Skip to main content

Insomnia : Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya


Insomnia adalah suatu kondisi sulit tidur yang secara medis bisa disebut gejala penuaan pada seseorang. Insomnia umumnya bersifat sementara saja dan sembuh dengan sendirinya.

Namun yang dikhawatirkan apabila gangguan insomnia ini dialami setiap malam, sehingga nantinya akan mengurangi waktu tidur yang seharusnya diperlukan oleh tubuh.

Orang normal pada umumnya memiliki waktu tidur atau istirahat selama 6 jam sampai 8 jam. Orang yang menderita insomnia akan mengalami kekurangan tidur dari waktu yang seharusnya.

Gejala Insomnia

Insomnia memang tidak menunjukan gejala atau pengaruh langsung terhadap fisik, akan tetapi kurang istirahat berarti waktu recovery atau pengembalian stamina dan kebugaran tidak bisa seratus persen normal.

Orang yang sering mengalami insomnia di malam hari besoknya akan terlihat lemas, tidak bergairah dan kurang konsentrasi. Dalam jangka panjang pasti akan menimbulkan efek kesehatan yang buruk.

Jika tidak ditangani dengan tepat, maka fisik pun secara perlahan-lahan akan menurun daya tahannya, ketika hal itu terjadi, maka penyakit akan menjadi mudah masuk dan mudah menyerang tubuh.

Cara Mengatasi Insomnia

Jika merasa terganggu dengan gejala insomnia ini dan merasa sering tidak bisa tidur pada malam hari sehingga merasa sangat bingung karenanya, cobalah ambil madu dan teh.

Larutkanlah 2 sendok makan madu kedalam segelas teh hangat, dan minumlah pada waktu pagi dan sore hari secara rutin, atau pada waktu yang anda inginkan.

Tujuan dari meminum campuran madu dan teh ini adalah untuk memberikan kebugaran kepada tubuh supaya bisa mengembalikan siklus waktu normal dan memperoleh istirahat yang cukup.

Solusi lain adalah dengan mendengarkan musik yang tenang dan menghanyutkan. Lagu-lagu yang sedikit melow biasanya cepat membuat ngantuk. Putar lagu dengan volume agak rendah.

Membaca juga bisa menjadi alternatif mengatasi insomnia. Membaca cerita atau buku-buku ilmiah membuat mata lebih cepat lelah dan mengantuk.

Cara Mencegah Insomnia

Setelah insomnia bisa diatasi, ada baiknya untuk mencegah gangguan ini datang kembali. Terutama untuk mereka yang baru sembuh dari Insomnia. Untuk mencegah insomnia, kita dapat mengikuti saran-saran berikut ini:
  • Usahakan tidak minum kopi pada waktu malam hari atau saat menjelang tidur
  • Jangan makan terlalu kenyang pada saat akan tidur malam hari
  • Rapikan tempat tidur dan kondisikan agar benar-benar nyaman dan bersih sehingga tidak menjadi penyebab gangguan tidur
  • Hindari stress, jangan membawa masalah-masalah yang dihadapi seharian saat ingin tidur
  • Buat pikiran menjadi rileks dan berusaha untuk menenangkan pikiran
  • Biasakan untuk berolahraga ringan pada waktu sore hari, sehingga dapat membuat tubuh cukup lelah pada malam harinya
  • Radiasi sinar biru seperti layar laptop atau handphone bisa memicu insomnia, matikan dan jauhkan benda-benda tersebut setidaknya satu jam sebelum tidur

Demikianlah mengenai gangguan insomnia, dengan mengetahui hal ini setidaknya kita bisa lebih paham tentang apa itu insomnia, gejala insomnia, cara mengatasi dan mencegah insomnia.

Jangan lupa untuk terus mendukung web ini dengan cara like fanspage nya atau sharing artikel ini di media sosial. Terima kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar