmu kimia modern

Ilmu kimia modern mulai dikenal luas di negara negara eropa pada abad ke 18. Hal ini dipelopori oleh anthony laurent lavoisier (1743-1794) yang berhasil mengemukakan adanya hukum kekekalan massa. Dengan penemuan ini, maka semakin banyak ilmuan yang mempelajari dan mendalami kimia menggunakan kacamata ilmu pengetahuan.

Ruang lingkup ilmu kimia

Apa saja yang dipelajari oleh ilmu kimia ? Sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu yang dipelajari oleh ilmu kimia adalah reaksi dan perubahan materi. Berikut secara lengkap cakupan atau ruang lingkup ilmu kimia.

1. Susunan materi

Mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut.

2. Struktur materi

Mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling berikatan.

3. Sifat materi

Mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi yang dipengaruhi oleh susunan dan struktur dari materi.

5. Energi menyertai perubahan materi

Menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal-usul energi itu.
Pengertian kimia menurut para ahli

Cabang ilmu kimia

Seiring perkembangan waktu, ilmu kimia berkembang luas dan memiliki hubungan timbal balik dengan ilmu pengetahuan lainnya. Maka lahirlah beberapa cabang atau turunan ilmu kimia yang mengkhusus, yaitu sebagai berikut :

1. Kimia analitik

Pengertian kimia analitik adalah suatu cabang ilmu kimia yang membahas analisis zat atau senyawa. Analisi tersebut dapat berupa kualitifatif dan kuantitatif yang terdiri dari sampling, penyiapan sample siap ukur, pemisahan, pengukuran, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.

2. Kimia anorganik

Secara umum, pengertian kimia anorganik adalah cabang ilmu kimia yang membahas akan unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya.

3. Kimia fisika

Pengertian kimia fisika adalah cabang ilmu kimia yang membahas akan struktur, sifat dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut.

4. Kimia organik 

Pengertian kimia organik adalah cabang ilmu kimia terkait struktur dan pembentukan senyawa karbon, khususnya reaksi yang terlibat, ikatan, mekanisme reaksi, dan kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut.

5. Biokimia

pengertian biokimia adalah suatu cabang ilmu kimia yang membahas zat kimia beserta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi diantaranya proses metabolisme tubuh misalnya lemak, reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, dan karbohidrat.

Nah demikianlah mengenai definisi ilmu kimia, pengertian ilmu kimia menurut para ahli, ruang lingkup ilmu kimia, dan cabang ilmu kimia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Jangan lupa untuk like fanspage situs ini dan share artikel bagi teman-teman lain yang membutuhkan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar