Skip to main content

Kebutuhan utama manusia sebagai makhluk sosial


Saya pernah menulis artikel tentang tiga kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Kali ini saya akan melanjutkan beberapa kebutuhan utama manusia  sebagai makhluk social. Selain tiga kebutuhan primer tadi, kebutuhan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Keluarga

Ada istilah yang mengungkapkan bahwa harta yang paling berharga adalah keluarga. Hal tersebut sepertinya memang benar adanya manusia lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga, yang terdiri dari ayah ibu dan anak.

Keluarga merupakan kebutuhan psikologis yang sangat penting bagi manusia. Keluarga adalah muara dari semua kegiatan manusia. Orang-orang lahir dan tumbuh dewasa, kemudian tujuan hidupnya adalah membentuk sebuah keluarga.

Teman

Selain membutuhkan keluarga manusia juga membutuhkan teman. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari manusia lainnya. Kita semua saling membutuhkan untuk bisa bertahan hidup. 

Manusia mungkin dapat hidup dengan keluarganya saja, namun hidupnya akan kurang berkembang apabila ia tidak memiliki teman dan pergaulan yang baik. Jadi di sini teman juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

Pendidikan dan informasi

Setelah memiliki keluarga dan teman hal selanjutnya dibutuhkan oleh manusia adalah pendidikan dan informasi. Manusia lahir memiliki otak yang dapat digunakan untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Manusia membutuhkan pendidikan agar ia dapat mengembangkan dirinya di tengah lingkungan social, bersama manusia lainnya. 

Tanpa pendidikan dan informasi yang baik, manusia akan cenderung memiliki sifat bodoh dan ketidakmampuan dalam berpikir dan mengembangkan hidupnya. Di indonesia sendiri pendidikan adalah hak mutlak bagi anak-anak dan diatur negara.

Pekerjaan dan penghasilan

Manusia lahir dengan memiliki tiga kebutuhan primer yang pernah dibahas sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Manusia perlu melakukan pekerjaan yang bisa menghasilkan benda-benda pemuas kebutuhan primer. Salah satunya adalah dengan bekerja. Sejak zaman manusia purba manusia bekerja memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berburu atau mencari buah-buahan di hutan. 

Namun di zaman modern ini sistem pekerjaan telah berubah membentuk suatu sistem sehingga manusia terbagi dalam banyak bidang pekerjaan.  Manusia juga telah menemukan satuan alat tukar  berupa uang, yang bisa ditukarkan dengan barang barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu manusia hari ini perlu bekerja untuk menghasilkan alat tukar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kesehatan

Manusia membutuhkan kesehatan agar dapat menjalani hidupnya dengan baik dan memenuhi semua kebutuhannya. Kondisi tubuh manusia tidaklah selalu baik kadang dalam kondisi tertentu tubuh mengalami kondisi yang kurang baik. Atau terserang penyakit yang disebabkan oleh berbagai hal seperti virus dan bakteri. 

Manusia membutuhkan obat dan pertolongan dari manusia lainnya di saat mengalami sakit. Hal ini yang mendorong pemerintah indonesia membuat suatu sistem asuransi kesehatan yang memudahkan masyarakat mendapatkan akses kesehatan.

Keamanan dan privasi

Kebutuhan selanjutnya adalah  keamanan dan privasi.  Hal ini agar manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan menjalani hidupnya dengan baik. Seseorang tidak akan bisa beraktivitas dengan baik apabila ia tidak merasa aman. Dan apabila kehidupan pribadinya atau privasinya terganggu oleh pihak lain. 

Suatu negara juga tidak dapat melangsungkan kegiatan ekonomi apabila negara tersebut sedang tidak aman atau dalam kondisi perang. Di indonesia pemerintah telah membentuk sebuah sistem untuk melindungi keamanan negara baik dari dalam maupun dari luar.

Identitas dan pengakuan

Setiap manusia  lahir  dengan memiliki nama  dan identitas  tersendiri.  Identitas tersebut digunakan untuk  memperkuat  eksistensinya  diantara manusia lain. Setiap manusia dalam lingkungan sosial ingin dihargai dan diakui oleh manusia lainnya. Hal inilah yang mendorong keinginan untuk mendapatkan pengakuan social. 

Dalam perkembangan teknologi yang pesat dan pertumbuhan media sosial identitas menjadi satu hal yang sangat penting sebagai tanda pengenal diantara manusia lainnya. Banyak cara yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan pengakuan dari manusia lainnya. 

Secara positif bisa dilakukan dengan menunjukkan prestasi dan berkarya. Cara menyimpang yang sering ditunjukkan misalnya dengan berbuat onar atau memicu pertengkaran dengan ujaran kebencian.

Cinta dan kasih sayang

Manusia merupakan makhluk sosial yang berperasaan dengan demikian manusia membutuhkan cinta dan kasih sayang dari orang-orang terdekatnya. Dengan begitu kekerasan dan kontak fisik antar manusia bisa dihindari.

Secara alamiah seorang laki-laki memiliki ketertarikan terhadap perempuan. Setiap orang ingin dicintai oleh orang yang kita cintai. Hal tersebut adalah hal yang sangat wajar dan menjadi kebutuhan bagi manusia sebagai makhluk sosial.

Demikianlah kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial yang hidup dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar